Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Google akan segera menyembunyikan aplikasi yang diabaikan di Play Store

Google akan segera menyembunyikan aplikasi yang diabaikan di Play Store

Google Play terus maju dengan perangnya terhadap aplikasi yang sudah ketinggalan zaman. Play Store telah memiliki dukungan versi Android minimum untuk sementara waktu sekarang; Pengembang harus menggunakan Target API Level yang berusia 1 tahun atau lebih, jika tidak, mereka tidak akan dapat memperbarui aplikasi mereka. Sekarang, Google Mengumumkan Minimum bergulir kedua – Jika level API target aplikasi berusia 2 tahun, aplikasi akan disembunyikan dari cantuman Play Store. Artinya, pengguna yang mencari aplikasi baru untuk dipasang tidak akan melihat aplikasi yang ditinggalkan.

Sistem Target API Level Android sedikit mirip dengan pengaturan kompatibilitas mundur untuk aplikasi Android. Setiap versi baru Android ditentukan oleh level API baru, yang naik satu level dengan setiap rilis. Saat ini, Android 12L adalah API level 32, dan Android 13 akan menjadi API level 33. Setiap versi Android hadir dengan fitur baru dan batasan keamanan untuk pengembang aplikasi, tetapi karena Google tidak ingin merusak aplikasi lama dengan setiap rilis, API membuat sistem level tersedia untuk pengembang aplikasi “Targetkan” versi fitur dan batasan Android yang ingin mereka operasikan.

Level API target tidak ada hubungannya dengan ekstensi minimum Versi Android aplikasi akan berjalan (ini akan menjadi pengaturan untuk aplikasi besar kedua, “Minimum API Level”); Ini hanya memungkinkan aplikasi untuk mengatakan, “Saya diberi kode untuk mematuhi fitur dan batasan Android 12, jika tersedia.” Dalam hal ini, aplikasi akan dapat mengakses fitur Android 12 dan menerapkan batasan keamanan Android 12 padanya, dan itu akan bekerja secara normal pada versi yang lebih lama.

Pada November 2022, Android 11 akan berusia dua tahun, sehingga aplikasi yang menargetkan sistem operasi ini akan disembunyikan dari Play Store.

Pada November 2022, Android 11 akan berusia dua tahun, sehingga aplikasi yang menargetkan sistem operasi ini akan disembunyikan dari Play Store.

google

Sebelum Google memberlakukan pembatasan Play Store ini, level API target adalah sistem sukarela. Menargetkan level API yang rendah telah menjadi strategi yang layak untuk pengembang seperti Facebook, yang mungkin tidak peduli dengan fitur baru dan ingin bekerja dengan batasan sesedikit mungkin. Perangkat lunak perusak juga dapat menargetkan API tingkat rendah. Aturan API Target Google Play, Diluncurkan di 2018Pastikan untuk menerapkan batasan baru pada aplikasi yang berpotensi berbahaya yang memerlukan data di Play Store.

READ  Transaksi mikro Diablo Immortal menghasilkan $24 juta dalam dua minggu

Aturan baru akan dimulai pada 1 November 2022. Pada titik ini, Android 13 (API level 33) harus menjadi versi terbaru. Play Store akan berhenti menerima pembaruan untuk aplikasi yang tidak menargetkan setidaknya Android 12 (API level 31), yang akan berusia satu tahun, meskipun aplikasi tersebut akan tetap muncul secara normal di Play Store. Dengan aturan baru, Play Store juga akan menyembunyikan aplikasi yang tidak menargetkan setidaknya Android 11 (API level 30), yang berusia dua tahun. Pengembang dapat memperbarui aplikasi mereka ke versi yang didukung untuk menghapus batasan.

Aplikasi yang tidak kompatibel “tidak akan tersedia untuk deteksi atau penginstalan bagi pengguna baru dengan perangkat yang menjalankan versi OS Android lebih tinggi dari level API target aplikasi.” Pengguna yang sebelumnya menginstal aplikasi masih dapat menemukan dan menginstalnya lagi, tetapi akuisisi pengguna baru akan dihentikan. Perhatikan juga bahwa penyembunyian hanya terjadi jika Anda menjalankan versi Android yang lebih baru daripada aplikasi lama yang Anda coba unduh.

Hasilnya adalah hasil pencarian Google Play dan daftar kategori seharusnya hanya menampilkan aplikasi yang didukung oleh pengembang, sehingga lebih mudah untuk menemukan aplikasi berkualitas tinggi. Pengembang memiliki waktu dua tahun untuk memperbarui aplikasi mereka, dan itu bahkan tidak termasuk delapan bulan yang mereka dapatkan dari program pratinjau pengembang publik Android. Tampaknya hanya aplikasi usang dan usang yang akan disembunyikan dari Play Store.