September 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ekonomi AS menyusut 1,6% pada kuartal pertama, menambah kekhawatiran resesi

Ekonomi AS menyusut 1,6% pada kuartal pertama, menambah kekhawatiran resesi

Dengan seperempat dari pertumbuhan ekonomi negatif yang tercatat, data menambah kekhawatiran bahwa resesi mungkin membayangi.

PDB riil turun pada tingkat tahunan 1,6% dari Januari hingga Maret, menurut tinjauan ketiga dan terakhir BEA untuk kuartal tersebut.

Sebelumnya, perkiraan sebelumnya yang dirilis pada bulan April menunjukkan kontraksi sebesar 1,4%. Bulan lalu, itu direvisi turun menjadi 1,5%.

Kinerja PDB kuartal pertama, yang ditunjukkan FBI termasuk beberapa dampak yang tidak terukur dari pandemi dan kenaikan variabel di Omicron, berbeda dengan kuartal keempat 2021, ketika ekonomi tumbuh 6,9% dari kuartal sebelumnya.

Namun, kuartal pertama 2022 menandai awal invasi Rusia ke Ukraina, yang mengirimkan gelombang ekonomi ke seluruh rantai pasokan global, serta pasar makanan, keuangan, dan energi.

Di dalam negeri, inflasi AS telah meningkat ke tingkat yang tidak terlihat dalam beberapa dekade di tengah tantangan rantai pasokan yang sedang berlangsung, kenaikan biaya barang dan tenaga kerja dan harga minyak yang lebih tinggi.

Biro Perdagangan dan Industri mengaitkan penurunan 0,1 poin persentase baru-baru ini dengan pertumbuhan belanja konsumen yang lebih lambat dari perkiraan, meskipun itu sebagian diimbangi oleh keuntungan dalam investasi inventaris swasta.

Shannon Serry, seorang ekonom di Wells Fargo, mengatakan pergeseran perkiraan belanja konsumen memberikan penekanan tambahan pada data terbaru pada indeks harga PCE, salah satu metrik inflasi pilihan Fed. Laporan terbaru akan dirilis pada hari Kamis.

Siri mengatakan Wells Fargo memperkirakan resesi ringan pada kuartal kedua tahun 2023, meskipun keuangan rumah tangga yang kuat dan neraca konsumen dan bisnis yang kuat akan menopang penurunan sedemikian rupa sehingga, jika itu terjadi, akan sedikit dijinakkan.

Sedangkan resesi umumnya didefinisikan sebagai penurunan dua kuartal berturut-turut dari PDB, Ini bukan aturan yang ketat, terutama bagi orang-orang yang membuat keputusan resmi. Biro Riset Ekonomi Nasional, penengah resesi AS, mempelajari berbagai indikator selain kinerja PDB Definisikan stagnasi sebagai “penurunan tajam dalam kegiatan ekonomi yang menyebar ke seluruh perekonomian dan berlangsung lebih dari beberapa bulan”.

Perkiraan awal kinerja PDB untuk kuartal kedua akan dirilis pada 28 Juli.

READ  Disney, perusahaan AS lainnya menawarkan manfaat perjalanan aborsi setelah keputusan Rowe