Februari 8, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

China membuka perbatasannya dengan Hong Kong setelah tiga tahun kontrol ketat


Hongkong
CNN

Pemerintah China pada Kamis mengumumkan akan membuka kembali perbatasannya dengan Hong Kong pada 8 Januari, hampir tiga tahun setelah sebagian besar ditutup dalam upaya menahan penyebaran Covid.

Hingga 60.000 penduduk Hong Kong akan dapat menyeberang ke daratan saat pembukaan kembali secara bertahap titik kontrol perbatasan dimulai, kata pemimpin Hong Kong John Lee kepada media pada hari Kamis setelah pengumuman dari Beijing.

Pergeseran ini akan menghilangkan apa yang dianggap sebagai karantina wajib bagi pelancong dari Hong Kong ke daratan. Semua pelancong akan diminta untuk menguji negatif Covid melalui tes PCR dalam waktu 48 jam sebelum transit, dan kuota penumpang berlaku untuk perjalanan di kedua arah.

Pembukaan kembali yang diumumkan datang pada hari yang sama ketika China akan mencabut persyaratan karantina untuk kedatangan internasional dan membatalkan sejumlah pembatasan Covid pada maskapai penerbangan sejak dimulainya pandemi.

Perubahan itu terjadi di tengah pembongkaran Covid-19 yang tiba-tiba oleh Beijing, setelah protes nasional. Pembukaan kembali daratan yang tampak setelah tiga tahun isolasi global yang dipaksakan sendiri, di mana upaya untuk melanjutkan transit reguler dengan Hong Kong telah berulang kali ditunda.

Sebagian besar penyeberangan perbatasan yang sebelumnya sibuk antara Hong Kong dan China daratan telah ditutup sejak awal 2020, sehingga membebani keluarga dan bisnis yang memiliki ikatan di kedua sisi.

Kuota tersebut mencakup 50.000 orang yang bepergian melalui tiga pos pemeriksaan darat, sedangkan 10.000 sisanya untuk orang yang bepergian melalui Bandara Internasional Hong Kong, dua dermaga feri, dan Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao.

Li mengatakan batasan itu tidak berlaku untuk penduduk Hong Kong yang melakukan perjalanan kembali ke Hong Kong dari daratan, atau warga negara China yang melakukan perjalanan ke daratan dari Hong Kong.

READ  Salma Al-Shehab, seorang aktivis Saudi, dijatuhi hukuman 34 tahun penjara karena tweeting

Selain pengujian, reservasi terlebih dahulu juga diperlukan untuk beberapa penerbangan.

Menurut pernyataan Dewan Negara China, penerbangan dari negara tetangga Hong Kong dan Makau ke China daratan akan dilanjutkan dan pembatasan kapasitas penumpang akan dicabut; Pernyataan itu mengatakan bahwa jumlah penerbangan akan meningkat secara “fase dan teratur”.

Titik kontrol perbatasan darat dan laut antara China daratan, Hong Kong, dan Makau juga akan dilanjutkan secara “bertahap dan teratur”.

Pernyataan itu menambahkan bahwa China juga akan melanjutkan pemberian visa turis dan bisnis kepada penduduk China daratan yang bepergian ke Hong Kong.