November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Eksklusif: Bank mengalihkan pasokan emas dari India ke China dan Turki

Eksklusif: Bank mengalihkan pasokan emas dari India ke China dan Turki

MUMBAI (Reuters) – Bank-bank pemasok emas telah mengurangi pengiriman ke India menjelang festival-festival besar demi fokus pada China, Turki dan pasar-pasar lain dengan premi yang lebih baik, tiga pejabat bank dan dua operator brankas mengatakan kepada Reuters.

Itu bisa menyebabkan kelangkaan di pasar emas terbesar kedua di dunia, dan memaksa pembeli India untuk mulai membayar premi besar untuk pasokan saat musim puncak permintaan mendekat.

Pemasok Emas Utama ke India – Termasuk ICBC Standard Bank, JPMorgan dan Standard Chartered (STAN.L) Biasanya lebih banyak emas diimpor sebelum festival dan disimpan di brankas.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pada hari Selasa, sumber mengatakan, brankas sekarang berisi kurang dari 10% dari emas yang mereka pegang setahun lalu.

“Idealnya, harus ada beberapa ton emas di brankas selama tahun ini. Tapi sekarang kami hanya punya beberapa kilo,” kata seorang petugas brankas di Mumbai.

JPMorgan, ICBC dan Standard Chartered menolak berkomentar.

Di India, premi pada standar harga emas internasional telah turun menjadi $1 menjadi $2 per ounce, dari sekitar $4 pada waktu yang sama tahun lalu.

Premi telah turun tajam karena celah yang sekarang ditutup yang telah menyebabkan beberapa rumah perdagangan India mengimpor emas sebagai batangan platinum dengan tarif rendah, memungkinkan beberapa untuk menawarkan emas dengan harga diskon, Chanda Venkatesh, direktur pelaksana dealer emas batangan CapsGold yang berbasis di Hyderabad, dikatakan.

Ini kontras dengan premi asuransi $ 20-45 yang ditawarkan di China, konsumen terbesar, didukung oleh permintaan yang terpendam setelah penguncian terkait COVID, dan $ 80 di Turki, di mana impor emas naik tajam di belakang inflasi yang merajalela.

READ  Di tengah PHK massal di Twitter, PBB mendesak Elon Musk untuk 'memastikan hak asasi manusia adalah pusat' bagi manajemen perusahaan

“Bank akan menjual di mana mereka akan mendapatkan harga yang lebih tinggi,” kata seorang pejabat di Mumbai dengan pemasok emas batangan terkemuka.

“Pembeli di China dan Turki saat ini membayar premi yang sangat tinggi. Tidak ada perbandingan jika kita menyamakannya dengan pasar India,” kata pejabat yang menolak disebutkan namanya karena kebijakan bank tersebut.

Impor emas India pada September turun 30 persen dari tahun lalu menjadi 68 ton, sementara impor emas Turki naik 543 persen. Impor emas bersih China melalui Hong Kong melonjak hampir 40% ke level tertinggi dalam lebih dari empat tahun di bulan Agustus.

Orang India akan merayakan Dussehra, Diwali dan Danteras pada bulan Oktober, ketika membeli emas dianggap menguntungkan. Setelah festival ini, musim pernikahan dimulai, yang merupakan salah satu pendorong terbesar pembelian emas di India.

Seorang pedagang emas batangan yang berbasis di Mumbai yang memiliki bank mengatakan saham dengan perbendaharaan yang tipis dapat memaksa pembeli India membayar premi besar untuk mengamankan pasokan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Rajendra Jadhav melaporkan; Pelaporan tambahan oleh Urban Varghese di Bengaluru. Diedit oleh Jean Harvey

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.