April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Google Podcast akan segera dihentikan, dan mendesak pengguna untuk beralih ke YouTube Music

Google Podcast akan segera dihentikan, dan mendesak pengguna untuk beralih ke YouTube Music

Kredit gambar: Guillaume Payne/Gambar SOPA/LightRocket/Gambar Getty

Google akan menutup aplikasi Podcastnya di AS dalam beberapa hari. Perusahaan telah mulai memperingatkan pengguna aplikasi bahwa mereka perlu memigrasikan langganan mereka ke YouTube Music paling lambat tanggal 2 April untuk mengikuti dan streaming acara favorit mereka mulai sekarang. Pengguna yang tidak segera melakukan langkah ini masih memiliki waktu tambahan untuk bermigrasi, tetapi tidak dapat lagi melakukan streaming dari aplikasi Podcast langsung setelah tanggal tersebut.

Aplikasi Google Podcast telah diinstal Lebih dari 500 juta kali Pada perangkat Android secara global, selama lebih dari setengah dekade, Android telah menyediakan antarmuka yang sederhana dan efisien untuk menemukan, mengikuti, dan mendengarkan podcast, serta alat untuk menambahkan podcast melalui umpan RSS. Sayangnya bagi para penggemar aplikasi tersebut, raksasa teknologi tersebut mengatakan pada bulan September lalu bahwa mereka akan mulai menghentikan aplikasi Podcasts pada awal tahun 2024 sebagai bagian dari rencana yang lebih luas untuk memusatkan layanan audionya di YouTube.

Pada tahun 2020, YouTube Music menawarkan strategi transisi serupa untuk mengalihkan pendengar musik dari Google Play Musik sebelum ditutup pada tahun yang sama. Namun, pemeliharaan aplikasi Google Podcast telah berlangsung selama bertahun-tahun karena YouTube Music belum siap mendukung podcast hingga saat ini. Pada akhir tahun 2023, YouTube Music dapat mendukung podcast secara global, dan pada bulan Februari, YouTube Music juga dapat mengupload RSS feed-nya sendiri.

Peralihan untuk mengalihkan podcasting ke YouTube dapat membantu Google menjadi pemain yang lebih besar, tidak hanya dengan mengkonsolidasikan upayanya dan meningkatkan fokusnya, namun juga karena minat terhadap podcast video — yang sudah populer di YouTube — sedang meningkat. Minggu ini, misalnya, Spotify membuat kesepakatan dengan Universal Music Group (UMG) untuk menghadirkan podcast video kepada pengguna aplikasi streaming di AS setelah pada awal Maret mengumumkan bahwa mereka sedang menguji podcast video di 11 pasar lain di seluruh dunia.

READ  Google Pixel Fold, ponsel lipat pertama perusahaan, akan diluncurkan pada bulan Juni

Komputer tidur Dia adalah orang pertama yang mengetahui tanggal penutupan Google Podcast di Amerika Serikat, dan A Halaman dukungan di situs web Google Ini mengonfirmasi bahwa pengguna di AS hanya akan dapat menggunakan aplikasi Podcasts hingga akhir Maret 2024. Bagi mereka yang melewatkan popup dalam aplikasi, Google akan memberi pengguna waktu tambahan untuk menyimpan langganan mereka dengan mengizinkan mereka menggunakan aplikasi Podcast. fitur ekspor hingga Juli 2024.

Google tidak segera menanggapi permintaan komentar, namun setelah dipublikasikan, Google menanggapi dengan mengatakan bahwa meskipun masih “melacak” garis waktu AS untuk tanggal 2 April, namun belum membagikan garis waktu untuk seluruh dunia.

Namun dari pernyataan sebelumnya, rencananya Google Podcast akan dihentikan secara global pada tahun 2024.

Diperbarui 29/3/24 pukul 17:00 ET dengan Google Comment.