November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa bermagnitudo 5,6 di Indonesia menyebabkan sedikitnya 46 orang tewas

Gempa bermagnitudo 5,6 di Indonesia menyebabkan sedikitnya 46 orang tewas



CNN

Sedikitnya 46 orang tewas setelah gempa mencapai magnitudo 5,6 Gempa bumi Dia memukul IndonesiaProvinsi Jawa Barat pada hari Senin, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

700 lainnya terluka, menurut Mayor Jenderal Suharyanto, kepala BNPB.

Gempa tersebut melanda Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil), menurut USGS.

Empat sekolah dan 52 rumah roboh atau rusak parah, menurut kantor BNPB setempat di Kabupaten Cianjur. Kantor itu mengatakan sebuah masjid dan rumah sakit juga rusak.

Reuters melaporkan bahwa bank mengatakan tidak ada bahaya tsunami.

Hermann Sehrmann, seorang pejabat pemerintah di Cianjur, mengatakan kepada media bahwa beberapa warga terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang runtuh. Saluran berita Metro TV menayangkan ratusan korban yang dirawat di garasi parkir rumah sakit.

Petugas kota di Cianjur mengevakuasi seorang rekan yang terluka setelah gempa.

Pesantren juga rusak, sementara komunikasi terganggu karena listrik padam.

Tayangan televisi menunjukkan warga berkerumun di luar bangunan yang hampir seluruhnya menjadi puing-puing, menurut Reuters.

Salah satunya, yang namanya hanya Mochlis, mengaku merasakan “getaran kuat” dan dinding serta langit-langit kantornya rusak.

“Saya kaget sekali, kata Mochliss kepada Metro TV.

BMKG memperingatkan bahaya tanah longsor, terutama jika terjadi hujan lebat, tercatat 25 kali gempa susulan dalam dua jam setelah gempa.

Runtuhnya gedung Sekolah Cianjur pasca gempa.

Indonesia berada di “Cincin Api”, sebuah pita di sekitar Samudra Pasifik yang sering mengalami gempa bumi dan aktivitas gunung berapi. Salah satu wilayah paling aktif secara seismik di planet ini, membentang dari Jepang dan Indonesia di satu sisi Samudra Pasifik hingga ke California dan Amerika Selatan di sisi lain.

Pada tahun 2004, gempa bumi berkekuatan 9,1 SR di lepas pantai pulau Sumatra di Indonesia utara memicu tsunami yang melanda 14 negara, menewaskan 226.000 orang di sepanjang pantai Samudera Hindia, lebih dari setengahnya di Indonesia.

READ  Berita Putin, Rusia, dan Ukraina terbaru: pembaruan langsung