Agustus 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

EKSKLUSIF Tencent mencari saham yang lebih besar dalam sumber daya Assassin's Creed Ubisoft

EKSKLUSIF Tencent mencari saham yang lebih besar dalam sumber daya Assassin’s Creed Ubisoft

HONG KONG, 4 Agustus (Reuters) – Tencent Holdings Ltd (0700.HK) Berencana untuk meningkatkan kepemilikannya di grup video game Prancis Ubisoft Entertainment SA (UBIP.PA) Empat sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa raksasa game China itu fokus pada pasar game global.

Sumber tersebut mengatakan bahwa perusahaan jejaring sosial dan game terbesar di China, yang membeli 5% saham di Ubisoft pada tahun 2018, telah menghubungi keluarga Guillemot yang mendirikan perusahaan Prancis dan menyatakan minatnya untuk meningkatkan kepemilikannya di perusahaan tersebut.

Dua sumber, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan tidak jelas berapa banyak yang ingin dimiliki Tencent di Ubisoft, senilai $ 5,3 miliar, tetapi Tencent bertujuan untuk menjadi pemegang saham tunggal terbesar di perusahaan Prancis dengan membeli saham tambahan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Tencent berharap untuk membeli bagian dari saham tambahan di Ubisoft, pembuat seri video game “Assassin’s Creed”, dari keluarga Guillemot, yang memiliki 15% dari perusahaan, menurut tiga sumber.

Dua sumber yang akrab dengan diskusi internal mengatakan Tencent telah menawarkan hingga 100 euro ($ 101,84) per saham untuk saham tambahan. Itu membayar 66 euro per saham untuk 5% pada 2018.

Sumber mengatakan rincian kesepakatan belum diselesaikan dan dapat berubah.

Saham Ubisoft melonjak 21 persen setelah laporan Reuters pada 1008 GMT dan menuju kenaikan harian terbesar sejak 2004.

Saham di Guillemot Corp SA (GTCN.PA)perusahaan induk di mana keluarga Guillemot memegang saham mayoritas, diperdagangkan naik 10,3% pada 1240 GMT dan ditetapkan untuk mencatat lompatan harian terbesar sejak Januari.

Grafik Reuters

Dua sumber mengatakan Tencent juga akan berusaha untuk mengakuisisi saham dari pemegang saham umum Ubisoft, dalam upaya untuk mengkonsolidasikan kepemilikannya menjadi pemegang saham tunggal terbesar.

READ  Pengembang Celeste Bersatu Kembali Dengan The Lost Game Awards Cup

Sekitar 80% saham perusahaan Prancis dipegang oleh pemegang saham publik, menurut laporan tahunan terbarunya.

Semua sumber menolak untuk mempublikasikan nama mereka karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Tencent dan Ubisoft menolak berkomentar.

Perwakilan keluarga Gilmo tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Pembelian saham yang direncanakan, kesepakatan asing besar terbaru Tencent sejak tindakan keras regulasi pada akhir 2020, akan membantu mengimbangi beberapa tekanan di pasar game lokal. Pasar video game China, yang terbesar di dunia, telah menjadi pesaing yang sengit.

Satu orang berkata, “Tencent sangat berniat untuk menutup kesepakatan karena Ubisoft adalah salah satu aset strategis penting Tencent.”

Dengan batas €100 per saham, Tencent akan menawarkan premi 127% di atas harga saham rata-rata €44 selama tiga bulan terakhir, mendekati batas harga historis €108 pada 2018.

Salah satu sumber mengatakan Tencent memberi keluarga Guillemot lembar persyaratan – tawaran tidak mengikat yang menjelaskan syarat dan ketentuan dasar investasi – dengan harga “jauh lebih tinggi” daripada harga perusahaan saat ini untuk mencegah persaingan potensial.

Pertunjukan yang kuat datang ketika pembangkit tenaga game global telah berebut untuk mengambil pembuat game indie berkualitas tinggi dalam beberapa tahun terakhir, yang sedang berjuang dengan kelangkaan, kata dua sumber.

Dua orang mengatakan bahwa eksekutif senior Tencent melakukan perjalanan ke Prancis pada bulan Mei untuk bertemu dengan keluarga Guillemot tentang pembelian tersebut.

stres rumah

Regulator game di China belum memberikan lisensi game baru apa pun kepada Tencent di dalam negeri sejak Juni tahun lalu, sebelum membekukan persetujuan untuk game selama hampir sembilan bulan. Sejak melanjutkan persetujuan pada bulan April tahun ini, perusahaan belum memasukkan salah satu dari empat batch terakhir. Baca lebih banyak

READ  4 set Sim baru yang mengguncang malam hari, untuk Sim dewasa dan anak-anak

Pada bulan Mei, Tencent melaporkan bahwa pendapatan game domestik turun 1% pada kuartal pertama sementara pendapatan game internasional naik 4%.

Tencent, yang memiliki saham di pengembang video game AS Epic Games dan Riot Games, mengatakan pada bulan Juni bahwa mereka akan meluncurkan game mobile andalannya “Honor of Kings” secara global pada akhir tahun. Baca lebih banyak

Pada tahun 2016, ia membeli saham mayoritas di pembuat game seluler Supercell, “Clash of Clans” dengan harga sekitar $8,6 miliar, salah satu kesepakatan game terbesar di dunia sepanjang masa.

Itu juga memiliki 9% dari perusahaan video game Inggris Frontier Developments dan mengatakan tahun lalu akan membeli pengembang Inggris lainnya Sumo dalam kesepakatan $ 1,3 miliar. Baca lebih banyak

Ubisoft, yang judulnya juga termasuk “Prince of Persia” dan “Rainbow Six,” pada Mei memperkirakan penurunan laba operasional untuk 2022-23 setelah perusahaan mengumumkan pendapatan operasional untuk 2021-22 yang tidak dilaporkan. Baca lebih banyak

(1 dolar = 0,9819 euro)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Pamela Barbaglia di London, Sudeep Kar Gupta dan Richard Love di Paris. Diedit oleh Sumit Chatterjee, Jason Neely dan David Evans

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.