September 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bulan Purnama Agustus: Kapan Melihat Bulan Sturgeon Raksasa

Bulan Purnama Agustus: Kapan Melihat Bulan Sturgeon Raksasa

Namanya dari Suku asli Amerika Algonquin Setelah ikan sturgeon lebih mudah ditangkap di Great Lakes dan perairan lainnya selama tahun ini, bulan sturgeon mengakhiri rangkaian empat supermoon tahun 2022, yang dimulai pada Mei, menurut kalender petani kuno. Setelah matahari terbenam, lihatlah ke arah tenggara untuk menyaksikan terbitnya bulan raksasa ini. Ini akan mencapai iluminasi puncak pada 21:36 ET Kamis.

“Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi dan ini disebut supermoon,” kata Mike Hankey, direktur operasi American Meteor Society, melalui email. “Itu hanya titik normal di orbit Bulan. Di setiap ujungnya, Bulan sedikit lebih besar atau lebih kecil (pada bagian terjauhnya), tapi tidak banyak perbedaan.”

Kedekatan terdekat ini disebut perihelion, dan hanya sekitar 226.000 mil (363.300 km) dari Bumi, menurut NASA. Itu sebabnya supermoon juga tampak lebih terang dari bulan biasa. Jarak bulan dari Bumi berubah sepanjang bulan karena orbitnya bukan lingkaran sempurna, menurut kalender petani tua.
Jika Anda mengambil foto supermoon yang bagus, Anda dapat membagikannya di media sosial dengan tagar #NASAMoonSnap — frasa yang digunakan NASA untuk melacak konten yang terinspirasi bulan hingga peluncuran Artemis I akhir musim panas, uji terbang roket pertama dan pesawat ruang angkasa yang akan mengirim astronot masa depan ke bulan, menurut Tumblr NASA. Agensi membagikan Panduan memotret bulanIni akan membagikan konten beberapa pengguna di platform media sosialnya selama siaran peluncuran.

Bulan sturgeon akan mencuri sorotan dari hujan meteor Perseid yang memuncak pada Kamis hingga Sabtu.

“Fase bulan yang cerah berbahaya bagi hujan meteor karena menghilangkan meteor yang redup,” kata Hanke. “Bulan purnama atau hampir purnama mendominasi satu bagian langit, yang membuat bagian ini tidak diinginkan untuk pengamatan meteor. Bulan purnama juga berlangsung sepanjang malam, dan tidak meninggalkan jam kegelapan total, yang lebih disukai.”

Hujan meteor Perseid berlangsung dari 14 Juli hingga 1 September, dan puncaknya tahun ini hampir tidak akan terjadi pada pukul 11 ​​malam ET pada hari Jumat (03:00 UTC pada hari Sabtu), menurut BumiLangit. Pada tahun-tahun sebelumnya, Perseid adalah hujan yang sangat dinanti di Belahan Bumi Utara, di mana mereka biasanya lebih terlihat. Tapi itu hanya ketika bulan tidak dalam fase yang mendominasi langit.

Tahun ini, Perseid—yang tumbuh dalam jumlah dari larut malam hingga dini hari—paling terlihat pada awal Agustus ketika bulan tampak lebih kecil dan lebih redup. Pada tahun-tahun sebelumnya, itu lebih terlihat di langit yang hampir tanpa bulan.

Fragmen hujan berasal dari komet 109P/Swift-Tuttle, yang membutuhkan 133 tahun untuk mengorbit matahari hanya sekali, menurut NASA. Terakhir kali komet memasuki tata surya bagian dalam adalah pada tahun 1992.

Acara luar angkasa yang tersisa pada tahun 2022

Empat bulan purnama lagi akan terjadi tahun ini, menurut kalender petani kuno:
Suku asli Amerika lainnya memiliki nama yang berbeda untuk bulan purnama, seperti “bulan rumput kering” suku Cheyenne yang terjadi pada bulan September, dan “pohon pop” untuk suku Arapahoe untuk bulan purnama yang terjadi pada bulan Desember.
Cari tahu peristiwa puncak hujan meteor yang akan datang akhir tahun ini, menurut EarthSky panduan hujan meteor 2022:
  • Draconid: 8-9 Oktober
  • Orionid: 20-21 Oktober
  • Torres Selatan: 5 November
  • Torres Utara: 12 November
  • Leonid: 17-18 November
  • Geminid: 13-14 Desember
  • Ursid: 22-23 Desember
Dan akan ada lagi gerhana bulan total dan gerhana matahari sebagian pada tahun 2022, menurut kalender petani kuno. Gerhana matahari sebagian pada 25 Oktober akan terlihat oleh orang-orang di Greenland, Islandia, Eropa, Afrika timur laut, Timur Tengah, Asia Barat, India, dan Cina Barat.
Panduan Pemula untuk Bintang (Gambar milik CNN Digarisbawahi)

Gerhana bulan total pada 8 November dapat dilihat di Asia, Australia, Pasifik, Amerika Selatan, dan Amerika Utara antara pukul 3:01 pagi ET dan 8:58 pagi ET. Tetapi bagi orang-orang di Amerika Utara bagian timur, bulan akan terbenam selama waktu itu.

Kenakan kacamata gerhana yang sesuai untuk melihat gerhana matahari dengan aman, karena sinar matahari dapat merusak mata.