Juni 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gambar baru yang menakjubkan menunjukkan 'tanda cakar' raksasa di Mars

Gambar baru yang menakjubkan menunjukkan ‘tanda cakar’ raksasa di Mars

Meski masih banyak misteri yang harus dipecahkan, Mars Semakin jelas bagi kami setiap hari, berkat lusinan robot kerja yang saat ini kami miliki permukaan planet merah atau di orbit.

Dalam versi terbaru pengorbit Mars Express European Space Agency (ESA) ini, fitur unik geologi Mars ditampilkan dengan detail yang menakjubkan.

Alur ini terlihat seperti penyok raksasa di seluruh permukaan planet, dan merupakan bagian dari sistem retakan raksasa di Mars yang dikenal sebagai Tantalus Fossae.

Selain detail di foto, yang benar-benar mengejutkan adalah skala yang kami lihat – cekungan ini memiliki kedalaman hingga 350 meter (1.148 kaki), lebar 10 kilometer (6,2 mil) dan dapat memanjang hingga 1.000 kilometer.

Gambar adalah warna asli, yang berarti mewakili apa yang akan dilihat manusia jika mereka melihat area tersebut dengan mata kepala sendiri.

Secara teknis ini bukan “gambar”; Gambar tersebut dibuat dari model medan digital Mars dan menggunakan saluran warna kamera stereo resolusi tinggi pada Mars Express Badan Antariksa Eropa – tetapi memberikan pemandangan yang sangat jelas dari area yang luas.

(ESA/DLR/FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO)

Gambar di atas menunjukkan perspektif miring, sedangkan bidikan di bawah menunjukkan tampilan Tantalus Fossae dari atas ke bawah.

Gambar kawah tantalus(ESA/DLR/FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO)

berdasarkan Siaran pers ESAResolusi Bumi dari gambar-gambar ini adalah sekitar 18 m/piksel dan gambar-gambar tersebut dipusatkan pada sekitar 43°LU/257°BT. Utara ke kanan.

Jadi apa yang kita lihat?

Lubangnya berongga atau depresidan Tantalus Fossae yang membentang di sepanjang sisi timur gunung berapi Mars yang relatif datar dan luas yang disebut Alba Mons.

READ  Inilah yang terjadi selama docking pesawat ruang angkasa "Boeing".

Dalam hal luas permukaan, Alba Mons adalah gunung berapi terbesar di Mars – medan aliran vulkaniknya membentang setidaknya 1.350 kilometer (840 mil). Namun pada titik tertingginya, hanya setinggi 6,8 kilometer.

Fosil-fosil ini tercipta ketika Alba Mons muncul dari kerak planet, menyebabkan kerusakan dan retakan di daerah sekitarnya.

Gambar tantalus fossae 2(ESA/DLR/FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO)

“Sesar Tantalus Fossae adalah contoh yang bagus dari fitur permukaan yang dikenal sebagai merebutMenjelaskan versi. “Setiap parit terbentuk ketika dua sesar paralel terbuka, menyebabkan batuan di antara mereka jatuh ke dalam kekosongan yang dihasilkan.”

Fitur serupa ditemukan di sisi barat Alba Mons, yang dikenal sebagai Alba Fossae.

Gambar-gambar ini tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi juga dapat membantu kita memahami lebih banyak tentang bagaimana permukaan Mars terbentuk.

Dipercayai bahwa struktur-struktur ini tidak terbentuk sekaligus, tetapi satu demi satu, yang mengarah ke persimpangan beberapa cekungan satu sama lain.

Misalnya, kawah tumbukan yang Anda lihat di foto telah menyebar, menunjukkan bahwa kawah itu ada lebih dulu. Di dua foto teratas, Anda dapat melihat kawah yang lebih kecil di sebelah kiri di atas cekungan dan kemungkinan lebih kecil.

Mars Express mengorbit Mars selama Lebih dari 18 tahun sekarang. Kami berharap dapat melihat lebih banyak pemandangan unik dari planet tetangga kami.