Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gambar menakjubkan menunjukkan alam semesta tidak seperti sebelumnya

Nebula Tarantula: Hanya 161.000 tahun cahaya dari Bumi, di sinilah ribuan bintang lahir

Itu adalah hadiah $ 10 miliar untuk dunia. Mesin yang menunjukkan tempat kita di alam semesta.

Teleskop Luar Angkasa James Webb telah diluncurkan Tepat setahun yang laluPada hari ulang tahun Kristus. Butuh tiga dekade untuk merencanakan, merancang, dan membangun.

Banyak yang bertanya-tanya apakah penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang terkenal ini benar-benar dapat memenuhi harapan.

Kami harus menunggu beberapa bulan sementara cermin utama 6,5 ​​meternya diturunkan dan difokuskan, dan sistem lainnya diuji dan dikalibrasi.

Tapi, ya, hanya itu yang mereka katakan. Badan antariksa AS, Eropa, dan Kanada mengadakan pesta di bulan Juli Untuk mengeluarkan foto berwarna pertama. Apa yang Anda lihat di halaman ini adalah beberapa foto yang diposting kemudian yang mungkin Anda lewatkan.

Hal pertama yang harus diingat tentang James Webb adalah teleskop infra merah. Ia melihat langit dalam panjang gelombang cahaya di luar jangkauan mata kita.

Para astronom menggunakan berbagai kameranya untuk menjelajahi wilayah alam semesta, seperti konstelasi besar gas dan debu ini. Pilar telah menjadi target favorit teleskop Hubble. Butuh beberapa tahun perjalanan dengan kecepatan cahaya untuk melintasi seluruh lanskap ini.

Nebula Karina

Nebula Karina

Nebula Karina

Mereka menyebut lanskap ini Tebing Kosmik. Itu adalah tepi rongga gas raksasa di dalam nebula lain yang dipenuhi bintang, yang dikenal sebagai Carina.

Rongga tersebut telah terpahat oleh sinar ultraviolet yang kuat dan angin dari bintang-bintang muda yang panas yang keluar dari bidikan.

Dari satu sisi gambar ini ke sisi lainnya berjarak sekitar 15 tahun cahaya. Satu tahun cahaya sama dengan sekitar 9,46 triliun kilometer (5,88 triliun mil).

READ  Ilmuwan Princeton memecahkan misteri bakteri

Galaksi jungkir balik

Galaksi jungkir balik

Galaksi jungkir balik

Galaksi besar di sebelah kanan ini ditemukan oleh astronom besar Swiss Fritz Zwicky pada tahun 1940-an. Struktur kompleksnya yang terdiri dari sebuah roda dihasilkan dari tabrakan langsung dengan galaksi lain. Diameternya sekitar 145.000 tahun cahaya.

Neptunus

Neptunus

Neptunus

James Webb tidak hanya melihat alam semesta yang dalam. Itu menyelidiki objek di tata surya kita juga. Permata ini adalah planet kedelapan dari Matahari: Neptunus, terlihat dengan cincinnya. Titik putih kecil yang mengelilinginya adalah bulan, seperti “bintang runcing” besar di atasnya. Ini Triton, satelit terbesar Neptunus. Sekrup adalah artefak dari cara sistem cermin James Webb dibangun.

Baca lebih lajut: Cincin Neptunus ditangkap oleh teleskop James Webb

Nebula Orion

Nebula Orion bagian dalam

Nebula Orion bagian dalam

Orion adalah salah satu area langit yang paling umum. Ini adalah wilayah pembentuk bintang, atau nebula, sekitar 1.350 tahun cahaya dari Bumi. Di sini, Webb menggambarkan fitur yang disebut Orion Bar, yang merupakan dinding gas dan debu yang tebal.

Dimorfo

Dimorfo

Dimorfo

Dalam salah satu cerita luar angkasa besar tahun ini, NASA mengorbit sebuah pesawat ruang angkasa di sebuah asteroid bernama Dimorphos, untuk melihat apakah jalur batu selebar 160 meter itu dapat dibelokkan. Itu adalah ujian strategi mempertahankan Bumi dari ancaman asteroid. James Webb mengambil tendangan voli 1.000 ton puing-puing yang beterbangan saat tumbukan.

Baca lebih lajut: Eksperimen defleksi asteroid didukung oleh puing-puing

WR-140

WR-140

WR-140

Ini adalah salah satu gambar web paling menarik tahun ini. “WR” adalah singkatan dari Wolf-Rayet. Itu semacam bintang, bintang besar yang mendekati akhir hidupnya. Wolf Wright meniupkan angin gas yang sangat besar ke luar angkasa. Bintang pendamping, yang tidak terlihat dalam gambar ini, memampatkan angin tersebut menjadi debu. Cangkang berdebu yang Anda lihat membentang lebih dari 10 triliun kilometer. Ini adalah 70.000 kali jarak antara Bumi dan matahari kita.

READ  Teleskop James Webb NASA menangkap pemandangan ekstrim penggabungan galaksi

Baca lebih lajut: Misteri bintang berdebu dipecahkan oleh teleskop James Webb

Galaksi Hantu

Galaksi Hantu

Galaksi Hantu

Dijuluki Phantom Galaxy, M74 dikenal dengan lengan spiralnya yang mewah. Itu terletak sekitar 32 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Pisces, dan terletak hampir menghadap kita, memberi Webb pandangan sempurna tentang lengan dan strukturnya. Detektor dalam teleskop sangat baik dalam mengambil semua filamen kecil dari gas dan debu.

Seni James Webb

Karya Seni James Webb di Luar Angkasa: Teleskop harus berfungsi dengan baik selama 20 tahun

Masih terdengar suara Jonatan Program Penemuan untuk BBC World Service Dia membahas proyek Webb dengan para ilmuwan dan insinyur terkemuka.