Oktober 4, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa Indonesia mengguncang warga tetapi hanya satu yang terluka dan kerusakan ringan

JAKARTA, 14 Des (Reuters) – Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo mengguncang Indonesia timur pada Selasa, memicu peringatan tsunami dan membuat penduduk mengungsi dari rumah mereka tetapi hanya menyebabkan kerusakan kecil dan melukai satu orang, kata pihak berwenang.

Peringatan tsunami dicabut sekitar dua jam setelah gempa melanda pada pukul 0320 GMT di Laut Flores, sekitar 112 km (70 mil) barat laut kota Larantuka, di bagian timur pulau Flores.

“Semua orang lari ke jalan,” kata Agustinus Florianus, warga kota Maumere di Flores, kepada Reuters. Maumere rusak parah oleh gempa berkekuatan serupa pada tahun 1992.

Daftar sekarang untuk akses GRATIS tanpa batas ke Reuters.com

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah Maluku, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara dan Selatan.

Survei Geologi AS mengatakan gempa itu berkekuatan 7,3. Itu melanda pada kedalaman dangkal 12 km.

Grafik Reuters Grafik Reuters

“Rasanya seperti ombak, naik turun,” kata Zacharias Gentana Keranz, seorang warga Larantuka kepada Reuters.

Badan mitigasi bencana mengatakan satu orang terluka di Manggarai, di Flores, dan sebuah gedung sekolah dan beberapa rumah rusak di pulau Selayar, di Sulawesi Selatan.

Gempa tersebut, dari patahan aktif di Laut Flores, diikuti oleh sedikitnya 15 gempa susulan dengan kekuatan terbesar yang tercatat 5,6, kata badan meteorologi.

Namun gempa tersebut tidak menyebabkan kenaikan permukaan air laut yang signifikan.

Gempa bumi Indonesia telah memicu banyak tsunami yang mematikan, terutama pada tahun 2004 ketika gempa berkekuatan 9,1 di lepas pantai Sumatra di utara menghasilkan gelombang tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang di Indonesia, Sri Lanka, India, Thailand, dan sembilan negara lainnya.

READ  Kewajiban bersih dari posisi investasi internasional Indonesia turun di Triwulan ke-2

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di AS sebelumnya telah memperingatkan bahwa berdasarkan parameter gempa bumi awal, gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai-pantai yang terletak dalam jarak 1.000 km (621,37 mil) dari pusat gempa.

Indonesia berada di atas “Cincin Api Pasifik”, sebuah area dengan aktivitas seismik tinggi yang berada di atas beberapa lempeng tektonik.

Daftar sekarang untuk akses GRATIS tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Sonia Cheema dan Angie Teo dan Biro Jakarta; Ditulis oleh Kate Lamb; Diedit oleh Ed Davies, Robert Birsel

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.