Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Google Terjemahan mendapat dukungan untuk 110 bahasa baru

Google Terjemahan mendapat dukungan untuk 110 bahasa baru

Google meluncurkan Google Terjemahan pada tahun 2006. Sejak itu, perusahaan secara perlahan dan terus menambahkan dukungan untuk lebih banyak bahasa ke platformnya. Bulan lalu, perusahaan menambahkan dukungan untuk 24 bahasa baru, sehingga jumlah total bahasa yang didukung menjadi 133.

Namun, Google belum pernah menambahkan bahasa ke Google Terjemahan sebanyak sekarang. Mengumumkan Google Terjemahan itu mendapat “Ekspansi terbesar yang pernah adaPerusahaan menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru, sehingga jumlah total bahasa yang didukung menjadi 243.

Sebagai perbandingan, Apple Translate mendukung 20 bahasa, sedangkan Microsoft Translator mendukung 135 bahasa. Hal ini membuat Google unggul di antara tiga pemain teratas.

Cerita berlanjut setelah video..

Google Terjemahan kini mendukung total 243 bahasa

Menurut Google, pencapaian ini dicapai dengan bantuan model bahasa besar PaLM 2 milik perusahaan. Beberapa bahasa yang baru didukung antara lain Afar, Kanton, Manx, NKo, Punjabi (Shahmukhi), Tamazight (Amazigh), dan Tok Pisin.

Goog mengatakan 110 bahasa baru ditambahkanā€¯Bahasa-bahasa global mewakili lebih dari 614 juta penutur, membuat terjemahan dapat diakses oleh sekitar 8% populasi dunia.

Google juga menambahkan bahwa “Beberapa dari bahasa ini adalah bahasa utama global yang digunakan oleh lebih dari 100 juta orang. Bahasa lainnya dituturkan oleh komunitas adat kecil, dan beberapa di antaranya hampir tidak memiliki penutur asli, namun terdapat upaya aktif untuk menghidupkan kembali bahasa tersebut.

Seperempat dari 110 bahasa berasal dari Afrika, termasuk Fon, Kikongo, Luo, Ga, Swati, Venda, dan Wolof, menjadikannya perluasan bahasa Afrika terbesar di Google Terjemahan hingga saat ini.