Oktober 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Blinken mengatakan 'buku permainan' Rusia untuk invasi ke Ukraina sedang bergerak maju, tetapi perang masih bisa dihindari

Blinken mengatakan ‘buku permainan’ Rusia untuk invasi ke Ukraina sedang bergerak maju, tetapi perang masih bisa dihindari

“Seperti yang kami jelaskan, tampaknya apa pun yang menyebabkan invasi sebenarnya sedang terjadi,” kata Blinken di “State of the Union” CNN pada hari Minggu.

Kementerian Pertahanan Ukraina melaporkan lebih dari 100 pelanggaran gencatan senjata di Ukraina timur pada Sabtu dan mengatakan pengeboman berlanjut hingga Minggu, sementara pasukan Rusia tetap berada di Belarus untuk melanjutkan latihan militer yang seharusnya berakhir.

Blinken mengatakan kepada Dana Bash CNN bahwa dia khawatir bahwa perpanjangan latihan adalah tanda lain bahwa Rusia sedang membuka jalan untuk invasi, menyusul operasi “bendera palsu” minggu ini dan mobilisasi lebih dari 150.000 tentara Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina.

“Mereka sekarang membenarkan kelanjutan dari ‘latihan’ yang mereka katakan sekarang akan berakhir, kelanjutan dari latihan yang tidak dikutip pada situasi di Ukraina timur tanpa batas waktu – situasi yang mereka ciptakan dengan terus meningkatkan ketegangan,” kata Blinkin.

Namun, Blinken mengatakan Amerika Serikat akan terus berusaha mencari jalur diplomatik terakhir. ia mengatakan bahwa Presiden Joe Biden Dia siap untuk berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin “kapan saja dan dengan cara apa pun” jika itu membantu mencegah perang, dengan mengatakan bahwa pemerintahan Biden akan terus mengambil langkah apa pun untuk mencoba membujuk Moskow agar tidak menyerang Ukraina.

“Kami pikir Presiden Putin membuat keputusan, tetapi sampai tank benar-benar masuk, pesawat terbang, kami akan mengambil setiap kesempatan dan setiap menit untuk melihat apakah diplomasi masih dapat menghalangi Presiden Putin untuk bergerak maju dalam hal ini.” Dia berkata.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Dia berada di Jerman pada hari Sabtu, di mana dia bertemu dengan Wakil Presiden Kamala Harris di Konferensi Keamanan Munich. Zelensky mengatakan dia mendesak Amerika Serikat dan Eropa untuk tidak menunggu sanksi terhadap Rusia, dengan alasan bahwa mereka tidak akan membantu Ukraina jika mereka dipanggil hanya setelah invasi telah dimulai.

Blinken mengatakan pada hari Minggu bahwa Amerika Serikat tidak ingin mengungkapkan sanksi lebih awal karena itu akan “memungkinkan Rusia untuk mencoba berkomplot melawan mereka.”

READ  Biden menandatangani RUU Ukraina dan mencari bantuan $40 miliar dalam tanggapan Putin

“Sanksi itu terutama dimaksudkan untuk mencoba mencegah Rusia berperang,” katanya. “Begitu Anda memecat mereka, pencegah itu hilang dan sampai menit terakhir, selama kami dapat mencoba memberikan efek jera pada ini, kami akan mencoba melakukan itu.”

Jika Putin melanjutkan invasi, kata Blinken, AS dan NATO jelas bahwa mereka akan “menghadapi dia dan Rusia dengan sangat keras.”

Ditanya apakah Putin mungkin curang, Blinken berkata, “Selalu ada peluang, tetapi setiap indikasi yang kami lihat, setiap langkah yang dia ambil telah mengikuti permainan yang kami tetapkan untuk dilihat dunia di hadapan Amerika Serikat. Dewan Keamanan PBB, dia mengikuti skenario hampir secara harfiah.”

“Semua yang kami lihat menunjukkan bahwa ini sangat berbahaya, bahwa kami berada di ambang invasi,” tambahnya.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan kepada Bach dalam sebuah wawancara terpisah bahwa Putin “berperilaku dengan cara yang tidak dapat diprediksi.”

“Sangat sulit untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan orang lain dalam kenyataan, jauh di lubuk hati. Tapi sejauh ini, saya dapat mengatakan bahwa dia berperilaku dengan cara yang sangat sulit untuk diprediksi tetapi mungkin juga disengaja, yaitu bertindak dalam hal ini. jalan, karena itu membawa kebingungan ke laut, ‚ÄĚkata Niinisto. .

Blinken dijadwalkan bertemu akhir pekan ini dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Eropa, dalam apa yang bisa menjadi putaran lain dari pembicaraan diplomatik selama berminggu-minggu ketika pasukan Rusia terus membangun di perbatasan Ukraina. Namun Blinken mengatakan pertemuan itu akan dibatalkan jika terjadi invasi.

“Itu semua tergantung pada apa yang akan dilakukan Rusia dalam beberapa hari mendatang,” katanya. “Jika kamu tidak menyerang, aku akan berada di sana.”

READ  PM Israel bertemu Putin untuk membahas Ukraina

Manviena Suri dari CNN berkontribusi pada laporan ini.