Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Freeport Indonesia akan mengeluarkan izin ekspor tembaga ke Amman, kata pejabat tersebut

Freeport Indonesia akan mengeluarkan izin ekspor tembaga ke Amman, kata pejabat tersebut

JAKARTA: Indonesia akan mengeluarkan izin ekspor konsentrat tembaga kepada penambang Freeport Indonesia dan Amman Mineral International, kata seorang pejabat Kementerian Perdagangan pada hari Jumat.

Izin ekspor Freeport dan Amman saat ini akan habis masa berlakunya pada hari Jumat.

Memperluas


“Izin tersebut akan berlaku efektif mulai 1 Juni,” kata Budi Santoso, Direktur Jenderal Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kedua perusahaan tersebut diperbolehkan mengekspor hingga 31 Desember, kata Budi.

Indonesia telah melarang ekspor semua mineral mentah mulai Juni 2023, namun telah diberikan tenggang waktu satu tahun untuk mengekspor konsentrat tembaga Freeport dan Amman agar para penambang memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pembangunan pabrik peleburan mereka.

Kedua perusahaan telah melobi pemerintah untuk perpanjangan lagi, dengan alasan bahwa pabrik peleburan mereka tidak akan mencapai kapasitas penuh pada bulan depan.

Pada tanggal 8 Mei, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan memperpanjang izin ekspor Freeport dan Amman, namun tidak memberikan rinciannya.

Freeport dan Amman tidak segera menanggapi permintaan komentar. Amman awal pekan ini mengatakan pihaknya masih menunggu izin ekspor baru.

READ  Pemain bintang Indonesia berusia 17 tahun Romalia mencetak rekor dunia yang menakjubkan dengan 7 gawang dan 0 run.