Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bulan akan berubah menjadi merah saat gerhana bulan total pada Minggu malam

Bulan akan berubah menjadi merah saat gerhana bulan total pada Minggu malam

Placeholder saat memuat tindakan artikel

Gerhana bulan total pertama tahun 2022 akan mewarnai bulan menjadi merah pada Minggu malam. “Bulan Venus” penuh akan bermandikan cahaya perunggu berkarat akhir pekan ini saat bayangan Bumi menyapunya, menciptakan tontonan yang terlihat di sebagian besar Amerika Utara.

Hampir semua orang di negara tetangga Amerika Serikat akan menikmati pertunjukan, jika cuaca memungkinkan. Bagi mereka yang berada di California dan Pacific Northwest, hanya paruh kedua gerhana yang akan terlihat saat bulan merah anggur terbit. selama kuliah.

Dalam dua tahun, gerhana matahari lengkap akan melakukan perjalanan dari Texas ke Maine

Ini adalah yang pertama dari dua gerhana bulan total yang dapat dilihat dari Amerika Serikat tahun ini. Dijadwalkan berlangsung pada malam 7 November, pertunjukan berikutnya akan melewatkan bagian barat laut Amerika Utara dari pertunjukan Minggu malam.

Apa itu gerhana bulan total?

Gerhana dari segala bentuk terjadi ketika objek lain mengaburkan. Pada saat terjadi gerhana bulan total, Bumi diperantarai antara Matahari dan Bulan. Anda mungkin mengharapkannya untuk menghalangi sinar matahari mencapai bulan, dan membuatnya menghilang, tetapi itu tidak terjadi. Sebaliknya, sebagian sinar matahari di sekitar lingkar bumi merayap melalui atmosfer kita dan menyebar ke bulan.

Agar ini terjadi, Matahari, Bumi, dan Bulan harus berada dalam satu garis. Ini hanya terjadi saat bulan purnama.

gerhana matahari total, di sisi lain, terjadi selama bulan baru, ketika bulan tergelincir di antara bumi dan matahari. Ini memadamkan sinar matahari dari mencapai bagian sempit tanah, mengubah siang menjadi malam. Gerhana matahari juga memungkinkan korona putih matahari, atau atmosfer, terlihat, yang biasanya terhalang oleh sinar matahari yang terik.

READ  Lagu Cinta Ikan dan Pertarungan Modern: Perpustakaan Audio Bawah Laut untuk Mengungkapkan Bahasa Terdalam | Hewan liar

Gerhana matahari dan bulan datang berpasangan dengan jarak sekitar dua minggu; Gerhana matahari parsial terakhir, pada 30 April, terlihat dari Amerika Selatan.

Gerhana bulan total akan dimulai sebagai gerhana bulan yang tidak terlalu mencolok—penggelapan halus yang sulit dilihat oleh pengamat yang tidak terlatih. Ini adalah waktu ketika bagian terluas dan paling menyebar dari bayangan Bumi mulai menyapu permukaan bulan dari kiri bawah ke kanan atas.

Fase parsial gerhana akan terjadi, ketika tepi kegelapan, atau bagian tergelap dari bayangan Bumi, pertama kali bersentuhan dengan Bulan. Anda akan melihat selubung kegelapan melintasi bulan, yang ujungnya adalah kurva lembut yang mewakili bentuk Bumi. Kurva bayangan akan lebih lembut daripada kurva bulan, karena Bumi lebih besar.

Begitu bayangan menelannya utuh, warna bulan akan berubah menjadi merah. Itu karena satu-satunya cahaya yang mencapai bulan adalah yang mengalir melalui atmosfer bumi. Panjang gelombang yang lebih pendek/frekuensi cahaya yang lebih tinggi menyebar, hanya menyisakan panjang gelombang yang lebih panjang, yang berwarna merah, yang mampu menembus atmosfer pada sudut datang yang rendah. Ini adalah premis yang sama yang membuat matahari terbit dan terbenam menjadi merah. Karena itu, Anda melihat cahaya matahari terbit dan terbenam terus-menerus disinkronkan di bulan.

Gerhana maksimum terjadi ketika bulan terukir kuat ke dalam bayangan Bumi, terbenam dalam cahaya merah yang menakutkan. Warna gerhana bulan sebenarnya bervariasi tergantung pada seberapa tercemar atmosfer; Para astronom telah mengevaluasi gradien warna pada skala penjara bawah tanah, di mana nol mewakili gerhana yang hampir tidak terlihat dan angka empat mewakili gerhana tembaga. Diketahui bahwa letusan gunung berapi dan keberadaan aerosol mengurangi vitalitas gerhana bulan.

READ  Tonton Rocket Lab mencoba menangkap booster di udara dengan helikopter

Semua waktu yang tercantum adalah Waktu Bagian Timur:

Gerhana Penumbra dimulai: 21:32:05 ET

Mulai gerhana sebagian: 22:27:52 ET

Mulai kuliah: 23:29:03 ET

Gerhana Maks: 12:11:28 ET

akhir kuliah: 12:53:55 ET

Mengakhiri gerhana sebagian: 1:55:07 ET

Akhir Gerhana Penumbra: 2:50:49 ET

Nyata: Bagi beberapa orang di Pantai Barat, bulan tidak akan terbit sampai purnamanya telah dimulai. Moonrise di San Francisco, misalnya, diatur pada 20:06 PST, hanya 23 menit sebelum kuliah dimulai.

Seberapa istimewakah gerhana bulan total?

Gerhana bulan tidak seistimewa gerhana matahari total. Gerhana bulan dapat dilihat dari seluruh sisi malam Bumi, karena bulan dapat dilihat dari mana saja. Sebagian besar tempat mengalami satu atau dua gerhana bulan total setiap tahun.

Di sisi lain, gerhana matahari total hanya dapat dilihat dari lokasi tertentu rata-rata setiap 375 tahun sekali. Jejak perguruan tinggi mungkin hanya selebar satu mil, dan pengalamannya nyata. Hari berikutnya yang akan terlihat di Amerika Serikat adalah Senin, 8 April 2024.

Awan akan menyebar secara sporadis di Pantai Timur, Barat Internasional, Sierra Nevada, dan Barat Laut Pasifik. Bagian tengah negara akan melihat hamparan luas langit cerah yang cocok untuk dilihat.

Prediksi yang lebih akurat akan dibuat dalam beberapa hari mendatang.