Juli 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

CPU terbaru Qualcomm menyalip M1 Apple dan menyusul M2

CPU terbaru Qualcomm menyalip M1 Apple dan menyusul M2

Apple telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan chip Apple Silicon “M” untuk komputer, memberikan kinerja lebih tanpa menghabiskan banyak daya. Di sisi lain, Qualcomm dan Microsoft berusaha mengembangkan pesaing perangkat Apple Silicon Mac. Meskipun upaya pertama tidak berhasil, tampaknya CPU terbaru Qualcomm akhirnya mengalahkan M1 Apple dan menyamai M2 dalam hal kinerja.

CPU baru Qualcomm hampir secepat M2

Sebagaimana dilaporkan Windows terbaruhasil benchmark untuk chip Snapdragon 8cx Gen 4 baru Qualcomm, yang secara internal dikenal sebagai “Hamoa”, Ditampilkan di Geekbech. Menariknya, versi sebelumnya adalah chip ARM dari Qualcomm Gagal mengalahkan M1 AppleInilah yang akhirnya terjadi.

Hasil tes Geekbench untuk CPU baru Qualcomm mengungkapkan skor single-core 1.197 dan skor multi-core 9.337.Snapdragon 8cx Gen 4 memiliki delapan core kinerja dan empat core efisiensi. M1 dan M2 masing-masing memiliki empat inti kinerja dan empat inti efisiensi. Tapi bagaimana perbandingan semua chip ini?

M1 Dan M2 masih merupakan single core yang jauh lebih baik. Namun karena chip Snapdragon baru memiliki lebih banyak core, ia mampu mengalahkan performa multi-core M1 dan mendekati performa M2.

inti tunggal Multi-inti
apel M1 2334 8316
apel M2 2589 9742
Snapdragon 8cx generasi ketiga 1107 5893
Snapdragon 8cx generasi keempat 1197 9337

Laporan tersebut menyatakan bahwa Snapdragon 8cx Gen 4 baru sedang dikembangkan oleh Nuvia, sebuah startup yang didirikan pada tahun 2019 oleh mantan insinyur dari tim Apple Silicon yang diakuisisi oleh Qualcomm pada tahun 2021 senilai $1,4 miliar. Para insinyur ini diyakini berada di balik perkembangan terkini prosesor ARM untuk PC Windows.

Angka bukanlah segalanya

Chip Apple M2 Ultra ARM

Tentu saja, angka kinerja mentah bukanlah segalanya, dan ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, karena chip Qualcomm memiliki lebih banyak inti, maka dayanya mungkin tidak seefisien chip Apple. Dengan kata lain, meskipun memberikan kinerja lebih tinggi, hal ini juga dapat menghabiskan lebih banyak daya — yang tidak baik untuk laptop dan tablet.

READ  Apakah Anda perlu memilih objek dari foto? Bagian mana yang melakukan hal itu

Hal lain yang perlu diingat adalah meski M2 sudah tersedia sejak tahun 2022, namun Snapdragon 8cx Gen 4 masih dalam tahap pengembangan. PC Windows pertama yang ditenagai chip baru Qualcomm diperkirakan akan memasuki pasar pada akhir tahun atau awal 2024.

Sementara itu, Apple sedang bersiap mengumumkan Mac pertama dengan chip M3, yang juga diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan. Dan karena M3 pasti akan memberikan peningkatan kinerja lagi pada Apple Silicon Mac, Qualcomm akan sibuk mencoba mengalahkan chip Apple untuk waktu yang lebih lama.

Namun, ada baiknya melihat perusahaan lain juga berinvestasi pada komputer berbasis ARM. Perusahaan yang perlu dikhawatirkan dalam situasi ini adalah Intel, yang sudah kalah dari Apple dan mungkin akan segera kehilangan vendor PC lainnya.

FTC: Kami menggunakan tautan afiliasi otomatis untuk memperoleh penghasilan. lagi.