April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bisakah matahari sadar?  Masuki dunia spiritualitas holistik yang tidak konvensional

Bisakah matahari sadar? Masuki dunia spiritualitas holistik yang tidak konvensional

Hakikat kesadaran, bagaimana ia muncul, dan bagaimana kaitannya dengan dunia fisik, telah menjadi topik perdebatan filosofis dan ilmiah utama sepanjang pemikiran umat manusia. Apakah pikiran dan tubuh terpisah? Beberapa orang percaya ya, yang lain percaya tidak, tetapi kelompok ketiga mengungkapkan gagasan yang menengah dan lebih radikal: segala sesuatu di alam semesta memiliki kesadaran, dan ini termasuk matahari.

Pandangan tentang alam semesta ini dikenal sebagai Spiritualitas holistik. Gagasan bahwa kesadaran muncul dari dunia fisik dikenal sebagai fisikisme, meskipun kita masih belum yakin mengapa hewan memiliki kesadaran. Sebaliknya, gagasan tentang pikiran dan materi sebagai entitas yang terpisah ditutupi oleh pandangan dualistik tentang dunia. Panpsikisme diciptakan sebagai jembatan antara keduanya. Kesadaran muncul dalam diri kita karena kesadaran ada dalam segala hal.

Konsep serupa telah terlihat di seluruh dunia dan selama ribuan tahun dalam agama dan filsafat. Konsep ini telah mengalami kebangkitan dalam filsafat analitik baru-baru ini, dan ada sebuah makalah yang sangat tidak ortodoks yang membahas kemungkinan kesadaran matahari yang ditulis oleh ahli biologi Rupert Sheldrake, yang terkenal karena karyanya dalam bidang morfo-resonansi – keyakinan bahwa organisme serupa entah bagaimana berbagi koneksi telepati dan koneksi telepati. Spesies-spesies ini berbagi ingatan kolektif.

di dalam kertas Diterbitkan dalam Journal of Consciousness Studies pada tahun 2021, Sheldrake membahas tentang kesadaran Matahari dan semua bintang lainnya. “Kesadaran, kesadaran, atau pengalaman mungkin ada dalam sistem yang mengatur dirinya sendiri pada berbagai tingkat kompleksitas,” jelas ahli biologi tersebut. Sheldrake mengatakan hal ini menjauhkan kita dari ketertarikan fisika pada bagaimana kesadaran muncul dari sistem yang sederhana, dan malah membawa kesadaran ke dalam bintang, tata surya, galaksi, dan alam semesta secara keseluruhan.

READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb menangkap gambar tajam Neptunus dan cincinnya

“Kesadaran tidak harus dibatasi pada pikiran,” kata Sheldrake. Mekanika Populer. “Hubungan antara pikiran dan sistem fisik nampaknya melalui medan elektromagnetik ritmis, yang tentu saja ada di otak kita. Mereka juga ada di dalam dan di sekitar Matahari, dan bisa berfungsi sebagai antarmuka antara pikiran matahari dan tubuh matahari. “

Saat ini, ada banyak argumen filosofis dan ilmiah yang menantang teori psikologi universal, namun dalam makalah ini, kami sangat tertarik dengan konsekuensi yang akan terjadi terhadap Matahari yang sadar dan 100 miliar bintang sadar lainnya yang membentuk Bima Sakti. Salah satu hasil yang diusulkan, misalnya, adalah bahwa bintang dapat bergerak dengan memancarkan pancaran terarah yang menempatkannya di tempat yang Anda inginkan.

Menurut penelitian Sheldrake, beberapa pihak berpendapat bahwa bintang tidak bergerak di bawah pengaruh gravitasi materi gelap, melainkan mengorientasikan dirinya ke posisi yang sesuai. Seperti biasa, klaim luar biasa memerlukan bukti luar biasa. Meskipun jet bintang ada di banyak objek, jet tersebut tidak pernah menjadi sarana bagi bintang untuk bergerak.

Ada juga peta Bima Sakti yang menakjubkan berkat Observatorium Gaia milik Badan Antariksa Eropa. Ini tidak hanya merinci lokasi hampir dua miliar bintang, tetapi juga pergerakannya. Data ini memungkinkan kita memutar kembali waktu di Bima Sakti dan melihat bagaimana bintang-bintang berpindah selama miliaran tahun.

Jika ada gerakan bintang yang tidak mematuhi hukum gravitasi di alam semesta tempat materi gelap seharusnya ada, para ilmuwan pasti akan berteriak karenanya. Pergerakan bintang-bintang seolah-olah ada lebih banyak materi daripada yang bisa kita lihat adalah asal usul materi gelap.

Banyak argumen dalam makalah ini bergantung pada medan magnet Matahari dan sifat kompleksnya. Namun jika kita ingin melihat sesuatu yang lebih kompleks, kita harus melihat medan magnet Uranus. Berbeda dengan dinamo matahari atau magnetosfer Bumi, medan magnet Uranus berada di luar pusat, dapat membuka dan menutup setiap hari, serta berfluktuasi. Jauh lebih kompleks daripada Matahari, tapi mungkin “Apakah Uranus sadar?” Itu tidak memiliki nada yang sama.

READ  Stok Mesin Intuitif (LUNR) melonjak setelah Odysseus mendarat di bulan
[H/T: Popular Mechanics]