Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gambar menakjubkan menunjukkan pembentukan bintang yang berjarak 5.900 tahun cahaya dari Bumi

Gambar menakjubkan menunjukkan pembentukan bintang yang berjarak 5.900 tahun cahaya dari Bumi

Foto baru yang menakjubkan dari Teleskop Luar Angkasa Hubble Kemungkinan bintang baru terlihat terbentuk di konstelasi Scorpius di Bima Sakti.

Teleskop yang dioperasikan bersama oleh NASA dan Badan Antariksa Eropa ini mengamati potensi pembentukan bintang sekitar 5.900 tahun cahaya dari Bumi. Agensi mengatakan dalam siaran pers.

Wilayah tempat terbentuknya bintang diberi nama IRAS 16562-3959. NASA mengatakan bintang yang sedang terbentuk ini memiliki massa sekitar 30 kali Matahari, dan kemungkinan merupakan salah satu bintang paling terang di galaksi.

Kamera detail Teleskop Hubble memungkinkan badan antariksa melakukan hal ini Ambil foto yang menakjubkan dan penuh warna Dari bintang pemula. Area kabur pada gambar disebabkan oleh debu yang menghalangi cahaya dan menghalangi beberapa panjang gelombang cahaya, menurut siaran pers.

Gambar dari Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA/ESA ini menunjukkan wilayah pembentuk bintang yang relatif dekat yang dikenal sebagai IRAS 16562-3959.  / Sumber gambar: ESA/Hubble dan NASA, R.  Federani, J.  Tan

Gambar dari Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA/ESA ini menunjukkan wilayah pembentuk bintang yang relatif dekat yang dikenal sebagai IRAS 16562-3959. / Sumber gambar: ESA/Hubble dan NASA, R. Federani, J. Tan

Di bagian kiri atas dan kanan bawah gambar, pancaran formasi bintang yang kuat menyapu debu ini, sehingga kamera dapat menangkap petak warna yang berani. Warna-warna ini berasal dari “empat filter terpisah” yang ditempatkan di depan sensor cahaya kamera, yang memungkinkan “panjang gelombang cahaya yang sangat spesifik melewati setiap nada,” menurut siaran pers. Dengan mempelajari panjang gelombang ini, para astronom dan ilmuwan dapat mempelajari lebih lanjut tentang komposisi, suhu, dan kepadatan area yang dicitrakan.

Konstelasi Scorpius, tempat bintang tersebut tampak terbentuk, merupakan konstelasi mirip kalajengking, dengan bintang merah Antares di tengahnya. Menurut situs astronomi EarthSky. Konstelasi ini paling baik terlihat pada bulan Juli dan Agustus.

Hakim dalam kasus penipuan perdata Trump di New York diperkirakan akan mengeluarkan keputusan yang telah lama ditunggu-tunggu

READ  Sebuah penelitian menemukan bahwa ada lebih dari satu cara untuk membuat mumi dinosaurus

Penembakan setelah parade Kansas City Chiefs Super Bowl menyebabkan satu orang tewas

Penangkapan kasus Hunter Biden dapat menggagalkan rencana pemakzulan Partai Republik