Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Cognac Macron – Satu-satunya hal yang berjalan lancar bagi Xi – POLITICO

Cognac Macron – Satu-satunya hal yang berjalan lancar bagi Xi – POLITICO

“Kami menentang penggunaan krisis Ukraina untuk menyalahkan dan mendiskreditkan negara ketiga serta memicu Perang Dingin baru,” kata Xi pada hari Senin.

Referensi pada “Perang Dingin baru,” istilah yang sering digunakan Partai Komunis Tiongkok untuk mengkritik manuver geopolitik apa pun yang dilakukan Washington yang tidak menyenangkan Beijing, mungkin cocok dengan Macron, yang berupaya mengembangkan Eropa sebagai negara yang secara militer dan ekonomi mandiri secara strategis. kekuatan independen dari Eropa. Tiongkok atau Amerika Serikat.

Pada akhir hari pertama Presiden Xi di Paris, suasana di Elysee sangat optimis, dan banyak penasihat melihat secercah harapan dalam perundingan tersebut, terutama mengenai Ukraina.

Xi mungkin juga dapat membuat perpecahan antara Macron, von der Leyen, dan Olaf Schulz. | Foto kolam renang oleh Sarah Messonnier melalui AFP/Getty Images

Dalam pernyataan bersama kepada pers, Xi mengumumkan bahwa ia mendukung seruan presiden Prancis untuk melakukan “gencatan senjata Olimpiade”, yang dilihat Macron sebagai peluang untuk “berusaha menuju solusi berkelanjutan.” [of conflicts] “Dengan menghormati sepenuhnya hukum internasional.”

Namun dengan Rusia yang mendapatkan keuntungan di medan perang di Ukraina dan bersiap melancarkan serangan selama musim panas, pembicaraan mengenai gencatan senjata selama Olimpiade tampak hanya angan-angan mengingat kenyataan di lapangan.

Menurut Marc Julien, pakar Tiongkok di lembaga pemikir IFRI yang berbasis di Paris, niat baik Tiongkok terhadap masalah ini “bukanlah keuntungan nyata” bagi Prancis, karena hal itu adalah sesuatu yang diinginkan Beijing.

READ  Korea Utara telah melaporkan 15 kematian lagi, diduga COVID-19