Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dell meluncurkan laptop XPS 13, 14, dan 16 baru menjelang CES 2024

Dell meluncurkan laptop XPS 13, 14, dan 16 baru menjelang CES 2024

Dell bisa dibilang telah melakukan sedikit penyederhanaan dalam setahun terakhir. XPS 13 Plus hanya memiliki dua port USB-C dan tidak ada jack headphone. Hal ini juga berlaku pada XPS 13 tahun ini, namun tidak berlaku pada XPS 14 dan 16. Keduanya dilengkapi jack headphone, tiga port Thunderbolt 4 USB-C, dan slot kartu microSD. (Dell juga menyertakan adaptor USB C ke USB Tipe A dan HDMI di dalam kotaknya, yang tidak disertakan secara khusus dengan XPS 13.)

Semua laptop baru ini dilengkapi chip Core Ultra baru dari Intel, yang berarti mereka juga menyertakan NPU untuk menangani pekerjaan AI. Jadi, bahkan tanpa GPU khusus, ini masih bisa lebih berguna untuk beberapa pekerjaan kreatif daripada mesin XPS terbaru Dell (atau setidaknya, menghadirkan beberapa latar belakang Windows Studio Effect yang mematikan selama obrolan video). Namun jika Anda membutuhkan kekuatan grafis tambahan, XPS 14 dan 16 juga dapat dikonfigurasi dengan GPU NVIDIA RTX 40-series.

Setiap mesin XPS baru juga dilengkapi layar FHD+ dengan kecepatan refresh variabel, mulai dari 30Hz hingga 120Hz. Namun keduanya juga dapat dilengkapi dengan layar OLED: XPS 13 dan 14 memiliki layar OLED 3K opsional dengan kecepatan refresh maksimum masing-masing 60Hz dan 120Hz, sedangkan XPS 16 memiliki panel OLED 4K yang dapat mencapai 90Hz. Kecepatan refresh yang tinggi membuat perbedaan besar: Tahun lalu, banyak laptop produktivitas mencapai tampilan yang lebih mulus berkat kecepatan refresh yang lebih tinggi, jadi senang melihat hal ini akhirnya hadir di mesin XPS.

Dell XPS 14 (2024)

XPS 14. Lihat saja jack headphone itu! (Devendra Hardwar/Engadget)

Saya sedikit kecewa dengan XPS 13 Plus karena touchpadnya agak rewel dan sangat membutuhkan lebih banyak port. Namun sepertinya XPS 14 mungkin merupakan langkah maju yang awalnya dituju oleh Dell – terutama karena layar 14,5 incinya terlihat hampir sebesar 15 inci jika Anda sedikit menyipitkan mata. Ini juga relatif ringan dengan berat 3,7 pon (3,8 pon dengan OLED), sehingga merupakan potensi pembangkit tenaga listrik yang mudah untuk dipindahkan.

READ  Mode "Buta Warna" Tekken 8 menyebabkan migrain, pusing, dan muntah

XPS 16 juga tampak seperti pilihan yang sangat menarik bagi pengguna Windows yang menginginkan tampilan besar. Tentu saja, layar 16,3 incinya lebih kecil dari XPS 17 lama, tetapi juga lebih ringan setengah pon. Bagi banyak pengguna energi, pertukaran ini mungkin bermanfaat.

Jajaran XPS baru Dell akan segera hadir, dengan XPS 13 mulai dari $1.300, XPS 14 seharga $1.700, dan XPS 16 seharga $1.900.

Kami melaporkan secara langsung CES 2024 di Las Vegas pada 6-12 Januari. Ikuti terus semua berita terbaru dari acara tersebut Di Sini.