Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Era Klopp berakhir dengan kemenangan saat Liverpool menunggu Arne Slott

Era Klopp berakhir dengan kemenangan saat Liverpool menunggu Arne Slott

Liverpool – Skeptis. orang percaya. Penakluk. Tiga kata yang terpampang di spanduk di Anfield, dipisahkan oleh sejumlah trofi, secara ringkas merangkum delapan setengah tahun masa pemerintahan Jurgen Klopp sebagai manajer Liverpool. Ketika masa kepemimpinannya berakhir, Klopp melakukan yang terbaik untuk meyakinkan setiap pendukung di dalam stadion setelah kemenangan 2-0 atas Wolves bahwa tidak ada yang akan berubah begitu dia keluar dari tim. Namun, begitu euforia perpisahan emosionalnya mereda, kenyataan bisa menjadi sulit.

Pelatih Feyenoord Arne Slott telah dipilih untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Klopp, tetapi pelatih berusia 45 tahun itu kemungkinan akan menghindari duduk santai untuk menyaksikan bagaimana hari terakhir pendahulunya di Anfield kecuali dia ingin bangun di tengah malam. . Di malam hari dia berkeringat dingin, bertanya-tanya apa yang akan dia lakukan ketika memulai pekerjaan barunya.

Jangan salah: mengelola Liverpool adalah suatu kehormatan luar biasa. Ini adalah salah satu klub terbesar di dunia, sebuah tim dengan basis penggemar yang besar dan sejarah yang hanya bisa dibayangi oleh Real Madrid. Mereka memiliki skuad bertabur bintang, dipimpin oleh pemain seperti Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold dan Alisson Becker, dan talenta baru seperti Jarrell Quansah, Curtis Jones dan Harvey Elliott.

Tapi inilah hasil tangkapannya. Para penggemar sangat menyukai Klopp karena membawa Liverpool kembali ke kejayaan, menjadikan mereka klub yang diinginkan pemain terbaik untuk bermain lagi dan meraih trofi terbesar. Slott memiliki banyak hal untuk dinanti-nantikan ketika dia masuk ke kantor Klopp dan duduk di belakang mejanya, tetapi jika dia melihat dan mendengar pujian yang ditujukan kepada Klopp sebelum, selama, dan setelah kemenangan hari Minggu, dia mungkin berpikir dia telah menerima pekerjaan yang mustahil. .

READ  Transfer terbaru Kylian Mbappe: Tujuan Madrid? Penawaran lainnya? Lalu bagaimana?

Hanya sedikit manajer yang mempunyai hak istimewa untuk keluar dari pekerjaannya dengan cara mereka sendiri. Sepak bola adalah profesi yang kejam, bahkan pemain paling sukses pun dipecat ketika hasil menurun. Baik Jose Mourinho (Chelsea) dan Claudio Ranieri (Leicester City) dipecat dalam waktu beberapa bulan setelah memenangkan gelar Liga Premier dan Klopp belum pernah mengantarkan trofi itu ke Anfield sejak tahun 2020. Namun karena dia telah membangun kembali Liverpool dan memulihkan harga diri dan kepercayaan klub sejak menjabat. kedatangan. Pada bulan Oktober 2015, Klopp mungkin menjadi manajer paling populer di antara klub mana pun selama era Liga Premier.

Selama berminggu-minggu, sejak dia mengumumkan keputusannya untuk mundur dari jabatannya pada bulan Januari, para penggemar Liverpool menyanyikan nama Klopp dan juga bernyanyi hari ini. Seperti lagu penggemar yang berbunyi, “Aku mencintainya dan aku merasa baik,” meskipun ini adalah hari dimana semuanya berakhir. Spanduk – “Danke Jurgen”, “Jurgener Believers” dan “Boss” – menunjukkan kasih sayang kepada mantan pelatih Borussia Dortmund itu, begitu pula nyanyiannya.

“Terima kasih telah mengabaikan permintaan saya untuk tidak menyanyikan lagu saya secara keseluruhan selama enam minggu terakhir,” kata Klopp usai pertandingan saat berbicara kepada para pendukung dari lingkaran tengah. “Jika aku menyanyikannya tahun depan, itu akan lucu.”

Jika fans Liverpool menyanyikan nama Klopp musim depan, mungkin itu bukan bahan tertawaan Slott. Pemain baru ini membutuhkan semua orang untuk mendukungnya – mulai dari pemain dan staf klub hingga para penggemar – sama seperti yang mereka lakukan dengan Klopp, tetapi bahayanya bagi Slott adalah dia dinilai setara dengan Klopp, dan itu tampaknya merupakan tindakan yang tidak adil. Untuk setiap manajer Liverpool di masa depan, sebagai pelatih dan sebagai pribadi.

READ  NFL Week 11 Picks Briscoe: Patriots sweep Jets; Viking tetap seksi vs. Koboi; Eagles berjuang untuk keunggulan atas Colts

Namun Klopp melakukan yang terbaik untuk penggantinya. Ketika Sir Alex Ferguson pensiun setelah 27 tahun gemilang sebagai manajer Manchester United pada tahun 2013, ia menyampaikan pesan kepada para penggemar klub, mengatakan: “Hal terpenting saat ini adalah mendukung manajer baru kami.” Itu adalah David Moyes, yang dipecat dalam waktu 10 bulan; United telah mengunyah dan mengeluarkan manajer sejak saat itu.

Apakah akan berbeda di Anfield? Waktu akan menjawabnya, tetapi Slott setidaknya dapat yakin bahwa dia mendapat dukungan dan restu dari pelatihnya. Klopp berkata: “Pelatih baru, saya ingin Anda menyanyikan namanya.” “Arnie Slott, na na na na na!”

“Saat musim depan dimulai, lakukan yang terbaik bersama pelatih baru. Saat memulai, tetaplah percaya. Jangan berhenti percaya. Saya melihat banyak orang menangis, begitu juga dengan saya, tapi perubahan itu bagus. Jika dia mengikuti yang benar sikap, semuanya akan baik-baik saja.” Oke.”

Para penggemar menyanyikan nama Slott, seperti yang dikatakan Klopp, namun mereka segera kembali menyanyikan nama Klopp. Mereka menginginkan satu dorongan terakhir untuk para penggemar, yang ia berikan, tetap berada di lapangan untuk memastikan ia menyerap setiap cinta dan kasih sayang.

Pada saat itu, setelah waktu penuh, dia telah berganti pakaian menjadi jaket merah dengan tulisan “Aku Tidak Akan Pernah Berjalan Sendirian Lagi” di bagian belakang. Dia berkata bahwa dia sekarang adalah “salah satu dari kalian” saat dia berbicara kepada para penggemar dan menegaskan masa depan bisa cerah.

READ  Apa yang dianggap 'konyol' oleh Kyle Shanahan bisa menjadi pembeda dalam 49ers mengalahkan Eagles

“Ini tidak terasa seperti akhir, ini terasa seperti permulaan,” kata Klopp. “Orang-orang mengatakan kepada saya bahwa saya telah mengubah Anda dari seorang yang skeptis menjadi seorang yang beriman. Itu tidak benar. Iman adalah apa yang Anda lakukan pada diri Anda sendiri, Anda melakukannya. Tidak ada yang meminta Anda untuk berhenti percaya.”

“Klub ini sedang melalui momen yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kami memutuskan apakah Anda percaya atau tidak, percaya atau tidak percaya. Mulai hari ini, saya adalah salah satu dari Anda dan saya percaya pada Anda.”

Fans pun menangis di tribun penonton saat Klopp menyampaikan pidatonya lalu berjalan mengelilingi lapangan sebelum menuju terowongan untuk terakhir kalinya, setelah menikmati atmosfer dan emosi yang terpampang selama dua jam penuh usai pertandingan berakhir.

Ini merupakan delapan setengah tahun yang tak terlupakan, mungkin tak tertandingi, namun itulah tugas yang dia berikan kepada Arne Slott.

Semoga beruntung, Arnie. Anda akan sangat membutuhkannya.