Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Chris Mason: Kebijakan Pertahanan di Dunia yang Berbahaya

Chris Mason: Kebijakan Pertahanan di Dunia yang Berbahaya

  • Ditulis oleh Chris Mason
  • Editor Politik, BBC News

Di bawah sinar matahari musim semi yang dingin di pangkalan militer Polandia, sebuah tank yang berisik dan dipenuhi asap berputar pada sudut 90 derajat, logam di jalurnya bergesekan dengan beton.

Makhluk perang menjadi latar belakang kebijakan pertahanan.

Dunia yang berbahaya bertabrakan pada tahun pemilihan umum.

Pada tahun-tahun setelah Perang Dingin, banyak negara Barat memperoleh manfaat dari perdamaian.

Logika ini berarti bahwa dunia yang lebih aman berarti uang yang sebelumnya dibelanjakan untuk tentara, pesawat tempur, dan kapal induk dapat dibelanjakan untuk layanan kesehatan atau sekolah.

Namun keadaan telah berubah.

Ada konflik di Timur Tengah. Dan perang di Eropa.

Rishi Sunak melakukan perjalanan ke sini untuk bertemu dengan mitranya dari Polandia, Donald Tusk, dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Tapi Perdana Menteri datang ke sini dengan membawa pengumuman di sakunya juga.

Ia sadar akan ancaman-ancaman yang dihadapi Inggris secara internasional dan ancaman-ancaman internal yang dihadapi Inggris secara politik.

Dan jika Anda berbicara tentang komitmen belanja, siapa yang lebih baik daripada Kanselir Jeremy Hunt, serta Menteri Pertahanan Grant Shapps?

Sunak mengatakan dia ingin meningkatkan belanja pertahanan hingga 2,5% dari pendapatan nasional pada tahun 2030.

Pemerintah memperkirakan bahwa peningkatan total – dengan mempertimbangkan asumsi pertumbuhan ekonomi – akan berarti tambahan £75 miliar selama enam tahun ke depan.

Perdana Menteri membungkus rencana tersebut dengan retorika yang muluk-muluk, dan ya, jika dilaksanakan, hal ini akan menyebabkan peningkatan belanja pertahanan yang signifikan.

Dia mengklaim bahwa dana tersebut “didanai sepenuhnya tanpa peningkatan pinjaman atau utang.”

Sebagian besar dampaknya berasal dari PHK pada pegawai negeri sipil hingga ke tingkat sebelum pandemi. Para menteri percaya bahwa hal ini setara dengan pengurangan jumlah staf sekitar 70.000 orang.

Mereka berpendapat bahwa diperlukan staf tambahan untuk melewati pandemi ini dan mewujudkan Brexit, namun hal tersebut tidak diperlukan saat ini.

Masuk Berikutnya, Tindakan. Elemen kunci dari upaya Sir Keir Starmer untuk menemukan kembali partainya adalah dengan menutupi dirinya dengan bendera Union (atau bahkan bendera St George untuk Hari St George) dan menekankan komitmennya terhadap angkatan bersenjata.

Dia difoto dengan seragam tempur.

Dia menekankan komitmen Partai Buruh terhadap NATO.

Berbanding terbalik dengan Jeremy Corbyn.

Namun dalam hal pendanaan, janjinya tidak sekonkret janji Partai Konservatif.

Partai Buruh telah berjanji untuk meningkatkan belanja pertahanan hingga 2,5% dari pendapatan nasional ketika “sumber daya memungkinkan.”

Bagaimana reaksi mereka sekarang setelah Partai Konservatif berhasil mengalahkan mereka?

Beberapa jam setelah pidato Perdana Menteri, para menteri bayangan tampak tidak yakin.

Namun fakta bahwa dua partai terbesar di Westminster terlibat dalam perlombaan politik dalam bidang pertahanan memberi tahu Anda banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang keadaan dunia.

“Kehadiran Rusia sebagai tetangga harus dibayar mahal.

Kita harus memahami bahwa alternatif yang paling mahal adalah membiarkan Putin menang di Ukraina karena kita akan hidup di dunia yang jauh lebih berbahaya,” kata NATO. Sekretaris Jenderal memberi tahu saya.

Ya, pemimpin aliansi pertahanan cenderung selalu menginginkan lebih banyak uang untuk kepentingannya.

Tapi ini adalah pengamatan yang serius.