Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Di lepas pantai Gaza, truk-truk yang memuat bantuan berangkat dari dermaga militer Amerika, namun tidak diambil

Di lepas pantai Gaza, truk-truk yang memuat bantuan berangkat dari dermaga militer Amerika, namun tidak diambil



CNN

Setelah serangkaian insiden yang tidak menguntungkan, truk bantuan kemanusiaan kini tiba di dermaga militer AS di lepas pantai Gaza dengan kecepatan yang lebih stabil.

Namun permasalahan besar masih menghadang.

Militer AS mengatakan mereka kini mengangkut sekitar 800 palet bantuan kemanusiaan setiap hari ke Gaza melalui dermaga sementara, atau sekitar 40 truk. Namun saat ini, bantuan tersebut tidak membantu meringankan kondisi kemanusiaan yang memburuk di Gaza, di mana lebih dari dua juta orang menghadapi krisis, keadaan darurat, atau tingkat kerawanan pangan yang sangat parah, menurut perkiraan WHO. Laporan baru.

Para pejabat militer AS mengatakan lebih dari 6.000 palet bantuan yang dikirim melalui dermaga itu ditumpuk menunggu untuk diterima di pantai, tempat Program Pangan Dunia (WFP) telah menghentikan pengumpulan bantuan karena masalah keamanan.

CNN diizinkan mengakses dermaga tersebut pada hari Selasa untuk pertama kalinya sejak pertama kali dipasang di pantai Gaza bulan lalu, dan menyaksikan truk-truk muncul dari kapal logistik, melewati dermaga dan menuju pantai Gaza.

Leo Correa/AFP

Tentara Angkatan Darat AS berdiri di samping truk yang datang membawa bantuan kemanusiaan ke dermaga apung Trident yang dibangun AS sebelum mendarat di pantai Jalur Gaza pada 25 Juni 2024.

Dermaga ini terdiri dari platform terapung yang saling terkait yang terbuat dari ratusan ton baja yang bergetar setiap kali gelombang lewat di bawahnya. Kapal penarik di kedua sisi membantu menjaga platform tetap stabil. Kontingen militer Israel bertanggung jawab untuk memastikan keamanan personel militer AS dan pengemudi truk sipil di wilayah tersebut, dan sistem pertahanan udara C-RAM AS yang mampu mencegat mortir memberikan lapisan perlindungan tambahan.

READ  Prancis, Jerman, dan Spanyol setuju untuk memajukan pengembangan pesawat perang FCAS-Berlin

Kunjungan ini juga memberikan CNN kesempatan langka untuk melihat dari dekat kehancuran besar yang disebabkan oleh perang selama hampir sembilan bulan di pantai Gaza, di mana sebagian besar bangunan terlihat rata atau rusak parah.

CNN

Dermaga tersebut merupakan bagian dari upaya yang dipimpin AS untuk menciptakan koridor laut bagi pasokan kemanusiaan ke Gaza yang dilanda perang.

Selain gedung-gedung yang dibom, situasi kemanusiaan di Gaza kembali menjadi semakin menyedihkan, terutama di bagian utara Gaza Kelaparan sedang meningkat. Operasi bantuan kemanusiaan di Gaza sangat terhambat oleh meningkatnya operasi militer Israel selama sebulan terakhir, dan para pejabat kemanusiaan mengatakan kekacauan dan penjarahan sedang meningkat.

Militer Israel mengatakan pihaknya telah membawa ratusan truk bantuan ke Gaza baru-baru ini, menyalahkan kurangnya kapasitas lembaga-lembaga kemanusiaan karena tidak mengumpulkan dan mendistribusikan bantuan. Namun kelompok bantuan mengatakan upaya mereka terhambat oleh kurangnya komunikasi dengan militer Israel, sehingga menempatkan mereka pada risiko terjebak dalam baku tembak.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan rencana pembangunan dermaga tersebut dalam pidato kenegaraannya, dan berjanji bahwa hal itu akan “memungkinkan peningkatan besar-besaran” bantuan kemanusiaan yang mencapai Gaza.

Namun cuaca buruk dan gelombang besar menghambat upaya ini, merusak dermaga dan membuatnya tidak bisa digunakan selama berminggu-minggu selama satu setengah bulan terakhir.

Pentagon mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjaga dermaga tetap beroperasi, meskipun ada laporan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menutup proyek tersebut sama sekali.

Menanggapi kritik dari kelompok bantuan kemanusiaan bahwa upaya AS senilai $230 juta akan lebih baik jika digunakan untuk menekan Israel agar mengirimkan lebih banyak bantuan ke Gaza melalui jalur darat, Kapten Joel Stewart, perwira senior Angkatan Laut yang terlibat dalam operasi tersebut, mengatakan kepada CNN bahwa dermaga tersebut adalah tempat yang aman bagi Israel. tertutup. . Sasarannya selalu berupa “respon cepat” dan bukan “solusi jangka panjang”.

READ  Tank Leopard 2 Jerman telah tiba di Ukraina

“Lautan adalah pekerjaan yang sulit, Nona. Ini tidak dapat diprediksi. Setiap gelombang berbeda dari sebelumnya, jadi menghadapinya adalah sebuah tantangan, namun kami telah beradaptasi dengan hal tersebut dan saya pikir kami berada dalam posisi yang lebih baik sekarang dibandingkan saat kami berada di posisi sebelumnya. dimulai,” katanya.