April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bulan kelaparan malam ini!  Mengapa bulan purnama pada tanggal 24 Februari disebut juga bulan salju atau baby moon?

Bulan kelaparan malam ini! Mengapa bulan purnama pada tanggal 24 Februari disebut juga bulan salju atau baby moon?

Sebut saja “Bulan Salju”, “Bulan Kelaparan”, atau “Bulan Kecil” — bulan purnama kedua di bulan Februari tahun 2024 memiliki banyak nama. Bulan purnama akan muncul pada 24 Februari. Menurut NASA, bulan purnama berikutnya akan terjadi pada pagi hari Sabtu, 24 Februari 2024, “akan muncul berlawanan dengan Matahari (di garis bujur Bumi) pada pukul 7:30 pagi EDT.”

Bulan purnama ini terjadi ketika bulan berada tepat di sisi bumi yang berlawanan dengan matahari. Live Science melaporkan bahwa “bulan salju” akan menjadi bulan terkecil sepanjang tahun karena akan terbit saat senja pada hari Sabtu.

Baca juga: Bulan Dingin 2023: apa itu dan kapan melihat bulan purnama terakhir

Space.com menjelaskan, bulan sebagian besar diterangi oleh sinar matahari. “Kadang-kadang orbit Bulan membawanya ke dalam bayangan Bumi. Bulan purnama bulan Februari akan keluar dari bayangan Bumi, karena orbit Bulan miring lima derajat terhadap bidang orbit Bumi, sehingga Bumi tidak langsung berada di antara Matahari dan Bulan,” kata laporan itu.

Baca juga: Bulan Dingin Natal 2023: Kapan dan di mana melihat setahun penuh terakhir

Oleh karena itu, bulan purnama ini disebut dengan beberapa nama

Bulan purnama pada tanggal 24 Februari disebut “minimoon” atau “minimoon” karena “ini hanya satu hari sebelum apogee (saat Bulan berada pada posisi terjauh dari Bumi dalam orbit ini) dan ini adalah minimoon, yang merupakan kebalikannya” Bulan super, NASA Dia berkata.

Baca juga: Mengapa bulan purnama ini disebut bulan stroberi? Berikut beberapa nama lain yang perlu Anda ketahui

Asal usul namanya sebagai “Bulan Salju” dimulai pada tahun 1930-an ketika Almanak Petani Maine mulai menerbitkan nama-nama “India” untuk bulan purnama. Menurut kalender ini, bulan purnama di bulan Februari disebut “Bulan Salju” atau “Bulan Badai” oleh suku-suku di Amerika Serikat bagian timur laut karena turunnya salju lebat pada musim tersebut.

READ  Lebih dari 3.000 jenis sel otak mengungkap rahasia kita

NASA berkata: “Kondisi cuaca buruk dan badai salju yang parah membuat perburuan menjadi sulit, sehingga bulan ini juga disebut Bulan Kelaparan.”

Baca juga: Supermoon: Bulan terbesar dan paling terang tahun 2023

Beberapa juga mencantumkan Wolf Moon sebagai nama Eropa Kuno untuk bulan purnama ini. Nama Eropa lainnya adalah Candle Moon, dikaitkan dengan Candlemas pada tanggal 2 Februari, meskipun ini juga bisa diterapkan pada bulan purnama bulan lalu, yang lebih dekat dengan Candlemas.

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris waktu nyata, berita terhangat, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!