Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Astronot menyelesaikan spacewalks untuk meningkatkan kekuatan Stasiun Luar Angkasa Internasional

Mendaftar untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Stasiun Luar Angkasa Internasional mendapatkan dorongan matahari kedua dalam sebulan ketika dua astronot NASA melakukan perjalanan ruang angkasa untuk memasang panel surya baru. Peristiwa itu terjadi setelah sepotong sampah antariksa mengganggu rencana untuk berjalan di luar angkasa pada hari Rabu.

NASA harus menerapkan penundaan 24 jam agar stasiun luar angkasa dapat menembakkan pendorongnya untuk menghindari puing-puing, yang diidentifikasi sebagai bagian dari Rudal tua Rusia. Tutup tabrakan di luar angkasa Isukarena orbit Bumi yang rendah – wilayah di mana Stasiun Luar Angkasa Internasional mengorbit – menjadi semakin padat dengan satelit dan sampah antariksa.

“Para kru tidak berada dalam bahaya,” kata NASA dalam posting blog pada hari Rabu.

Spacewalk diluncurkan Kamis sekitar 8:30 ET dan berlangsung sekitar tujuh jam.

Astronot NASA Josh Casada dan Frank Rubio telah memasang susunan surya baru, yang disebut iROSA, di luar laboratorium terapung. Rubio berperan sebagai anggota kru EV1 dan mengenakan setelan bergaris merah, sedangkan Casada mengenakan setelan putih tanpa tanda sebagai EV2.

Array surya dikerahkan sekitar pukul 14:00 ET, menyelesaikan tujuan utama spacewalk. Rubio dan Casada kembali ke ISS airlock, mengakhiri acara, sekitar satu jam kemudian.

Casada dan Rubio benar-benar memasang satu panel surya di luar stasiun ruang angkasa selama spacewalk 3 Desember. Dua iROSA pertama dikerahkan di luar stasiun pada Juni 2021. Rencananya adalah menambah enam kluster, yang kemungkinan akan meningkatkan pembangkit listrik stasiun ruang angkasa lebih dari 30% setelah semuanya beroperasi.

Dua susunan lagi dikirim ke stasiun luar angkasa pada 27 November di atas misi pasokan komersial SpaceX Dragon 26, yang juga Dia membawa biji tomat kerdil dan percobaan lainnya ke laboratorium yang mengorbit. Digulung seperti karpet, beratnya masing-masing 750 lb (340 kg).

Array surya yang dipasang Kamis akan meningkatkan kapasitas di salah satu dari delapan saluran listrik stasiun ruang angkasa, yang terletak di roda gigi pelabuhan. Selama siaran web luar angkasa, seorang komentator NASA mengonfirmasi bahwa iROSA yang baru dipasang memang menghasilkan tenaga untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Array surya, sepenuhnya dibongkar, memiliki panjang sekitar 63 kaki (19 m) dan lebar 20 kaki (6 m).

Tata surya asli di stasiun ruang angkasa masih berfungsi, tetapi telah menyediakan daya selama lebih dari 20 tahun dan menunjukkan tanda-tanda aus. Setelah kontak yang terlalu lama dengan lingkungan luar angkasa. Array awalnya dirancang untuk bertahan 15 tahun.

Erosi dapat disebabkan oleh pendorong, yang berasal dari pendorong stasiun dan kendaraan awak dan barang yang datang dan pergi dari stasiun, serta puing-puing meteorit kecil.

Array surya baru ditempatkan di depan array asli. Ini tes yang bagus karena peralatan yang menggunakan desain yang sama ini akan memberi daya pada bagian-bagian dari pos terdepan Lunar yang direncanakan, yang akan membantu manusia kembali ke Bulan dengan Program Artemis NASA.

Array baru akan memiliki harapan hidup yang sama yaitu 15 tahun. Namun, karena degradasi matriks asli diperkirakan lebih buruk, tim akan memantau matriks baru. Untuk menguji umur panjangnya karena dapat bertahan lebih lama.

Sementara perjalanan ruang angkasa AS berlanjut, penerbangan Rusia oleh kosmonot di stasiun ruang angkasa belum ditangguhkan Mendeteksi kebocoran cairan pendingin Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22yang berlabuh di stasiun luar angkasa bagian Rusia.

Kebocoran itu ditemukan pada 14 Desember sebelum rencana spacewalk Rusia, ketika cairan mulai menyembur dari Soyuz.

Lingkaran pendingin pendingin luar Soyuz adalah sumber kebocoran yang dicurigai, menurut laporan 15 Desember Memperbarui dari NASA.

Sementara awak stasiun ruang angkasa tetap aman, penyelidikan kebocoran masih berlangsung. Selama konferensi pers hari Kamis, manajer program Stasiun Luar Angkasa Internasional NASA Joel Montalbano mengatakan masih belum jelas apa yang menyebabkan lubang 4 milimeter di pesawat ruang angkasa, meskipun itu bisa berupa puing-puing pesawat ruang angkasa atau masalah dengan perangkat keras pesawat ruang angkasa.

NASA dan timpalannya dari Rusia Roscosmos masih menilai apakah pesawat luar angkasa itu aman untuk membawa awak.

Soyuz MS-22 NASA membawa Rubio dan dua kosmonot Rusia ke stasiun ruang angkasa pada 21 September dan dijadwalkan untuk mengembalikan mereka ke Bumi pada bulan Maret.

READ  Sebuah pulau baru muncul di Samudra Pasifik setelah letusan gunung berapi Tonga