Mei 30, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berita Perang Langsung Rusia-Ukraina: Pemimpin Wagner mengancam akan mundur dari Bakhmut

kredit…Saluran Telegram Gubernur Krasnodar Veniamin Kondratyev, melalui Associated Press

Drone menghantam depot minyak dan kilang, memicu kebakaran besar. Ledakan itu tidak menggelincirkan, melainkan dua kereta barang. Selama beberapa hari terakhir, infrastruktur Rusia di dekat perbatasan Ukraina dan Krimea yang dikuasai Rusia telah menjadi sasaran berulang kali.

Ukraina belum secara langsung mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, yang terbaru tampaknya menghantam kilang minyak di wilayah Krasnodar selatan Rusia pada Jumat, menurut media pemerintah Rusia. Tetapi frekuensi serangan yang meningkat dapat membantu membuka jalan bagi serangan balasan yang menurut pejabat Ukraina akan segera dimulai, menurut analis militer.

Analis mengatakan bahwa meskipun serangan itu telah mendorong mundur garis depan perang, mereka telah menempatkan logistik Rusia di bawah tekanan, memaksa Moskow untuk menghabiskan sumber daya tambahan untuk membangun kembali infrastruktur yang rusak dan merencanakan pertahanan Rusia terhadap serangan balik. Ini juga memiliki efek psikologis, kata mereka, menembus aura tak terkalahkan Moskow atas tanah yang dikuasainya.

“Itu bagian dari persiapan untuk medan perang,” kata Johan Michel, seorang analis riset di International Institute for Strategic Studies. “Kamu melemahkan tubuh musuh di tempat yang berbeda untuk memastikan mereka tidak bergerak saat kamu benar-benar menyerang.”

Dia mengatakan serangan semacam itu tidak terutama dirancang untuk mencapai titik serangan balik di masa depan. Upaya Ukraina untuk mendapatkan kembali kendali teritorial, jika itu terjadi, diperkirakan akan fokus pada wilayah yang telah direbut Rusia sejak memulai invasi skala penuh lebih dari 14 bulan lalu, termasuk Donbass timur dan wilayah selatan Kherson dan Zaporizhia.

READ  Pemilu Brasil: Mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva memenangkan pemungutan suara tetapi bukan kemenangan langsung | Brazil

Tetapi Krimea, yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada tahun 2014, telah menjadi saluran utama pasokan dan pasukan yang mendukung pasukan pendudukan Rusia di Ukraina selatan, dan telah berulang kali diserang dalam beberapa bulan terakhir. Ukraina secara luas mengaku bertanggung jawab atas serangan di Krimea, meskipun jarang memberikan rincian. Tapi biasanya dirahasiakan tentang keterlibatan dalam serangan di tanah Rusia.

Mr Michel mengatakan serangan terhadap infrastruktur jauh dari garis depan dimaksudkan untuk menciptakan kemacetan dalam rantai pasokan militer, memaksa Rusia untuk mengalihkan sumber daya dan energi untuk mengisi kesenjangan, yang pada gilirannya mengekspos daerah lain.

Pemogokan telah berlipat ganda dalam beberapa hari terakhir. Kantor berita negara Rusia TASS melaporkan bahwa, pada hari Jumat, sebuah drone menyerang kilang minyak Elski di wilayah Krasnodar Rusia selama dua hari berturut-turut. Ia menambahkan, sempat terjadi kebakaran, namun berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa.

Pejabat Rusia melaporkan serangan di jalur kereta api di wilayah Bryansk Rusia pada hari Senin dan Selasa. Daerah itu adalah tempat persiapan untuk invasi pada bulan Februari tahun lalu, dan sejak itu telah digunakan sebagai tempat untuk serangan pesawat tak berawak di Ukraina.

Kebakaran juga terjadi pada Sabtu di Krimea, yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada 2014. Empat drone juga menyerang fasilitas penyimpanan pada Kamis di salah satu kilang minyak terbesar di wilayah Krasnodar selatan Rusia, menurut kantor berita Rusia TASS.

Inggris Laporan Intelijen Pertahanan Pada hari Kamis, dia berkata, “Gangguan penyimpanan bahan bakar dan jaringan distribusi kemungkinan akan memaksa Rusia untuk melakukan penyesuaian pada operasi pengisian bahan bakar militer Rusia untuk mengurangi penargetan.”

READ  Harapan menunjukkan bahwa Macron dan Le Pen akan memimpin pemilihan ulang Prancis

Dalam satu ukuran pentingnya Krimea untuk logistik militer Rusia, walikota kota Melitopol yang diduduki di Ukraina selatan mengatakan bulan lalu bahwa kurang dari sepertiga pasokan yang melewati kota yang ditujukan untuk pasukan Rusia berasal dari Krimea.

Sekutu Barat telah mendesak Ukraina untuk tidak menggunakan senjata jarak jauh yang baru disediakan untuk menyerang di dalam Rusia, karena khawatir serangan semacam itu dapat mendorong Kremlin untuk meningkatkan perangnya. Analis mengatakan Ukraina telah mengembangkan armada drone yang dapat melakukan perjalanan ratusan mil membawa amunisi. Pertahanan udara Rusia juga disiapkan untuk melindungi perbatasannya yang panjang dari pesawat dan rudal yang lebih besar, menurut Samuel Bendett, pakar Rusia di CNA Research Institute di Virginia.

Salah satu keuntungan Ukraina meluncurkan serangan drone, kata Bendett, adalah memaksa Rusia untuk mengungkapkan lokasi sistem pertahanan udaranya, membuat mereka rentan terhadap serangan di masa depan.

Selain itu, setiap serangan di Rusia dapat menyebabkan “trauma psikologis yang serius” dan mengurangi kendali Moskow atas wilayahnya sendiri, kata kolonel Ukraina, Petro Chernik, yang berhati-hati untuk tidak mengatakan bahwa militer Ukraina berada di balik serangan baru-baru ini.

“Segala sesuatu yang terjadi di wilayah Federasi Rusia dalam hal penghancuran bahan bakar, pelumas, dan bahan berharga lainnya memastikan bahwa perang itu sangat baik,” katanya kepada wartawan, Rabu.

Markus Santora Berkontribusi dalam penyusunan laporan.