Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gerhana matahari total berikutnya: kapan dan di mana diperkirakan akan terjadi?

Gerhana matahari total berikutnya: kapan dan di mana diperkirakan akan terjadi?

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Gerhana matahari total pada hari Senin, salah satu peristiwa yang paling dinantikan pada tahun 2024, datang dan pergi. Jutaan orang berada di jalur gerhana total, dengan bulan sepenuhnya menghalangi pandangan matahari, dan para pengamat langit menikmati pemandangan yang menakjubkan, meskipun kondisi mendung di beberapa lokasi.

Jika Anda melewatkan kesempatan melihat gerhana karena alasan apa pun, Anda harus menunggu sebentar untuk mendapatkan pengalaman serupa di area yang sama. Namun jika kegembiraan atas gerhana tahun ini merupakan indikasinya, tidak ada kata terlalu dini untuk merencanakan gerhana berikutnya.

Gerhana matahari cincin, di mana bulan hanya menghalangi sebagian sinar matahari dan menciptakan efek “cincin api” yang spektakuler, akan terlihat di Chili dan Argentina di Amerika Selatan pada tanggal 2 Oktober, menurut British Daily Mail. NASA.

Gerhana matahari total berikutnya tidak akan terjadi hingga 12 Agustus 2026, kata Amir Kaspi, ilmuwan utama di Southwest Research Institute di Boulder, Colorado.Gerhana tersebut akan terjadi secara signifikan di Greenland, Islandia, Spanyol, Rusia, dan sebagian kecil Portugal. dan gerhana sebagian akan terlihat di sebagian Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

Caspi mengatakan para ilmuwan memperkirakan gerhana matahari total akan terjadi lagi di atas piramida Mesir pada 2 Agustus 2027, dan gerhana total diperkirakan akan berlangsung lebih dari enam menit.

Amerika Serikat bahkan tidak akan bisa melihat gerhana matahari total lagi 30 Maret 2033Meski begitu, rute yang berpusat di Rusia hanya mencakup Alaska, yang berdurasi total 2 menit 37 detik. Gerhana matahari sebagian akan menyinari sebagian besar wilayah negara selama peristiwa langit ini.

READ  Penduduk Madrid telah diminta untuk tetap tinggal di dalam rumah saat hujan lebat melanda Spanyol

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa gerhana matahari total tidak akan terlihat lagi bahkan dari wilayah Amerika Serikat yang berdekatan 22 Agustus 2044Namun gerhana total hanya akan terjadi di North Dakota dan Montana.

Gerhana matahari total berikutnya akan terjadi dengan jalur pantai-ke-pantai yang mencakup 48 negara bagian terbawah pada 12 Agustus 2045. Jalur totalitas akan terbentang di California, Nevada, Utah, Colorado, Kansas, Oklahoma, Arkansas, Mississippi, dan Alabama . dan Florida, dengan gerhana sebagian terlihat di negara bagian lain.

Jika Anda tidak dapat menghilangkan demam gerhana setelah peristiwa langit hari Senin, mungkin ada baiknya Anda melakukan perjalanan untuk melihat peristiwa lainnya.

Berikut adalah beberapa gerhana matahari total yang akan datang dan membuka jalan untuk menginspirasi wisatawan di seluruh dunia:

22 Juli 2028: Australia dan Selandia Baru

25 November 2030: Namibia, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, Australia

20 Maret 2034: Nigeria, Kamerun, Chad, Sudan, Mesir, Arab Saudi, Iran, Afghanistan, Pakistan, India, Cina

2 September 2035: Cina, Korea Utara dan Selatan, Jepang

13 Juli 2037: Australia dan Selandia Baru

26 Desember 2038: Australia dan Selandia Baru

30 April 2041: Angola, Republik Demokratik Kongo, Uganda, Kenya, Somalia

20 April 2042: Malaysia, Indonesia, Brunei, Filipina

9 April 2043: Rusia