Juni 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Desa Telangana Ash Mound Sisa-sisa Vulkanik Toba Supervolcano, Indonesia: Para Ahli

Desa Telangana Ash Mound Sisa-sisa Vulkanik Toba Supervolcano, Indonesia: Para Ahli

Gundukan abu yang baru-baru ini ditemukan di sebuah desa terpencil di distrik Medak Telangana mungkin merupakan abu vulkanik dari letusan gunung berapi Toba di Indonesia sekitar 75.000 tahun yang lalu, kata ahli sejarah dan peneliti lapangan dari Kota Telangana Charita Brindham (KTCB).

Gundukan bubuk putih ditemukan oleh P. V. Bhadrakirish, penyelidik lapangan tim, di dekat aliran Haritra, anak sungai Manjira, di desa Hastalapur di Narsapur. Penduduk setempat menggunakan bubuk ini untuk kapur.

Mengetahui lubang abu di pinggiran desa, Bhadrakrish menyelidiki gundukan abu yang disebut lokal. Sutta Gutta. Lapisan abu, yang terletak sekitar satu kilometer tenggara Narasimmaswamigutta di batas desa, tersebar dalam radius sekitar setengah kilometer hingga kedalaman dua kaki. Dia telah mengunjungi situs lukisan batu prasejarah di Bandaulagutta. Dipercaya bahwa abu tersebut berasal dari tungku peleburan besi.

Namun, penyelenggara KTCB Sriramoju Haragopal mengatakan abu telah diuji di laboratorium dan diidentifikasi sebagai abu vulkanik, menjadikannya situs pertama yang ditemukan di Telangana. “Kami mengumpulkan sampel abu dan mengujinya di laboratorium dan menemukan bahwa itu hampir tidak mengandung karbon, sedangkan kandungan belerangnya 5 mg per kg. Memeriksa partikel dalam abu di bawah mikroskop mengungkapkan bahwa partikel yang ditemukan di gunung berapi memiliki ujung yang tajam. . Lahar Abu. Diduga berasal dari letusan gunung Toba,” kata Harakopal.

Sriramoju Harakopal mengatakan, gundukan abu yang biasa ditemukan di bagian lain Telangana harus diperiksa ulang untuk mengetahui apakah mengandung abu vulkanik. (Foto Ekspres)

Panitia berkonsultasi dengan Sakilam Venugopal Rao, mantan Wakil Direktur Jenderal, Survei Geologi India (GSI). Ia mengatakan dapat dipastikan bahwa abu tersebut merupakan abu dari gunung berapi Toba yang meletus di Indonesia 75.000 tahun lalu. Situs abu Dhoba serupa telah ditemukan di desa Jvalapuram dekat Panaganapalli di Andhra Pradesh Oleh Nandy District dan Doba telah diidentifikasi sebagai sisa-sisa ledakan,” kata Harakopal.

READ  Scientex dalam usaha patungan untuk membangun perumahan yang terjangkau di Indonesia

Dia mengatakan abu dari gunung berapi Kepulauan Sumatera menyebar ribuan kilometer dan tersapu oleh arus air dan diendapkan di berbagai belahan dunia. “Desa Hastalapur terkenal karena lokasinya di tepi sungai Haritra, yang bergabung dengan sungai Manjira.”

Harakopal mengatakan gundukan abu yang biasa terlihat di bagian lain Telangana harus diperiksa ulang untuk mengetahui apakah mengandung abu vulkanik. Gundukan abu di bagian lain Telangana mungkin bukan gundukan abu prasejarah yang tercipta dari pembakaran kotoran ternak seperti yang diperkirakan sebelumnya.