April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

David Breshears, pendaki gunung dan sutradara yang ikut memproduseri film dokumenter tentang Gunung Everest, meninggal dunia pada usia 68 tahun.

David Breshears, pendaki gunung dan sutradara yang ikut memproduseri film dokumenter tentang Gunung Everest, meninggal dunia pada usia 68 tahun.

MARBLEHEAD, Massachusetts (AP) — David BreshearsPendaki gunung, penulis dan sutradara yang ikut menyutradarai dan memproduseri film dokumenter IMAX tahun 1998 tentang pendakian Gunung Everest telah meninggal dunia, kata manajernya pada hari Sabtu. Dia berusia 68 tahun.

Breshears ditemukan tidak sadarkan diri di rumahnya di Marblehead, Massachusetts, pada hari Kamis, kata Ellen Gulbranson. Dia mengatakan suaminya meninggal karena sebab alamiah, namun “penyebab pasti kematiannya masih belum diketahui hingga saat ini.”

Breshears telah mendaki Gunung Everest sebanyak lima kali, termasuk menggunakan kamera IMAX pada tahun 1996, kata keluarganya.

“Dia memadukan kecintaannya pada pendakian dan fotografi hingga menjadi salah satu sutradara film petualangan yang paling dikagumi di dunia,” kata keluarga tersebut dalam keterangan tertulisnya.

Pada tahun 2007, Breshears mendirikan GlacierWorks, yang menggambarkan dirinya di Facebook sebagai organisasi nirlaba yang “menyoroti perubahan pada gletser Himalaya melalui seni, sains, dan petualangan.”

“Dengan GlacierWorks, dia menggunakan keahlian pendakian dan fotografinya untuk membuat rekaman unik yang mengungkap dampak dramatis perubahan iklim terhadap pegunungan bersejarah,” kata keluarganya.

Pada tahun 1983, Breshears menyiarkan gambar televisi langsung pertama dari puncak Everest, menurut situs webnya, yang juga menyatakan bahwa pada tahun 1985 ia menjadi warga negara Amerika pertama yang mencapai puncak dua kali.

Breshears dan timnya sedang syuting film dokumenter Gunung Everest ketika badai salju melanda gunung tersebut pada 10 Mei 1996, menewaskan delapan pendaki. Dia dan timnya berhenti syuting untuk membantu para pendaki.

READ  Chyna Shay menghadiri pernikahan Hannah Berner setelah mengabaikan Stacey