April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bitcoin mundur dari rekor tertinggi karena arus keluar ETF Grayscale mencapai $12 miliar

Bitcoin mundur dari rekor tertinggi karena arus keluar ETF Grayscale mencapai $12 miliar

Buka Intisari Editor secara gratis

Bitcoin telah anjlok 16 persen dari level tertinggi sepanjang masa pada minggu lalu, seiring dengan berbaliknya masuknya investor ke dana pasar saham baru yang menyebabkan reli besar-besaran tahun ini.

Mata uang kripto terbesar di dunia, yang mencapai $73.800 pada Kamis lalu, jatuh ke level terendah $60.760 pada hari Rabu sebelum pulih ke bawah $63.000.

Penurunannya terjadi karena arus keluar dari 11 dana baru yang diperdagangkan di bursa Bitcoin mencapai hampir $500 juta dalam dua hari terakhir, menurut data yang dikumpulkan oleh CoinShares, sebuah grup manajemen aset. Arus keluar terbesar terjadi di Grayscale, ETF bitcoin terbesar, yang menarik lebih dari $1 miliar dari dananya minggu ini.

Bitcoin telah melonjak ke level rekor tahun ini setelah regulator AS menyetujui ETF bitcoin pada bulan Januari setelah satu dekade penolakan. Uang telah melonjak ke sejumlah dana baru, dan ETF Bitcoin BlackRock adalah ETF tercepat dalam sejarah yang mencapai $10 miliar.

“Fakta bahwa terdapat entitas teregulasi yang menyediakan opsi investasi dalam bitcoin adalah sesuatu yang memberikan kepercayaan kepada investor, namun hal itu tidak mengubah sifat fundamental dari bitcoin itu sendiri,” kata Laith Khalaf, kepala analisis investasi di platform investasi AJ Bell di London.

“Bitcoin tidak memiliki fundamental apa pun yang menjadi acuan harga, sehingga lebih rentan terhadap fluktuasi signifikan dibandingkan aset lainnya,” tambahnya. “Tidak ada apa pun di sana yang dapat Anda gunakan sebagai rubrik.”

Aliran uang ke ETF baru telah dibatasi sejak Januari karena arus keluar yang sedang berlangsung di Grayscale, yang telah menarik lebih dari $12 miliar sejak Komisi Sekuritas dan Bursa setuju untuk mengubah dana bitcoin menjadi ETF.

READ  Rencana California untuk menghentikan truk diesel telah disetujui oleh EPA: NPR

Pada hari Rabu, ada lagi arus keluar sebesar $444 juta, menurut data Bloomberg. Grayscale menetapkan biaya ETF sebesar 1,5 persen, berbeda dengan pesaing seperti BlackRock, Fidelity, Ark Investment, dan Bitwise, yang telah mengurangi atau menghapuskan biaya untuk sementara untuk menarik klien baru.

BlackRock, ETF baru yang paling sukses, memiliki arus masuk sebesar $527 juta pada minggu ini, namun dana lain, seperti Invesco, Franklin Templeton, dan Valkyrie, memiliki arus masuk yang dapat diabaikan.

“Ada perpindahan ke ETF lain karena beberapa kelemahan pada produk Grayscale, tapi ini hanya koreksi harga kecil,” kata Joel Krueger, ahli strategi pasar di LMAX. “Kemunduran ini jauh dari kepanikan, kecemasan, atau kekhawatiran tentang Bitcoin yang mengalami penurunan parah.”

Video: Tambang Bitcoin dapat digunakan untuk menyimpan energi | Teknologi FT