Cegah Radikalisme, PMII Jatim Hadirkan Mantan Kepala BNPT

Surabaya, Semarak.news– Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT),  Inspektur Jenderal (Purn.) Ansyaad Mbai  mengatakan cara yang tepat untuk mencegah berkembangnya paham radikal adalah dengan mengedepankan peran para ulama, ormas, parpol dan semua elemen masyarakat  untuk melawan provokasi dan propaganda radikalisme di media mainstream maupun media sosial.

Pernyataan tersebut Ia lontarkan saat mengisi seminar nasional di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang bertemakan Menangkal Gerakan Ideologi Khilafah dan Radikal di Indonesia, Kamis(5/4/2018).

Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur tersebut juga menghadirkan Gus Yahya Cholil Staquf (mantan juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid) dan DR. Ainur Rofiq Al-Amin yang merupakan mantan anggota kelompok HTI.

Seminar  tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi dalam mencegah berkembangnya pemahaman radikalisme di masyarakat, khususnya di kalangan para mahasiswa.

Pada kesempatan yang sama, Ansyaad Mbai  juga menyampaikan, fenomena jihad banyak disalah artikan karena se akan-akan surga di jual secara murah, padahal tidak demikian.

“Radikalisme yang selama ini terjadi membuat timbulnya kecurigaan global terhadap islam dan banyaknya perang saudara” pungkas Kepala BNPT di era SBY tersebut. (HA)

TINGGALKAN BALASAN