Oktober 6, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Biden mempertanyakan akun Saudi tentang diskusi pembunuhan Khashoggi

Biden mempertanyakan akun Saudi tentang diskusi pembunuhan Khashoggi

(Reuters) – Presiden AS Joe Biden dan Arab Saudi pada Sabtu berbeda pendapat mengenai versi diskusi mereka pada pertemuan puncak bilateral mengenai pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada 2018, poin utama pertikaian antara kedua negara.

Badan-badan intelijen AS percaya Putra Mahkota Mohammed bin Salman memerintahkan pembunuhan Khashoggi pada 2018, seorang Saudi yang menjadi kritikus yang telah tinggal di pengasingan di Virginia. Penguasa Arab Saudi yang sebenarnya menyangkal hal ini.

Menanggapi wartawan setelah tiba di Gedung Putih dari perjalanan pertamanya ke Timur Tengah sebagai presiden, Biden membantah pernyataan menteri luar negeri Saudi bahwa dia tidak mendengar Biden menyalahkan Mohammed bin Salman atas pembunuhan kolumnis Washington Post, seorang kritikus setia tanah airnya. Kerajaan Arab Saudi.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Ketika ditanya apakah Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir mengatakan yang sebenarnya dalam narasi percakapan yang terjadi antara Biden dan putra mahkota, presiden mengatakan “tidak.”

Al-Jubeir mengatakan bahwa putra mahkota, yang dikenal sebagai Mohammed bin Salman, mengatakan kepada Biden bahwa kerajaan telah bertindak untuk mencegah kesalahan seperti pembunuhan Khashoggi terulang dan bahwa Amerika Serikat juga telah membuat kesalahan. Baca lebih banyak

Menteri mengatakan kepada Fox News pada hari Sabtu bahwa dia “tidak mendengar ungkapan khusus itu” dari Biden saat dia menyalahkan putra mahkota.

Seorang pejabat Saudi yang hadir pada pertemuan itu mengatakan bahwa pertukaran itu tidak seperti yang digambarkan oleh Presiden Biden dan bahwa diskusi tentang Khashoggi terjadi sebelum pertemuan resmi “secara informal.”

Pejabat itu mengatakan dia belum mendengar presiden memberi tahu putra mahkota bahwa dia menganggapnya bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi.

READ  Perang Rusia-Ukraina: Berita Terbaru - The New York Times

Biden ditanya apakah dia menyesal bertukar pertemuan pertama dengan Mohammed bin Salman pada hari Jumat, dan dia menjawab, “Mengapa kalian tidak membicarakan sesuatu yang penting? Saya senang menjawab pertanyaan penting.”

(Koreksi cerita ini untuk menghilangkan penyebutan bahwa Khashoggi adalah warga negara AS di paragraf kedua)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan tambahan oleh Shivam Patel di Bengaluru dan Aziz Al Yaqobi.) Diedit oleh William Mallard dan Raisa Kasulowski

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.