Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Drone angkatan laut MAGURA V5 buatan Ukraina menenggelamkan kapal patroli Rusia Sergei Kotov

Drone angkatan laut MAGURA V5 buatan Ukraina menenggelamkan kapal patroli Rusia Sergei Kotov

Drone Angkatan Laut Ukraina milik Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan menenggelamkan salah satu kapal patroli Armada Laut Hitam Rusia pada Selasa pagi sebagai pukulan lain terhadap kekuatan angkatan laut Kremlin di wilayah tersebut, ungkap sumber HUR kepada Kyiv Post.

Bahan peledak yang dikendalikan dari jarak jauh oleh operator dari HUR itu menghantam kapal saat sedang berpatroli di Selat Kerch.

Menurut sumber tersebut, drone Angkatan Laut Ukraina, khususnya MAGURA V5, dikerahkan selama operasi tersebut. Sumber tersebut menolak mengungkapkan jumlah pasti drone yang digunakan dalam operasi tersebut.

Laporan dari Krymsky Vetter [Crimean Wind] Saluran telegram Pendengaran diindikasikan Ledakan di dekat pantai semenanjung Krimea yang diduduki dengan asap muncul di laut.

Belakangan, saluran Telegram menerbitkan klip video yang menunjukkan momen pasti ledakan tersebut.

Perusahaan Rusia yang mengoperasikan kereta penumpang menuju Semenanjung Krimea melaporkan bahwa beberapa kereta berhenti di dekat Semenanjung Krimea [Kerch] Jembatan karena lalu lintas berhenti di jembatan. Jembatan ditutup selama lebih dari delapan jam.

Dalam serangkaian serangan terhadap armada Rusia, drone Ukraina menenggelamkan Cesar Kunikov, salah satu kapal perang terberat Armada Laut Hitam Rusia yang masih bertahan, pada 14 Februari.

Setidaknya tiga kapal penyerang berisi bahan peledak dan dikendalikan dari jarak jauh oleh operator dari Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina (HUR), menabrak kapal serbu berat Cesar Kunikov ketika kapal tersebut berada di dekat pantai dari resor Alupka di Krimea.

Topik menarik lainnya

Jerman menuduh Putin memprovokasi perselisihan melalui “kebocoran penyadapan”

Bocoran yang muncul di media sosial Rusia itu mencakup rekaman berdurasi 38 menit di mana para peserta mendiskusikan potensi penggunaan dan dampak rudal Taurus buatan Jerman.

Drone Angkatan Laut Ukraina, khususnya MAGURA V5, juga dikerahkan selama operasi itu.

Dikembangkan di Ukraina, kendaraan tak berawak (USV) MAGURA V5 memiliki fitur keserbagunaan dalam operasi maritim, termasuk misi pengawasan, pengintaian, patroli, dan tempur.

Dengan bodi hidrodinamik dan kemampuan manuver yang lincah, V5 memancarkan kemampuan yang nyaris tersembunyi.

Kapal pesiar ini memiliki panjang 5,5 meter (18 kaki) dan lebar 1,5 meter (4,9 kaki), dan memiliki kecepatan jelajah 22 knot (40,7 kilometer per jam) dan kecepatan tertinggi 42 knot (77,8 kilometer per jam), dengan jangkauan sekitar 833 kilometer (518 mil). ).

SpecialTechnoExport dan pengembangnya menyoroti keterjangkauan dan fitur kontrol tak berawak, yang mengurangi kebutuhan sumber daya manusia dan risiko dalam lingkungan yang menantang, di Pameran Industri Pertahanan Internasional pada bulan Juli 2023.

Eksklusif Kyiv Post: HUR secara resmi mengonfirmasi bahwa drone Angkatan Laut Ukraina menenggelamkan kapal patroli Rusia Sergei Kotov

Bangkai kapal itu dikonfirmasi semalam di Kyiv Post dan sekarang di Telegram:

READ  Perang antara Israel dan Gaza: Jerman menyerukan lebih banyak bantuan dalam skala yang lebih besar