November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

China mengatakan AS "tidak berhak" untuk ikut campur dalam kesepakatan pelabuhan Hamburg

China mengatakan AS “tidak berhak” untuk ikut campur dalam kesepakatan pelabuhan Hamburg

BEIJING (Reuters) – Kementerian luar negeri China mengatakan pada Kamis bahwa Amerika Serikat “tidak berhak” untuk ikut campur dalam kerja sama China dengan Jerman, setelah Washington memperingatkan Beijing mengambil saham pengendali di pelabuhan Hamburg.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers harian di Beijing bahwa campur tangan AS adalah gejala dari praktik diplomasi koersifnya.

“Kerja sama praktis antara China dan Jerman adalah masalah kedua negara berdaulat, dan Amerika Serikat tidak boleh menyerang tanpa alasan dan tidak berhak untuk campur tangan dan campur tangan,” kata Zhao Kamis, sehari sebelum Kanselir Jerman Olaf Schulz tiba di Beijing. Dalam kunjungan satu hari, ia diharapkan bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Raksasa pelayaran China Cosco mengajukan penawaran tahun lalu untuk mengakuisisi 35% saham di salah satu perusahaan logistik HHLA. (HHFGn.DE) Tiga terminal di pelabuhan terbesar Jerman, tetapi aliansi Jerman terbagi atas kesepakatan itu.

Pekan lalu, kabinet Jerman menyetujui investasi saham 24,9% oleh COSCO dalam apa yang digambarkan oleh sumber Kementerian Ekonomi sebagai “solusi darurat” untuk menyetujui kesepakatan tetapi mengurangi dampaknya.

Investasi yang Disetujui tidak memberi COSCO suara apa pun dalam keputusan manajemen atau strategis.

(sampul) oleh Eduardo Baptista, ditulis oleh Martin Quinn Pollard; Diedit oleh Raisa Kasulowski dan Kim Coogle

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Bagaimana Protes Iran Atas Aturan Berpakaian Memicu Kemarahan Publik