Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Biden dijadwalkan bertemu dengan Presiden Indonesia menjelang KTT G

Biden dijadwalkan bertemu dengan Presiden Indonesia menjelang KTT G

Seorang pejabat senior pemerintahan Biden, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan Biden dan Widodo akan menyetujui kerja sama baru di bidang pertahanan, termasuk keamanan siber, luar angkasa, latihan bersama, dan ancaman nuklir.

Terkait iklim, AS akan mengumumkan tindakan bersama Indonesia dalam penangkapan dan penyimpanan karbon, mendukung jaringan listrik, dan meningkatkan kualitas udara.

Reuters melaporkan pada hari Minggu bahwa kedua negara berupaya untuk memajukan kemitraan mineral potensial yang berfokus pada nikel logam baterai kendaraan listrik (EV), mengutip tiga orang yang mengetahui langsung pembicaraan tersebut.

Namun pemerintahan Biden masih mengkhawatirkan standar lingkungan, sosial, dan tata kelola di Indonesia dan sedang menjajaki cara kerja kesepakatan tersebut. Seorang pejabat AS mengatakan bahwa kedua belah pihak akan merilis rencana untuk mempersiapkan negara-negara tersebut melakukan negosiasi mengenai masalah tersebut.

Jokowi, yang dikenal sebagai presiden, diperkirakan akan menekan Biden tentang langkah-langkah untuk mengakhiri perang Israel dengan Hamas.

Indonesia, negara kepulauan dengan populasi 270 juta jiwa, adalah negara mayoritas Muslim terbesar. Menurut para pejabat Israel, banyak umat Islam yang marah atas dukungan Biden terhadap Israel setelah militan Hamas membunuh sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 200 orang. Para pejabat Palestina mengatakan lebih dari 11.000 warga Gaza telah tewas dalam serangan Israel.

“Presiden mengharapkan Indonesia memainkan peran yang lebih besar dan membantu kami” di Timur Tengah, kata pejabat AS tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut apa arti perluasan peran tersebut.

Seperti banyak negara tetangganya di Asia Tenggara, Indonesia memiliki hubungan erat secara ekonomi dengan Tiongkok dalam menghadapi konflik regional dengan negara tetangganya yang lebih besar dan ingin menghindari terjebak di tengah-tengah hubungan Washington-Beijing yang bermusuhan. Biden dijadwalkan bertemu dengan Xi pada hari Rabu.

READ  Para suporter membanjiri jalanan untuk memeriahkan parade kemenangan tim sepak bola Indonesia SEA Games

Pada pertemuan tersebut, Jakarta diperkirakan akan secara resmi meningkatkan hubungan dengan Washington ke tingkat diplomatik tertinggi. Biden juga akan mengumumkan pendanaan baru untuk industri semikonduktor Indonesia, kata sumber tersebut.

Kedua pemimpin juga akan membahas upaya diplomatik Indonesia ketika militer mengambil kendali atas negara tetangga Myanmar dalam kudeta tahun 2021 dan terlibat dalam konflik dengan aliansi pemberontak, kata seorang pejabat.

“Waktunya akan segera tiba ketika kita harus memikirkan langkah-langkah kita selanjutnya untuk menghadapi situasi yang tidak dapat diserang,” kata orang tersebut.

Jokowi, yang pertama kali terpilih pada tahun 2014, harus meninggalkan jabatannya tahun depan setelah menjabat maksimal dua periode.

(Laporan oleh Trevor Hunnicutt; Penyuntingan oleh Michael Perry)

Penafian: Laporan ini dibuat secara otomatis dari layanan berita Reuters. ThePrint tidak bertanggung jawab atas kontennya.