Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bursa Efek New York mengatakan kesalahan aneh yang menunjukkan saham Berkshire Hathaway anjlok 99,97% telah teratasi.

Bursa Efek New York mengatakan kesalahan aneh yang menunjukkan saham Berkshire Hathaway anjlok 99,97% telah teratasi.

zz/NDZ/Bintang Maks/IPx/AP

Bursa Efek New York mengatakan masalah teknis pada hari Senin ini terkait dengan mekanisme yang dirancang untuk mencegah harga saham berayun terlalu banyak.


New York
CNN

Bursa Efek New York mengatakan pada hari Senin bahwa masalah teknis yang menghentikan perdagangan beberapa saham utama dan menyebabkan saham Berkshire Hathaway turun 99,97% telah teratasi.

Dalam pembaruannya, NYSE mengatakan saham yang terkena dampak telah dibuka kembali dan “semua sistem saat ini beroperasi.”

InterContinental Exchange, perusahaan induk dari New York Stock Exchange, tidak menemukan indikasi bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh serangan siber, kata seorang eksekutif senior di sebuah bank besar yang berhubungan dengan ICE kepada CNN.

Sebaliknya, juru bicara NYSE mengatakan ada “masalah teknis” dengan kisaran harga seluruh industri yang “mengakibatkan” perdagangan hingga 40 token yang terdaftar di bursa NYSE Group.

NYSE mencatat bahwa kisaran harga ini dipublikasikan oleh Security Information Processor (SIP) dari Consolidated Tape Association (CTA). CTA, sebuah grup industri, bertanggung jawab untuk menerbitkan data dan penawaran perdagangan secara real-time.

Lusinan saham dihentikan sementara pada hari sebelumnya, sebuah tanda bahwa mereka diperdagangkan di luar kisaran batas atas dan bawah, menurut… Situs web Bursa Efek New York. Daftar ini mencakup Chipotle dan Berkshire Hathaway, perusahaan induk yang dijalankan oleh investor legendaris Warren Buffett.

Selama sekitar dua jam, saham Kelas A Berkshire Hathaway tercatat diperdagangkan hanya dengan harga $185,10 — harga yang menunjukkan kerugian sebesar 99,97%. Berkshire ditutup pada $627,400 pada hari Jumat.

Bursa Efek New York mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk “membatalkan” atau membatalkan semua perdagangan “salah” Berkshire antara pukul 09:50 ET dan 09:51 ET sebesar $603,718.30 atau kurang. Bursa saham mengatakan keputusan tersebut tidak memenuhi syarat untuk mengajukan banding, dan mengindikasikan bahwa mereka mungkin membatalkan perdagangan lebih lanjut.

READ  “Ini adalah permainan yang kalah,” kata Wedbush tentang GameStop Stock.

Seorang juru bicara SEC mengatakan kepada CNN: “Kami sedang memantau masalah ini dan berkomunikasi dengan pelaku pasar.”

Joe Saluzzi, salah satu pendiri Themis Trading, mengatakan kepada CNN bahwa penjelasan Bursa Efek New York sulit untuk diselaraskan dengan perdagangan aneh yang ditampilkan dalam rekaman itu.

“Saya tidak percaya penjelasan itu. Itu tidak masuk akal bagi saya,” kata Saluzzi, pakar struktur pasar dan penulis Broken Markets.

Data perdagangan yang disediakan oleh Refinitiv menunjukkan bahwa Berkshire Hathaway diperdagangkan pada $620,700 pada 09:44:32 Senin. Kemudian, tanpa penjelasan apa pun, sahamnya ambruk menjadi hanya $185,10.

“Tiba-tiba, ada angka $185. Tapi tidak ada yang bisa memotongnya tingkat demi tingkat, dan itulah yang Anda harapkan,” kata Saluzzi.

Masalah teknis tampaknya tidak mempengaruhi pergerakan pasar saham secara lebih luas Sebagian besar lebih rendah karena kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi.

Selain Berkshire, sebagian besar saham yang dihentikan dan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) diperdagangkan sedikit lebih tinggi atau lebih rendah.

Namun, Barrick Emas (emas), produsen emas dan tembaga Kanada, turun hanya 25 sen — turun 98,5% hari ini, menurut Refinitiv. Pada tengah hari, Barrick kembali normal, diperdagangkan pada $17,28 — naik 1,1% hari itu.

Kekuatan tanpa skala (SMR, pembuat teknologi reaktor nuklir modular yang go public, tercatat hanya dengan harga 13 sen, turun 98,5% pada hari itu. Setelah NuScale dibuka kembali, diperdagangkan pada $8,29, turun hanya 5%.

Cerita ini telah diperbarui dengan perkembangan dan konteks tambahan.