April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter melanda daerah dekat Taiwan, mengguncang pulau tersebut dan memicu peringatan tsunami

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter melanda daerah dekat Taiwan, mengguncang pulau tersebut dan memicu peringatan tsunami

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda Taiwan timur pada Rabu pagi waktu setempat, memicu peringatan tsunami.

Gempa tersebut terjadi sekitar 11 mil dari Kota Hualien, Taiwan, menurut USGS, mengguncang seluruh pulau dan meruntuhkan bangunan. Disusul gempa berkekuatan 6,5 SR.

Sistem Peringatan Tsunami AS mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan gelombang tsunami yang berbahaya bagi pantai-pantai dalam jarak 300 kilometer (sekitar 186 mil) dari pusat gempa, dan menyatakan bahwa Tiongkok, Taiwan, dan Jepang mungkin terkena dampaknya.

Jepang juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk gugusan pulau Okinawa di Jepang selatan, dan Badan Meteorologi Jepang memperkirakan akan terjadi tsunami setinggi tiga meter. Sekitar setengah jam kemudian, dia mengatakan gelombang pertama tsunami diyakini telah mencapai pantai pulau Miyako dan Yaeyama.

Sebuah bangunan berlantai lima di kota Hualien yang jarang penduduknya tampak rusak parah, menyebabkan lantai pertama runtuh dan sisanya miring pada sudut 45 derajat. Di ibu kota, Taipei, ubin berjatuhan dari gedung-gedung tua dan di dalam beberapa kompleks perkantoran baru.

Layanan kereta api telah ditangguhkan di seluruh pulau berpenduduk 23 juta orang, begitu pula layanan kereta bawah tanah di Taipei. Namun keadaan segera kembali normal di ibu kota, di mana anak-anak tampak bersekolah dan perjalanan pagi hari tampak normal.

Kepala Biro Pemantauan Gempa Taiwan, Wu Chien-fu, mengatakan jejaknya telah ditemukan hingga Kinmen, sebuah pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai Tiongkok. Penduduk Taipei merasakan beberapa gempa susulan dalam satu jam setelah gempa awal.

Gempa tersebut diyakini merupakan yang terbesar di Taiwan sejak gempa tahun 1999 yang menimbulkan kerusakan besar. Taiwan terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, yaitu garis patahan seismik yang mengelilingi Samudera Pasifik, tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi di dunia.

Ini adalah pembaruan berita terkini. Silakan periksa kembali untuk mengetahui perkembangannya.

READ  Bagaimana surat perintah penangkapan internasional untuk Putin menambah cita rasa baru dalam kunjungan Xi ke Rusia