Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Filipina mengeluarkan peringatan kesehatan setelah gunung berapi tersebut membawa kabut asap ke ibu kota dan provinsi sekitarnya

Filipina mengeluarkan peringatan kesehatan setelah gunung berapi tersebut membawa kabut asap ke ibu kota dan provinsi sekitarnya

MANILA (Reuters) – Gunung berapi kecil namun bergejolak di dekat ibu kota Filipina, Manila, memuntahkan sulfur dioksida dan kabut vulkanik di atas rata-rata pada hari Jumat, mendorong pihak berwenang untuk menutup sekolah di lima kota dan puluhan kota kecil serta mendesak masyarakat untuk tinggal di rumah.

Institut Vulkanologi dan Seismologi milik pemerintah mengatakan mereka melihat peningkatan cairan vulkanik panas di danau kawah Gunung Berapi Taal, yang menyebabkan emisi gas vulkanik.

Peringatan tersebut tetap berada pada tingkat satu dari skala lima tingkat, yang mengindikasikan adanya “sedikit peningkatan pada kegempaan vulkanik dan aktivitas uap atau gas.”

Terletak di sebuah danau indah di provinsi Batangas dekat Manila, Gunung Berapi Taal, dengan ketinggian 311 meter (1.020 kaki), merupakan salah satu gunung berapi paling aktif dari 24 gunung berapi di Filipina.

Pada bulan Januari 2020, gunung tersebut memuntahkan abu dan uap setinggi 15 kilometer (9,32 mil), memaksa lebih dari 100.000 orang mengungsi dan membatalkan puluhan penerbangan karena abu tebal berjatuhan hingga ke Manila.

“Kami mendapat laporan penyakit pernafasan di Provinsi Batangas akibat keracunan yang disebabkan oleh kabut asap vulkanik,” Randy Dela Paz, kepala operasi Kantor Pertahanan Sipil Selatan Manila, mengatakan kepada Radio DWPM.

Asap vulkanik, atau kabut asap, terdiri dari tetesan halus yang mengandung gas vulkanik seperti belerang yang dapat mengiritasi mata, tenggorokan, dan sistem pernapasan.

Pihak berwenang menangguhkan kelas-kelas pada hari Jumat di puluhan kota besar dan kecil di provinsi Cavite, Laguna dan Batangas yang berdekatan dengan Gunung Berapi Taal, dan di lima kota di wilayah ibu kota.

Pada hari Jumat, Otoritas Penerbangan meminta pilot untuk menghindari terbang di dekat puncak gunung berapi, “karena abu yang beterbangan di udara dan pecahan balistik akibat ledakan mendadak dapat membahayakan pesawat.”

READ  Pembaruan Langsung Perang Ukraina: Pemimpin Wagner Prigozhin muncul kembali di video

Filipina terletak di “Cincin Api” Pasifik, tempat aktivitas gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi.

(Laporan oleh Neil Jerome Morales) Penyuntingan oleh Michael Perry

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru