Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Embargo batubara Indonesia hampir menghilangkan surplus perdagangan Januari

Jakarta, 14 Februari (Reuters) – Surplus perdagangan bulanan Indonesia diperkirakan turun 80% menjadi $190 juta pada Januari setelah pengekspor batu bara terkemuka dunia itu memangkas ekspor bulan lalu, dan impor meningkat, jajak pendapat Reuters menunjukkan Senin.

Pada 1 Januari, para pejabat mengumumkan bahwa semua ekspor batubara akan dihentikan secara tak terduga karena rendahnya stok bahan bakar di pembangkit listrik domestik.

Januari 10 inventaris pertama diizinkan untuk dilanjutkan secara bertahap, tetapi larangan berlanjut untuk penambang yang tidak memenuhi persyaratan penjualan domestik.

Negara kaya sumber daya, yang mencatat surplus perdagangan setiap bulan sejak Mei 2020, diuntungkan dari tren kenaikan harga komoditas karena negara-negara melakukan deregulasi Pemerintah-19. Batubara termal adalah ekspor utama Indonesia.

Lima belas ekonom yang disurvei pada Januari memberikan perkiraan berbasis luas untuk neraca perdagangan Januari: dari defisit $1,14 miliar menjadi surplus $1,3 miliar.

Surplus rata-rata US$ 190 juta, terendah dalam 21 bulan di Indonesia. Ini merupakan bagian dari surplus Desember sebesar US$ 1 miliar dan rata-rata surplus perdagangan bulanan enam bulan terakhir, US$ 3,9 miliar.

Pertumbuhan ekspor pada Januari diproyeksikan melambat menjadi 33,86% tahun-ke-tahun dari 35,30% bulan sebelumnya. Sementara itu, impor naik 51,38% dibandingkan dengan peningkatan tahun-ke-tahun sebesar 47,93% di bulan Desember.

Menteri bank mengatakan harapannya sendiri sejalan dengan rata-rata referendum, dalam catatan bahwa embargo telah mengurangi pendapatan ekspor sekitar US $ 1 miliar.

Surplus dalam perdagangan barang Indonesia diperkirakan akan menyusut tahun ini, dengan permintaan domestik meningkat karena ekonomi terbesar di Asia Tenggara pulih dari epidemi, dan harga komoditas diperkirakan akan kembali normal pada akhir tahun, menteri perbankan menambahkan. – Reuters

READ  Ibukota Presiden Indonesia Karuta semakin kuat setelah restrukturisasi