September 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dia bertemu dengan Presiden Indonesia Zhelensky dan Putin dan menyerukan pembicaraan damai

Jakarta: Presiden Indonesia dan Presiden G20 Joko Widodo Widodo Dia berangkat ke Eropa pada hari Minggu, di mana dia berencana untuk melakukan perjalanan ke Rusia Ukraina Dan untuk bertemu dengan para pemimpin bangsa-bangsa dan mendesak pembicaraan damai.
Widodo berangkat ke Jerman untuk menghadiri KTT G7 sebagai tamu dari 26 hingga 27 Juni, setelah itu ia melakukan perjalanan ke ibukota Ukraina, Kiev, untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr. Zhelensky.
“Tugasnya adalah meminta Presiden Zhelensky untuk membuka forum perdamaian, membangun perdamaian karena perang harus dihentikan,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta.
Kedua pemimpin juga akan segera membahas “rantai pasokan pangan yang perlu diaktifkan kembali”, kata Widodo. Dari Kiev, Widodo Ke Moskow untuk Bertemu dengan Vladimir dari Rusia putin.
Pejabat Indonesia sebelumnya mengatakan kunjungan ke Moskow dijadwalkan pada 30 Juni.
“Dengan pemikiran itu, saya mendesak Presiden Putin untuk memulai dialog dan menyerukan gencatan senjata segera,” katanya. Sebelumnya pada April, dia mengumumkan telah mengundang Widodo Zhelensky untuk bergabung dengan para pemimpin dunia sebagai tamu di KTT G20 di Bali pada November 2022.
Indonesia memegang peran kepemimpinan bergilir G20 tahun ini dan telah ditekan oleh kekuatan Barat yang dipimpin AS untuk mengecualikan Rusia dari pertemuan tersebut.
Namun dia mengakui bahwa jumlah mereka tidak cukup untuk mengalahkan pemerintahan Putin.
Indonesia, seperti kebanyakan negara berkembang utama, telah berusaha untuk mempertahankan posisi netral dan telah menyerukan solusi damai untuk konflik selama berbulan-bulan.
Widodo menolak mengirim senjata ke Ukraina sebagai tanggapan atas permintaan Zelensky, alih-alih menawarkan bantuan kemanusiaan.
Setelah menyelesaikan tur Eropanya, Widodo melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab sebelum kembali ke Indonesia.
READ  Sentimen Unicorn Indonesia Putera berinvestasi di Bank Samporna