Februari 5, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Webb Space Telescope allows us to

Gambar dari Teleskop Webb NASA mengungkapkan pembentukan bintang awal dalam penemuan ‘langka’

Teleskop Luar Angkasa James Webb Tim mengumumkan Kamis bahwa para ilmuwan telah mendeteksi lusinan jet energik dan aliran keluar dari bintang muda yang sebelumnya tersembunyi oleh awan debu di salah satu gambar ikonik pertama dari observatorium senilai $10 miliar.

Dalam sebuah pernyataan, NASA mengatakan penemuan “langka” – termasuk makalah yang diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society bulan ini – menandai awal era baru penyelidikan pembentukan bintang, serta seberapa masif bintang-bintang terdekat memancar. Dapat mempengaruhi evolusi planet.

Lereng kosmik Nebula Carinadi dalam gugus bintang NGC 3324, terlihat pada panjang gelombang baru dengan menggunakan kemampuan teleskop Webb memungkinkan peneliti melacak gerakan fitur lain yang sebelumnya ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Dengan menganalisis data dari panjang gelombang cahaya infra merah tertentu, para astronom telah menemukan dua puluh semburan yang sebelumnya tidak diketahui dari bintang yang sangat muda yang diungkap oleh molekul hidrogen.

Gambar NASA yang menakjubkan mengungkapkan permukaan IO, yang terkait dengan gunung berapi

Lusinan jet dan aliran keluar dari bintang muda yang sebelumnya tersembunyi telah terungkap dalam gambar baru penurunan kosmik dari Kamera Inframerah Dekat (NIRCam) dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA. Gambar ini memisahkan beberapa panjang gelombang cahaya dari gambar pertama yang terungkap pada 12 Juli 2022, yang menyoroti molekul hidrogen, bahan penting untuk pembentukan bintang. Sisipan di sisi kanan menyoroti tiga wilayah landai kosmik dengan aliran hidrogen molekuler yang sangat aktif. Dalam gambar ini, merah, hijau, dan biru dari data NIRCam Webb dipetakan pada 4,7, 4,44, dan 1,87 μm (masing-masing memfilter F470N, F444W, dan F187N).
(Kredit: NASA, ESA, CSA, dan STScI. Pemrosesan gambar: J. DePasquale (STScI).)

READ  NASA mengambil gambar aneh matahari 'tersenyum'

Hidrogen molekuler adalah unsur penting dalam pembentukan bintang dan cara yang baik untuk melacak tahap awal proses ini.

“Ketika bintang-bintang muda mengumpulkan materi dari gas dan debu di sekitar mereka, sebagian besar dari mereka juga mengeluarkan sebagian dari materi itu kembali dari daerah kutubnya dalam pancaran dan aliran keluar. Pancaran ini kemudian bertindak seperti bajak salju, menyapu lingkungan sekitarnya. Hidrogen molekuler terlihat menyapu,” jelas NASA. Dia sangat senang dengan jet-jet ini dalam catatan Webb.

Hal-hal telah ditemukan: termasuk “air mancur mini” dan “raksasa pengganggu yang merentang tahun cahaya dari bintang pembentuk”.

Gambar tebing kosmik, sebuah wilayah di tepi rongga gas raksasa di dalam NGC 3324, diambil oleh Near Infrared Webcam (NIRCam), dengan panah kompas, bilah skala, dan tombol warna sebagai referensi.  Panah kompas utara dan timur menunjukkan arah gambar di langit.  Perhatikan bahwa hubungan antara utara dan timur di langit (seperti yang terlihat dari bawah) berbanding terbalik dengan arah panah di peta Bumi (seperti yang terlihat dari atas).  Bilah skala ditunjukkan dalam tahun cahaya, yang merupakan jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun Bumi.  Cahaya membutuhkan waktu dua tahun untuk menempuh jarak yang sama dengan panjang pita.  Satu tahun cahaya kira-kira 5,88 triliun mil atau 9,46 triliun kilometer.  Gambar ini menunjukkan panjang gelombang cahaya inframerah dekat yang diterjemahkan ke dalam warna cahaya tampak.  Tombol warna menunjukkan filter NIRCam yang digunakan saat mengumpulkan cahaya.  Warna setiap nama filter adalah warna cahaya tampak yang digunakan untuk mewakili cahaya inframerah yang melewati filter tersebut.  NIRCam Webb dibangun oleh tim di Universitas Arizona dan Pusat Teknologi Lanjutan Lockheed Martin.

Gambar tebing kosmik, sebuah wilayah di tepi rongga gas raksasa di dalam NGC 3324, diambil oleh Near Infrared Webcam (NIRCam), dengan panah kompas, bilah skala, dan tombol warna sebagai referensi. Panah kompas utara dan timur menunjukkan arah gambar di langit. Perhatikan bahwa hubungan antara utara dan timur di langit (seperti yang terlihat dari bawah) berbanding terbalik dengan arah panah di peta Bumi (seperti yang terlihat dari atas). Bilah skala ditunjukkan dalam tahun cahaya, yang merupakan jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun Bumi. Cahaya membutuhkan waktu dua tahun untuk menempuh jarak yang sama dengan panjang pita. Satu tahun cahaya kira-kira 5,88 triliun mil atau 9,46 triliun kilometer. Gambar ini menunjukkan panjang gelombang cahaya inframerah dekat yang diterjemahkan ke dalam warna cahaya tampak. Tombol warna menunjukkan filter NIRCam yang digunakan saat mengumpulkan cahaya. Warna setiap nama filter adalah warna cahaya tampak yang digunakan untuk mewakili cahaya inframerah yang melewati filter tersebut. NIRCam Webb dibangun oleh tim di Universitas Arizona dan Pusat Teknologi Lanjutan Lockheed Martin.
(Gambar: NASA, ESA, CSA, STScI)

READ  Tampilan utama dari konjungsi Mars dan Jupiter

Kapsul ruang angkasa Rusia kemungkinan bocor karena pukulan mikrometer, kata pejabat

Pengamatan sebelumnya dari jet dan aliran keluar sebagian besar terlihat di daerah terdekat dan objek yang lebih canggih sudah terdeteksi dalam panjang gelombang Hubble.

Badan tersebut mencatat, “Sensitivitas Webb yang tak tertandingi memungkinkan bahkan daerah yang paling terpencil untuk diamati, sementara peningkatan inframerahnya menyelidiki bahkan fase terkecil dari pengambilan sampel debu. Bersama-sama, ini memberi para astronom pandangan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang menyerupai tempat kelahiran tata surya kita. .” “.

Apa yang tampak sangat mirip pegunungan berbatu di malam hari yang diterangi cahaya bulan sebenarnya adalah ujung dari wilayah pembentuk bintang muda NGC 3324 di Nebula Carina.  Diambil dalam cahaya inframerah oleh Kamera Inframerah Dekat (NIRCam) pada Teleskop Antariksa James Webb NASA, gambar ini mengungkapkan wilayah kelahiran bintang yang sebelumnya tertutup.

Apa yang tampak sangat mirip pegunungan berbatu di malam hari yang diterangi cahaya bulan sebenarnya adalah ujung dari wilayah pembentuk bintang muda NGC 3324 di Nebula Carina. Diambil dalam cahaya inframerah oleh Kamera Inframerah Dekat (NIRCam) pada Teleskop Antariksa James Webb NASA, gambar ini mengungkapkan wilayah kelahiran bintang yang sebelumnya tertutup.
(NASA, ESA, Badan Antariksa Kanada, dan STScI)

Banyak dari protobintang ini ditetapkan menjadi bintang bermassa rendah, seperti Matahari.

Ini adalah periode pembentukan bintangNASA menambahkan bahwa ini sangat sulit ditangkap karena relatif singkat.

Klik di sini untuk aplikasi FOX NEWS

Pengamatan Webb juga membantu para astronom menjelaskan seberapa aktif wilayah pembentuk bintang.

Dengan membandingkan lokasi aliran keluar yang diketahui sebelumnya di wilayah ini dengan data Hubble dari 16 tahun lalu, para ilmuwan dapat melacak kecepatan dan arah pergerakan jet.