Desember 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gambar dramatis menunjukkan pesawat ruang angkasa bertabrakan dengan asteroid

Gambar dramatis menunjukkan pesawat ruang angkasa bertabrakan dengan asteroid

Sebuah versi dari cerita ini muncul di Buletin Ilmiah The Theory of Wonders di CNN. Untuk mendapatkannya di kotak masuk Anda, Berlangganan gratis di sini.



CNN

Misi DART membuat sejarah minggu ini ketika Berhasil menabrak asteroid – Dan kami dapat melihatnya secara langsung, dari jarak jutaan mil.

Ketika pesawat ruang angkasa uji pengalihan asteroid kembar NASA mendekati targetnya pada hari Senin, gambar kembali ke Bumi dengan kecepatan satu per detik dari asteroid Demorphos, yang mengorbit batu ruang angkasa yang lebih besar yang disebut Didymus.

Setiap gambar terbukti lebih baik dari yang sebelumnya, dan dalam beberapa detik sebelum efek DART dengan Dimorphos, permukaan bulan muda memenuhi seluruh bingkai.

Demorphos, yang belum pernah terlihat sebelumnya, berubah bentuk menjadi telur dan tertutup bebatuan. Asteroid berbatu telah mengejutkan para ilmuwan, yang ingin mempelajari gambar yang diambil oleh DART sebelum menabrak api kemuliaan.

Para peneliti memperkirakan bahwa akan memakan waktu sekitar dua bulan untuk menentukan apakah DART telah berhasil mengubah gerakan Dimorphos di ruang angkasa dalam tes pertama teknologi defleksi asteroid manusia.

Itu Pesawat ruang angkasa mungkin telah melihat asteroid pertama yang menakjubkanTapi itu bukan satu-satunya pemandangan sistem asteroid yang cukup beruntung untuk kita lihat.

Semua mata tertuju pada Didymus dan Demorphos untuk melihat sekilas dampak DART dan konsekuensinya, dan gambar awalnya tidak mengecewakan.

Teleskop Luar Angkasa Hubble dan Teleskop Luar Angkasa James Webb mengamati tabrakan tersebut dan Kolom mata-mata dari material yang dipancarkan dari permukaan Dimorphos.

Observatorium berbasis darat juga membagikan betapa terangnya sistem asteroid setelah diserang oleh DART.

tetapi Foto paling dramatis adalah foto pertama yang dibagikan oleh LICIACube, satelit kecil Italia yang mengikuti DART dan menyaksikan seluruh acara dari jarak yang aman. Bagian terbaik? Kita akan melihat lebih banyak selama beberapa bulan ke depan.

Komite Nobel akan segera mengumumkan pemenang penghargaan tahunannya minggu depan.

Sulit untuk memprediksi siapa yang akan memenangkan penghargaan bergengsi ini karena para kandidat, proses seleksi dan seleksi dirahasiakan dari publik.

Pada tahun 2021, tidak ada peraih Nobel untuk sains adalah perempuan, yang beberapa kritikus telah menyarankan lebih banyak bukti bias sistematis dalam bidang ilmiah.

Tetapi ada banyak kandidat wanita yang layak, seperti Dr. Marie Claire King, yang menemukan gen penyebab kanker, dan Dr. Marilyn Hughes Gaston, yang karyanya telah menjadi jalur dalam pengobatan penyakit sel sabit.

Pelajari lebih lanjut tentang daftar CNN dan cari tahu Penemuan revolusioner yang mereka buat dalam penelitian vaksin, astronomi, dan kimia.

Gunung es ini lahir dari ujung gletser LeConte di Alaska.

Ledakan kembang api, daging asap yang mendesis, dan dentuman guntur yang berkepanjangan hanyalah beberapa dari suara yang terkait dengan gletser besar di Bumi yang retak dan menyusut.

Ilmuwan Atur sifat gletser yang sangat ramai Untuk mengetahui seberapa cepat es mencair di tengah krisis iklim – dan mengungkap misteri kedalamannya.

Es glasial bisa sangat bersoda, mendesis saat melepaskan udara terkompresi dan gelembung yang telah membeku selama ratusan atau bahkan ribuan tahun.

Tempat pertemuan gletser dengan lautan bisa menjadi tempat yang berbahaya bagi manusia. Mengamati akustik badan es padat ini dari jauh mengubah cara para peneliti memahaminya dan apa yang kita ketahui tentang bagaimana suara mereka memengaruhi hewan yang hidup di habitat yang menghilang ini.

Lebih dari 100 tahun setelah SS Mesaba tenggelam, para ilmuwan telah menemukan bangkainya di dasar Laut Irlandia.

Pada tanggal 14 April 1912, kapal dagang Inggris mengirim pesan ke RMS Titanic, tetapi peringatan gunung es tidak pernah mencapai pusat kendali utama jalur laut besar pada malam yang menentukan itu.

Mesaba ditorpedo oleh kapal selam Jerman hanya enam tahun kemudian, menewaskan 20 orang. Namun lokasi pasti kapal tersebut belum diketahui.

Peneliti menggunakan pemindaian sonar untuk menemukan Mesaba – Bersama dengan banyak bangkai kapal lainnya Itu tersebar di 7.500 mil persegi (19.425 km).

Teleskop Webb telah melihat galaksi spiral IC 5332, yang terletak 29 juta tahun cahaya jauhnya.

Galaksi-galaksi yang jauh dan luas tampak menghadirkan tampilan berkilauan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Jaring ‘tulang’ galaksi spiral yang menakjubkan terlihat Itu terletak 29 juta tahun cahaya dari Bumi, suatu prestasi yang bahkan lebih mengejutkan jika dibandingkan dengan pandangan Hubble dari galaksi yang sama.

Sementara itu, para astronom telah menganalisis gambar pertama Webb dan menentukan bahwa itu berisi beberapa bintang dan galaksi tertua di alam semesta – termasuk yang sangat mirip dengan kembang api langit.

Galaksi kembang api dikelilingi oleh titik-titik kuning dan merah cerahbeberapa di antaranya telah berubah menjadi kelompok bintang purba.

Tetap sedikit lebih lama di atas cerita-cerita ini:

Mungkin Teleskop Luar Angkasa Hubble Dapatkan dorongan di orbit yang lebih tinggi untuk memperpanjang umurnyaberdasarkan hasil yang disajikan dalam Kotak A ekspedisi baru Kesepakatan antara NASA dan SpaceX.

Anjing dicintai karena berbagai alasan, dan sekarang ada bukti ilmiah yang menjelaskan lebih banyak tentang mereka Salah satu keterampilan pendeteksi bau yang hebat.

Pesawat ruang angkasa Juno NASA terbang di dekat bulan Jupiter Europa dan Tangkap tampilan baru yang menakjubkan di dunia lautan es.

READ  Meteor Perseid sedang dalam perjalanan - tapi ada masalah besar