Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Eksportir Indonesia menyimpan pendapatan FX di luar negeri selama 3 bulan – media

JAKARTA: Indonesia berencana memberlakukan persyaratan bagi eksportir untuk mempertahankan pendapatan devisa mereka di sektor perbankan lokal selama tiga bulan, kata seorang pejabat tinggi pemerintah, Rabu.

Menteri Utama Perekonomian Airlangga Hartarto dikutip oleh media arus utama mengatakan bahwa pemerintah sedang mendiskusikan rencana tersebut dengan bank sentral dan peninjauan persyaratan saat ini untuk pendapatan ekspor hampir selesai.

Seorang juru bicara kementeriannya tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Awal bulan ini, Indonesia mengatakan akan meninjau peraturan pada tahun 2019 yang mewajibkan eksportir sumber daya alam untuk menyimpan pendapatan di rekening khusus di bank domestik, termasuk kemungkinan menetapkan periode penyimpanan minimum. Ia menambahkan, hal itu bisa diperluas hingga mencakup eksportir di sektor manufaktur.

Indonesia adalah pengekspor batu bara termal dan minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Ini juga merupakan pengekspor utama komoditas lain seperti nikel, timah, tembaga dan karet.

Secara terpisah, Bank Indonesia (BI) bertujuan untuk meluncurkan alat FX baru untuk bank bulan depan.

Bank akan diizinkan untuk mengirimkan simpanan eksportir ke bank sentral, dan BI akan membayar tingkat bunga premium untuk dolar AS untuk mendorong eksportir mempertahankan pendapatan di luar negeri lebih lama, kata pembuat kebijakan moneter.

READ  Jakarta Fashion Week dan WIR Group akan menyelenggarakan fashion show pertama di Metaverse, Indonesia