April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Blinken menegaskan dukungannya yang “tegas” kepada Filipina dalam bentrokannya dengan Tiongkok di laut yang disengketakan

Blinken menegaskan dukungannya yang “tegas” kepada Filipina dalam bentrokannya dengan Tiongkok di laut yang disengketakan

MANILA, Filipina (AP) — Menteri Luar Negeri Antony Blinken menegaskan kembali “komitmen tegas” Washington pada hari Selasa untuk membantu membela Filipina jika terjadi serangan bersenjata terhadap pasukannya setelah… Bentrokan antara penjaga pantai Tiongkok dan Filipina Dalam perselisihan laut Cina Selatan Belakangan ini menjadi lebih agresif.

Blinken, pejabat tinggi terbaru yang mengunjungi negara sekutu AS itu, bertemu dengan mitranya dari Filipina Enrique Manalo pada hari Selasa sebelum bertemu secara terpisah dengan Presiden Ferdinand Marcos Jr. di Manila.

Presiden Joe Biden akan menjamu Marcos dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida untuk pertemuan KTT Gedung Putih pada bulan April. Ketiganya kemungkinan akan membahas kekhawatiran yang semakin besar mengenai masalah ini Tindakan Tiongkok semakin agresif Di Laut Cina Selatan dan program nuklir Korea Utara.

“Kami mendukung Filipina dan menjunjung tinggi komitmen pertahanan kami, termasuk di bawah Perjanjian Pertahanan Bersama,” kata Blinken dalam konferensi pers dengan Manalo.

“Kami mempunyai keprihatinan yang sama mengenai tindakan Republik Rakyat Tiongkok yang mengancam visi bersama kami mengenai kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, termasuk Laut Cina Selatan dan zona ekonomi eksklusif Filipina,” kata Blinken. dari China. Dia mengutip “pelanggaran berulang terhadap hukum internasional dan hak-hak Filipina: meriam air, penghalangan manuver, dan membayangi operasi berbahaya lainnya.”

Cegah Penjaga Pantai Tiongkok dan Meriam air digunakan untuk melawan kapal Filipina di dalam Konfrontasi dua minggu lalu Hal ini mengakibatkan seorang laksamana Filipina dan empat pelautnya terluka ringan di dekat kapal kedua Thomas Scholl yang disengketakan. Pertemuan tanggal 5 Maret di laut lepas juga menyebabkan dua tabrakan kecil antara kapal Tiongkok dan Filipina, dan mendorong Kementerian Luar Negeri di Manila memanggil wakil duta besar Tiongkok untuk melapor kepadanya sebagai protes terhadap tindakan penjaga pantai Tiongkok, yang dilakukan Filipina. dikatakan tidak dapat diterima.

READ  Qantas mengumumkan rencana penerbangan nonstop dari Sydney ke New York dan London | Qantas

Penjaga Pantai Tiongkok mengatakan pada saat itu bahwa mereka “mengambil tindakan pengendalian sesuai dengan hukum terhadap kapal-kapal Filipina yang secara ilegal menyusup ke perairan yang berdekatan dengan Renai Reef,” nama yang digunakan Beijing untuk Second Thomas Shoal.

Thomas Shoal II, yang diduduki oleh kontingen kecil Angkatan Laut Filipina tetapi dikepung oleh kapal Penjaga Pantai Tiongkok dan kapal sekutu lainnya, menjadi lokasi serangan. Beberapa pertempuran kecil yang menegangkan Antara kapal Penjaga Pantai Tiongkok dan Filipina tahun lalu. Namun para pejabat Filipina mengatakan konfrontasi awal bulan ini sangat serius karena menyebabkan cederanya personel angkatan laut dan kerusakan pada kapal mereka.

Blinken memperbarui peringatannya pada hari Selasa bahwa Amerika Serikat wajib melakukan hal tersebut berdasarkan Perjanjian Pertahanan Bersama tahun 1951. Pertahanan Filipina Jika pasukan, kapal, atau pesawat Filipina menjadi sasaran serangan bersenjata di mana pun di Laut Cina Selatan.

Di Beijing, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian menolak pernyataan Blinken terkait agresi China di Laut China Selatan.

“Amerika Serikat bukan pihak dalam masalah Laut Cina Selatan dan tidak berhak ikut campur dalam masalah maritim antara Tiongkok dan Filipina,” kata Lin. Dia menambahkan bahwa Tiongkok akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk secara tegas mempertahankan kedaulatan teritorial, hak dan kepentingan maritimnya, serta menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan.

Baik Blinken maupun Manalo menggambarkan aliansi perjanjian antara negara mereka berjalan dengan baik, namun mengakui adanya kemungkinan untuk berbuat lebih banyak. Mereka mengatakan upaya penguatan hubungan pertahanan tidak menyasar negara mana pun.

Beijing telah berulang kali mengatakan bahwa keputusan Marcos mengizinkannya Memperluas kehadiran militer AS di Filipina Berdasarkan perjanjian pertahanan tahun 2014, hal ini dapat merusak keamanan Tiongkok dan kawasan.

READ  Tentara Israel mengatakan kepada PBB bahwa seluruh 1,1 juta penduduk Gaza utara harus mengungsi dari selatan dalam waktu 24 jam

Pasukan AS dan Filipina berencana mengadakan latihan tempur tahunan terbesar mereka pada bulan April di Filipina. Zona tersebut akan mencakup wilayah utara yang berjarak satu laut dari Taiwan, yang diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya.

“Kami menegaskan kembali pandangan kami bahwa Filipina yang kuat dan mampu akan menjadi sekutu yang tangguh bagi Amerika Serikat,” kata Manalo.

“Aliansi ini semakin kuat, namun kita tidak hanya harus mempertahankannya, kita harus terus mempercepat momentumnya,” kata Blinken.

Di luar istana kepresidenan di Manila, puluhan aktivis sayap kiri merobek bendera tiruan Amerika dalam unjuk rasa yang riuh pada hari Selasa untuk menentang kunjungan Blinken dan keterlibatan Washington dalam perselisihan regional yang telah berlangsung lama.

Selain Tiongkok dan Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei memiliki klaim yang tumpang tindih di jalur perairan yang kaya sumber daya dan sibuk tersebut, yang merupakan jalur perdagangan utama global.

Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah Laut Cina Selatan. Dalam satu dekade terakhir, Tiongkok telah mengubah terumbu karang tandus menjadi tujuh pulau yang kini berfungsi Pangkalan pulau dilindungi oleh rudal – termasuk tiga landasan pacu – meningkatkan kemampuannya untuk memperkuat klaim teritorial dan melakukan patroli.

Sebagai tanggapannya, Washington memperkuat aliansi militer dan hubungan keamanan di kawasan Indo-Pasifik, termasuk dengan Filipina, Vietnam, dan negara-negara lain yang berselisih dengan Tiongkok di laut yang disengketakan.

Setelah Tiongkok secara efektif menyita pulau karang lain yang disengketakan – Scarborough Shoal di lepas pantai barat laut Filipina – pada tahun 2012, Manila merujuk perselisihannya dengan Beijing ke arbitrase internasional dan sebagian besar menang. Namun, Tiongkok menolak keputusan pengadilan yang didukung PBB pada tahun 2016 yang membatalkan perluasan klaim mereka atas dasar sejarah, dan terus menentang keputusan tersebut.

READ  Bagaimana drama politik di Italia memaksa pemilihan

___

Jurnalis Associated Press Joel Calupitan dan Aaron Favela di Manila, Filipina, dan Christopher Bowden di Taipei, Taiwan, berkontribusi dalam laporan ini.