Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Elon Musk, Tesla menyerang SEC karena pelecehan 'tanpa henti'

Elon Musk, Tesla menyerang SEC karena pelecehan ‘tanpa henti’

NEW YORK, 17 Februari (Reuters) – Tesla Inc (TSLA.O) Kepala eksekutifnya, Elon Musk, pada hari Kamis menuduh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) melecehkan mereka dengan penyelidikan “tanpa akhir” dan “tanpa henti” untuk menghukum Musk karena kritiknya yang blak-blakan terhadap pemerintah.

Tuduhan itu datang dalam sebuah surat kepada Hakim Distrik AS Alison Nathan di Manhattan, yang memimpin penyelesaian SEC 2018 yang berasal dari tweet Musk tentang potensi pembelian Tesla.

“Tuan Musk dan Tesla dengan hormat berusaha memperbaiki arah,” tulis Alex Spiro, pengacara Musk dan Tesla. “Cukup sudah cukup.”

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Komisi Sekuritas dan Bursa menolak berkomentar. Dalam perintah satu kalimat, Nathan mengarahkan penyelenggara untuk merespons pada 24 Februari.

Surat Kamis meningkatkan pertempuran Musk dengan regulator ketika mereka meneliti posting media sosialnya dan perlakuan Tesla terhadap pekerja, termasuk tuduhan diskriminasi.

Ini mengikuti pengungkapan Tesla pada 7 Februari bahwa mereka telah menerima panggilan pengadilan dari Securities and Exchange Commission mengenai kepatuhannya dengan penyelesaian 2018. Baca lebih lanjut

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) menggugat Musk pada Agustus 2018 setelah dia men-tweet bahwa dia telah “mengambil dana” untuk mengubah perusahaan mobil listriknya menjadi pribadi dengan harga $420 per saham. Bahkan, kesepakatan pengambilalihan itu tidak dekat.

Tesla dan Musk menyelesaikan dengan setuju untuk membayar $ 20 juta dalam denda perdata, dan mengizinkan pengacara Tesla untuk menyaring beberapa komunikasi Musk, termasuk tweet yang dapat memengaruhi harga saham Tesla. Musk juga melepaskan kepresidenan Tesla.

Panggilan pengadilan terbaru dikeluarkan pada 16 November, 10 hari setelah Musk mensurvei pengikut Twitter-nya tentang apakah ia harus menjual 10% sahamnya di Tesla, yang menyebabkan aksi jual.

READ  Titik buta di SUV, van, dan van berbahaya bagi kesehatan pejalan kaki

Surat dingin

Dalam sebuah surat Kamis, Spiro menuduh Komisi Sekuritas dan Bursa mengabaikan komitmennya untuk mendistribusikan denda $ 40 juta kepada pemegang saham, sementara sebaliknya “mendedikasikan sumber dayanya yang besar untuk penyelidikan tanpa akhir dan tidak berdasar” ke Musk dan Tesla.

“Yang terburuk, SEC tampaknya menargetkan Mr Musk dan Tesla untuk penyelidikan tanpa henti sebagian besar karena Mr. Musk tetap menjadi kritikus blak-blakan terhadap pemerintah; upaya besar SEC tampaknya telah diperhitungkan untuk menghentikan pelaksanaan hak amandemennya. ,” tulis Spiro. yang pertama”. .

Spiro meminta Nathan menjadwalkan konferensi untuk mencari tahu mengapa Komisi Sekuritas dan Bursa “mengeluarkan panggilan pengadilan sepihak” tanpa persetujuan pengadilan, dan mengapa uang itu tidak dibagikan.

Jika Komisi Sekuritas dan Bursa menemukan bahwa Musk melanggar penyelesaian, ia dapat memerintahkan Nathan untuk membuangnya dan membuka kembali kasusnya, atau mengajukan tuntutan baru.

Surat itu diajukan delapan hari setelah Departemen Ketenagakerjaan dan Perumahan California menggugat Tesla atas tuduhan pekerja kulit hitam bahwa mereka menoleransi diskriminasi rasial di pabriknya di Fremont, California. Baca lebih lajut

Tesla menggambarkan gugatan itu sebagai menyesatkan. Hal ini juga mencoba untuk mengurangi atau menghilangkan penghargaan juri sekitar $ 137 juta untuk mantan operator lift hitam untuk menundukkan dia ke lingkungan kerja yang tidak bersahabat di pabrik Fremont.

Secara terpisah Kamis, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) membuka penyelidikan resmi terhadap 416.000 kendaraan Tesla Model 3 dan Model Y setelah menerima keluhan tentang pengereman tak terduga yang terkait dengan sistem autopilot. Baca lebih lajut

READ  Minggu depan di Wall Street karena pasar beruang membayangi, Wall Street yang babak belur mencari 'status Fed' di luar jangkauan

Tesla telah mengeluarkan 10 penarikan sejak Oktober, termasuk beberapa di bawah tekanan dari NHTSA.

Saham Tesla ditutup $47,04, atau 5,1%, terendah Kamis di $876,35 di Nasdaq.

Kasusnya adalah SEC v Musk, Pengadilan Distrik AS, Distrik Selatan New York, No. 18-08865; dan SEC v. Tesla Inc di pengadilan yang sama, No. 18-08947.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Jodi Godoy dan Jonathan Stemple di New York dan David Shepardson di Washington. Diedit oleh Toby Chopra, Mark Porter dan Sandra Maller

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.