Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Fitur panggilan baru X mengganggu privasi Anda – berikut cara mematikannya

Fitur panggilan baru X mengganggu privasi Anda – berikut cara mematikannya

Kredit gambar: Bryce Durbin/TechCrunch

Dalam upayanya mengubah aplikasi Twitter yang sederhana dan efektif menjadi X, aplikasi segalanya yang tidak menghasilkan apa-apa, Elon Musk meluncurkan panggilan audio dan video. Sangat membingungkan untuk mengetahui bagaimana memutuskan siapa yang dapat menghubungi Anda.

Dalam postingan blog pada hari Rabu, akun berita resmi X Umumkan fitur baru: “Panggilan suara dan video kini tersedia untuk semua orang di X! Siapa yang harus Anda hubungi terlebih dahulu?” X menulis.

Kami melihat halaman Pusat Bantuan resmi untuk X dan menjalankan pengujian fitur untuk menganalisis cara kerja fitur panggilan dan memahami risiko yang terkait dengannya.

Alamat IP seseorang tidak terlalu sensitif, namun pengidentifikasi online ini dapat digunakan untuk menyimpulkan lokasi dan dapat dikaitkan dengan aktivitas online seseorang, yang dapat berbahaya bagi pengguna berisiko tinggi.

Pertama, fitur panggilan audio dan video terletak di bagian Pesan pada aplikasi X, di mana ikon telepon sekarang muncul di pojok kanan atas, di iOS dan Android.

Tangkapan layar fitur panggilan audio dan video X.

Tangkapan layar fitur panggilan audio dan video X di iOS. Kredit gambar: TechCrunch.dll

Tangkapan layar fitur panggilan audio dan video X.

Tangkapan layar fitur panggilan audio dan video X di Android. Kredit gambar: TechCrunch.dll

Panggilan diaktifkan secara default di aplikasi X. Peringatannya adalah Anda hanya dapat melakukan dan menerima panggilan di aplikasi X, belum di browser Anda.

Secara default, panggilan bersifat peer-to-peer, artinya dua orang yang berpartisipasi dalam panggilan tersebut berbagi alamat IP satu sama lain karena panggilan tersebut terhubung langsung ke perangkat mereka. Hal ini memang disengaja terjadi di sebagian besar aplikasi perpesanan dan panggilan, seperti FaceTime, Facebook Messenger, Telegram, Signal, dan WhatsApp, seperti yang kami sebutkan di bulan November.

READ  PowerWash Simulator menambahkan lebih banyak DLC gratis akhir tahun ini

di dalam Pusat bantuan resminyaX mengatakan panggilan dirutekan secara peer-to-peer antar pengguna sedemikian rupa sehingga alamat IP “dapat terlihat oleh orang lain”.

Jika Anda ingin menyembunyikan alamat IP Anda, Anda dapat mengaktifkan tombol “Privasi Panggilan yang Ditingkatkan” di pengaturan pesan X. Dengan mengaktifkan pengaturan ini, X mengatakan bahwa panggilan “akan diteruskan ke pihak yang telah mengaktifkan pengaturan ini.”

Tangkapan layar pengaturan fitur panggilan audio dan video X untuk iOS.

Tangkapan layar pengaturan fitur panggilan audio dan video X untuk iOS. Kredit gambar: TechCrunch.dll

Tangkapan layar pengaturan fitur panggilan audio dan video Android X.

Tangkapan layar pengaturan fitur panggilan audio dan video Android X. Kredit gambar: TechCrunch.dll

X sama sekali tidak menyebutkan enkripsi di halaman pusat bantuan resmi, sehingga panggilan mungkin tidak dienkripsi secara end-to-end, sehingga memungkinkan Twitter untuk mendengarkan percakapan. Aplikasi terenkripsi ujung ke ujung, Signal atau WhatsApp – mencegah siapa pun selain penelepon dan penerima mendengarkan, termasuk WhatsApp dan Signal.

Kami menanyakan email pers X apakah ada enkripsi ujung ke ujung. Satu-satunya tanggapan yang kami dapatkan adalah: “Sekarang sibuk, harap periksa lagi nanti,” yang merupakan tanggapan otomatis default X terhadap pertanyaan media. Kami juga mengirim email kepada juru bicara X Joe Benarroch, namun tidak menerima tanggapan.

Karena risiko privasi ini, kami menyarankan untuk mematikan fitur panggilan sepenuhnya.

Jika Anda ingin menggunakan fitur panggilan ini, penting untuk memahami siapa yang dapat menghubungi Anda dan siapa yang dapat Anda hubungi – dan bergantung pada pengaturan Anda, ini bisa menjadi sangat membingungkan dan rumit.

Standarnya (seperti yang Anda lihat di atas) adalah “Orang yang Anda ikuti”, tetapi Anda dapat memilih untuk mengubahnya menjadi “Orang di buku alamat Anda”, jika Anda membagikan kontak Anda dengan X; “Pengguna Terverifikasi,” yang memungkinkan siapa saja yang membayar Atau Semua Orang, jika Anda ingin menerima panggilan yang tidak diinginkan dari siapa pun Rando.

TechCrunch memutuskan untuk menguji beberapa skenario berbeda menggunakan dua akun X: akun pengujian yang baru dibuat dan akun nyata yang sudah lama dibuat. Dengan menggunakan alat analisis jaringan open source Burp Suite, kita dapat melihat lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar dari aplikasi X.

READ  Spike Chunsoft meluncurkan situs hitung mundur 'kelelawar tersembunyi' [Update]

Berikut adalah hasilnya (pada saat penulisan):

  • Jika tidak ada akun yang mengikuti akun lainnya, tidak ada akun yang melihat ikon telepon, sehingga tidak ada yang dapat menelepon.
  • Ketika akun demo mengirim pesan langsung ke akun nyata, pesan tersebut diterima tetapi tidak ada akun yang melihat ikon telepon.
  • Ketika akun nyata menerima pesan langsung, akun demo kemudian dapat terhubung ke akun nyata. Jika tidak ada yang merespons, hanya alamat IP penelepon akun demo yang akan terungkap.
  • Ketika akun pengujian memulai panggilan dan akun nyata menjawab (yang memperlihatkan alamat IP akun nyata – dan dengan demikian kedua set alamat IP), akun pengujian tidak dapat menelepon kembali karena akun pengujian diatur untuk mengizinkan panggilan masuk untuk “ikuti- naik” saja.
  • Ketika akun real mengikuti akun demo, keduanya dapat terhubung satu sama lain.

Analisis jaringan menunjukkan hal itu, meskipun Anda tidak dapat mendengar isi panggilan.

Pada akhirnya, menggunakan koneksi X adalah pilihan Anda. Anda tidak dapat melakukan apa pun, yang dapat membuat Anda menerima panggilan dari orang yang mungkin tidak ingin Anda terima panggilannya dan dapat membahayakan privasi Anda. Atau Anda dapat mencoba membatasi siapa yang dapat menghubungi Anda dengan menguraikan pengaturan X. Atau Anda dapat mematikan fitur ini sepenuhnya dan tidak perlu khawatir tentang semua ini.

Carly Page dan Jagmeet Singh berkontribusi dalam pelaporan.