Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gedung Putih menyatakan Biden dan Netanyahu sepakat untuk melanjutkan aliran bantuan ke Gaza

Gedung Putih menyatakan Biden dan Netanyahu sepakat untuk melanjutkan aliran bantuan ke Gaza

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden Biden berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Minggu. Kedua pemimpin membahas perkembangan di Gaza dan Daerah sekitar Dan juga Dua sandera Amerika dibebaskanYang dibebaskan oleh Hamas pada hari Jumat.

Seruan ini muncul ketika PBB mengumumkan mengizinkan 14 truk berisi bantuan kemanusiaan memasuki Gaza, dan satu hari setelah gelombang pertama. Truk yang membawa bantuan Mereka diizinkan masuk ke Gaza dari Mesir untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh penutupan Jalur Gaza oleh Israel menyusul serangan militan Hamas. Mengamuk berdarah pada 7 Oktober.

“Para pemimpin menekankan bahwa sekarang akan ada aliran bantuan penting yang berkelanjutan ke Gaza,” demikian pernyataan Gedung Putih dalam panggilan telepon tersebut.

Biden juga menyatakan penghargaan atas peran Israel dalam membantu menjamin pembebasan seorang wanita Amerika dan putrinya yang masih remaja pada hari Jumat. Kedua wanita tersebut, yang merupakan warga negara Israel-Amerika, merupakan tahanan wanita pertama yang dibebaskan oleh Hamas.

“Para pemimpin membahas upaya yang sedang berlangsung untuk memastikan pembebasan semua sandera yang tersisa yang ditahan oleh Hamas – termasuk warga AS – dan untuk memberikan jalan yang aman bagi warga AS dan warga sipil lainnya di Gaza yang ingin meninggalkan Gaza,” bunyi pernyataan tersebut. Presiden dan Perdana Menteri sepakat untuk tetap berhubungan erat.”

Pada hari Minggu, Biden juga mengeluarkan pernyataan bersama mengenai perang antara Israel dan Hamas dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, dan Perdana Menteri Rishi Sunak dari Amerika Serikat. kerajaan.

Para pemimpin menegaskan kembali dukungan mereka terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri dari terorisme, sekaligus menyerukan perlindungan warga sipil dan kepatuhan terhadap hukum internasional. Mereka menyambut baik pembebasan dua sandera dan kedatangan konvoi kemanusiaan pertama yang mengirimkan bantuan kepada warga Palestina di Gaza.

Para pemimpin mengatakan dalam pernyataan bahwa mereka “berkomitmen untuk melanjutkan koordinasi dengan mitra di kawasan untuk memastikan akses yang berkelanjutan dan aman terhadap makanan, air, perawatan medis dan bantuan lain yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan.”

READ  Hunter Valley: Sepuluh orang tewas dalam kecelakaan bus pernikahan di Australia