April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Disney menghadapi aktivis pemegang saham dalam kemenangan besar bagi Bob Iger

Disney menghadapi aktivis pemegang saham dalam kemenangan besar bagi Bob Iger


New York
CNN

Disney memenangkan pertarungan proksi yang sengit melawan sekelompok aktivis investor yang berusaha mendapatkan kursi di dewan direksi perusahaan. Pemungutan suara pemegang saham merupakan kemenangan yang menentukan bagi CEO Bob Iger.

Dewan Disney menang dengan apa yang disebut perusahaan sebagai “margin besar” atas nominasi yang diajukan oleh Trian Fund Management dan Blackwells Capital pada rapat pemegang saham tahunannya.

Iger tidak hanya mengalahkan Nelson Peltz dari Trian, dia juga mengalahkannya, menurut seseorang yang mengetahui penghitungan suara.

Tawaran Peltz untuk mendapatkan kursi di dewan menerima kurang dari sepertiga suara, atau sekitar 31%, menurut sumber tersebut. Jay Rasulo, mantan CFO Disney yang bergabung dalam penawaran Peltz, juga kalah dengan selisih yang besar, kata sumber itu.

Pemegang saham individu, yang memiliki sekitar 35% saham Disney, juga memberikan suara terbanyak – 75% – mendukung nominasi Disney. Namun, anggota dewan biasanya menerima total lebih besar dari tiga perempat suara, menunjukkan bahwa Peltz telah menarik minat yang kuat dari pemegang saham biasa.

Pada saat yang sama, Peltz telah menghabiskan banyak uang untuk pertarungan tersebut, dan fakta bahwa dia tidak terlalu dekat untuk memenangkan kursi di dewan sangatlah mengejutkan.

“Ini adalah kekalahan terbesar Peltz dalam pertarungan proksi,” kata orang yang mengetahui pemungutan suara tersebut.

Menyusul kekalahannya, Trian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan dia kecewa dengan hasilnya namun menghargai “dukungan dan dialog yang kami lakukan dengan pemangku kepentingan Disney.”

“Kami bangga dengan dampak yang kami buat dalam memfokuskan kembali perusahaan ini pada penciptaan nilai dan tata kelola yang baik,” bunyi pernyataan tersebut. “Kami akan memantau kinerja perusahaan dan fokus pada kesuksesan yang berkelanjutan.”

READ  Pengeluaran konsumen AS, inflasi inti melambat di bulan Mei

“Sekarang kami berada di balik persaingan dealer yang mengganggu, kami ingin memfokuskan 100% perhatian kami pada prioritas terpenting kami: pertumbuhan dan penciptaan nilai bagi pemegang saham kami dan keunggulan kreatif bagi klien kami,” kata Iger.

Pertarungan investor yang terjadi pada hari Rabu secara luas dilihat sebagai referendum terhadap Iger, yang sudah lebih dari satu tahun memasuki masa jabatan keduanya sebagai CEO.

Meskipun saham Disney telah meningkat hampir 50% selama enam bulan terakhir, beberapa investor – termasuk Trian dan Blackwells – mengharapkan keuntungan yang lebih tinggi dan perubahan yang lebih agresif dalam House of Mouse. Secara khusus, Trian ingin menyelaraskan gaji dengan kinerja para eksekutif kunci, mengembalikan dominasi Disney di box office dan memperluas margin keuntungan perusahaan.

Tantangan terbesar datang dari Trian, yang menominasikan pendirinya, Peltz, perampok perusahaan berusia 81 tahun, ke dalam dewan, bersama dengan Rasulo, mantan kepala keuangan Disney.

Peltz telah menyatakan perbedaan politik dengan Iger, yang menyemangati kampanyenya. Dalam wawancara baru-baru ini dengan Waktu keuanganPeltz meremehkan film “The Marvels” dan “Black Panther” karena mendorong apa yang sering disebut oleh Partai Republik sebagai agenda “terbangun”.

“Mengapa saya harus memiliki Marvel yang semuanya perempuan? Bukannya saya tidak menentang perempuan, tapi mengapa saya harus melakukan itu? Mengapa saya tidak bisa memiliki kedua Marvel? Mengapa saya memerlukan pemeran yang serba hitam? Mengapa saya harus memiliki Marvel yang semuanya perempuan? pemeran serba hitam? Kenapa aku harus punya pemeran Marvel yang semuanya perempuan? Kenapa aku harus punya pemeran serba hitam? Kenapa aku harus melakukan itu? Kenapa aku tidak bisa punya pemeran serba hitam? Kenapa aku harus punya pemeran serba hitam? -pemeran hitam? Mengapa saya harus memiliki pemeran serba hitam? Mengapa saya harus melakukan itu? Mengapa saya harus memiliki Marvel yang serba hitam? Mengapa saya harus memiliki pemeran serba hitam? Mengapa saya harus memiliki Marvel yang semuanya perempuan? Mengapa saya harus memiliki pemeran serba hitam? Mengapa saya harus melakukan itu? Mengapa saya tidak bisa memiliki kedua Marvel? Mengapa saya memerlukan pemeran serba hitam?” .

READ  85% dari penjualan saham Adani yang signifikan ditanggung sementara institusi menyuntikkan uang tunai

Disney tetap menjadi salah satu perusahaan media paling sukses di dunia, namun kerajaannya juga mengalami keruntuhan dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak permasalahan yang muncul akibat pekerjaan yang dijalankan konglomerat media pada tahun 2020-an: TV linear yang tadinya menguntungkan kini dengan cepat runtuh, sementara alternatif teoritisnya, layanan streaming, semakin menguras uang. Suku bunga yang tinggi berdampak buruk, dan penonton bioskop bosan dengan produksi dan sekuel terbaru Marvel.

“Dalam beberapa hal, tantangannya lebih besar dari yang saya perkirakan,” kata Iger tahun lalu dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

Peltz dan kontributor lainnya memanfaatkan kesalahan langkah tersebut untuk menggalang dukungan bagi perubahan. Trian Partners mengatakan dalam pengajuan peraturan bahwa mereka memperkirakan akan menghabiskan sekitar $25 juta untuk kampanyenya untuk kursi dewan.

Seandainya Trian berhasil mendapatkan kursi di dewan direksi, hal itu akan menjadi pukulan telak bagi reputasi Iger sebagai salah satu pemain paling berpengaruh di Hollywood. Hal ini akan memungkinkan para aktivis untuk membentuk atau mengganggu visi Iger untuk transformasi perusahaan.

Namun tidak jelas apakah rencana Peltz – yang pada dasarnya memaksimalkan keuntungan dan mengaitkan gaji eksekutif dengan kinerja – akan sangat berbeda dari apa yang sudah dilakukan Iger.

Setahun yang lalu, Iger mengumumkan bahwa dia memberhentikan 7.000 karyawan dan menerapkan rencana restrukturisasi yang bertujuan untuk merevitalisasi departemen kreatif inti Disney.

Ada tanda-tanda awal bahwa rencana perubahan haluannya berhasil. Pada bulan Februari, Disney mengejutkan investor dengan pendapatan kuartal pertama, mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan laba per saham sebesar 20% tahun ini.

Setelah mengalahkan Peltz dan Trian, setidaknya untuk saat ini, Iger kemungkinan memiliki landasan untuk fokus pada fase pertumbuhan rencananya, setidaknya sampai kontraknya berakhir pada tahun 2026, ketika Iger berjanji untuk mundur. Namun seorang mantan eksekutif Disney mengatakan perjuangan ini masih jauh dari selesai.

READ  Pembaruan langsung untuk pasar Asia: inflasi AS, yen BoJ

“Fakta bahwa hal ini mendapat banyak perhatian menunjukkan bahwa ada banyak ketidakpuasan,” kata mantan eksekutif yang enggan disebutkan namanya untuk berbicara terus terang. Oliver Darcy dari CNN berkata: Sebelum memberikan suara.

—Samantha Deloia dan Oliver Darcy dari CNN berkontribusi pada laporan ini.