Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berita langsung: Grup energi bersih ITM Power memperingatkan tentang pendapatan untuk ketiga kalinya dalam delapan bulan

Apakah Anda siap untuk Blue Monday, hari di awal minggu ini yang dihitung oleh mantan psikolog Universitas Cardiff Clive Arnall pada tahun 2005 sebagai 24 jam paling suram dalam kalender?

Kesimpulan Arnall Eldam tentang hari Senin ketiga di bulan pertama (yang sejak itu dia coba bantah) didasarkan pada analisis data, seperti survei konsumen, pengajuan perceraian, dan laporan cuaca. Kesimpulan utama yang diambil banyak dari kita dari analisis ini adalah bahwa tidak semua penelitian akademik baik untuk masyarakat.

Jika Anda seorang pemimpin atau CEO global, setidaknya Anda memiliki Forum Ekonomi Dunia di Davos untuk mengalihkan perhatian Anda dari kesedihan di bulan Januari. Tim FT Live juga akan berada di kota resor Swiss, menyelenggarakan beberapa acara tatap muka dan digital di mana para pemimpin politik, bisnis, dan keuangan akan berbagi wawasan tentang masalah besar yang sedang dibahas. Anda dapat melihat acara dan Daftar gratis di sini.

Untuk kita semua, kita hanya harus hidup dengan berita ekonomi yang suram di tahun 2023 dan berharap semuanya menjadi lebih baik.

Jika Anda berada di Inggris, fakta yang berlaku adalah pemogokan massal. Ini mungkin tidak mendekati ‘musim dingin ketidakpuasan’ kedua, setidaknya menurut kolega saya Jonathan Guthrie, tetapi pemungutan suara lain di antara pekerja ambulans ditetapkan untuk minggu ini sementara Uni Universitas dan Kolese mengumumkan gelombang 18 pemogokan baru minggu ini mencakup 150 universitas Inggris pada bulan Februari dan Maret setelah para anggotanya memilih minggu lalu untuk menolak tawaran pembayaran terbaru.

Protokol Irlandia Utara akan bangkit kembali dengan tenggat waktu Kamis untuk memulihkan pembagian kekuasaan di Stormont. Jangan berharap ini membuat Anda merasa lebih baik tentang kehidupan atau politik lintas batas.

READ  Kurangnya telur mendorong warga Selandia Baru untuk buru-buru membeli ayam mereka sendiri

Aktivis hak aborsi berbaris dari Washington Square Park ke Bryant Park di New York Juni lalu © Alex Kent / AFP / Getty Images

Hari Minggu menandai peringatan 50 tahun keputusan Mahkamah Agung AS Roe v. Wade yang mengabadikan hak konstitusional orang Amerika untuk melakukan aborsi. Ini, tentu saja, merupakan debat yang sangat hidup – bahkan sampai ke ruang rapat – setelah keputusan Mahkamah Agung tahun lalu untuk membatalkan keputusan tahun 1973. Aktivis anti-aborsi akan berbaris di Washington pada hari Jumat, mendorong komentar lebih lanjut tentang alasan yang mendasarinya. garis patahan politik di Amerika Serikat.

Minggu ini akan diakhiri dengan hari buatan manusia lainnya, kali ini berdasarkan astronomi: perayaan Tahun Baru Imlek. Gerakan massal tahun ini untuk mengunjungi keluarga dan teman untuk merayakan kesempatan tersebut akan terjadi sehubungan dengan meningkatnya tingkat Covid di China. Kekhawatiran tentang dampak penyebaran penyakit ini tinggi.

Sesuatu yang sedikit dinantikan adalah malam bersama kolumnis Financial Times, Martin Wolf. Bergabunglah dengan Martin dan para pemimpin pemikiran online lainnya untuk acara khusus pelanggan pada tanggal 31 Januari untuk membahas perubahan penting yang diperlukan di masa ketidakpastian global yang besar ini. Diskusi tersebut bertepatan dengan terbitnya buku baru Martin, Krisis kapitalisme demokratis. Daftar gratis di sini.

Data ekonomi

Toko Tunai Tesco di High Holborn, London

Kepala eksekutif Tesco Ken Murphy telah memperingatkan bahwa inflasi Inggris bisa naik lebih jauh. © Lukas McGregor / Bloomberg

Ini akan menjadi rangkaian yang penuh dengan data dari China, Inggris, dan AS minggu ini. Bank Sentral Eropa akan menerbitkan risalah pertemuan bulan Desember pada hari Kamis, dan para gubernur bank sentral akan membahas beberapa ekonomi regional dan global di Davos.

Tingkat inflasi Inggris akan diperbarui pada hari Rabu. Prospeknya tidak bagus, terutama setelah komentar baru-baru ini oleh kepala ekonom Bank of England Hugh Bell. Bahkan Ken Murphy, kepala eksekutif pengecer makanan terbesar di Inggris, Tesco, memperingatkan bahwa inflasi Inggris dapat meningkat lebih jauh. Rilis bulan lalu menunjukkan bahwa biaya hidup yang ditentukan oleh indeks harga konsumen adalah 10,7 persen di bulan November, turun dari 11,1 persen di bulan Oktober.

komp

Kami berada di tengah-tengah musim pendapatan pertama tahun 2023 dan ini adalah sekelompok besar perusahaan, terutama dari Eropa dan (ketika Wall Street kembali dari liburan Martin Luther King Day) AS.

Layanan pemesanan makanan online Just Eat Takeaway dan Deliveroo akan memberi tahu investor tentang penjualan meriah mereka masing-masing pada hari Rabu dan Kamis. Keduanya berada di bawah tekanan untuk mencapai peningkatan profitabilitas. Akhir dari penguncian tidak baik untuk aplikasi pemesanan makanan karena pelanggan memilih untuk kembali ke restoran.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah resesi akan membantu perusahaan-perusahaan ini – karena lebih banyak orang dibawa pulang daripada makan di luar – atau memukul mereka lebih jauh karena pelanggan dengan enggan kembali ke dapur mereka. Upaya untuk meningkatkan penjualan bahan makanan, melalui kemitraan dengan supermarket dan aplikasi kenyamanan seperti Getir, juga dapat memberi Deliveroo dan JET bagian dari pasar masakan rumahan.

Tahun lalu adalah tahun untuk melupakan Ocado Retail. Supermarket online, yang dimiliki bersama oleh Ocado – yang melaporkan angka pada hari Selasa – dan Marks and Spencer, berpisah dengan CEO Melanie Smith dan memperingatkan tentang pendapatan beberapa kali; Penjualannya diperkirakan akan menurun untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Seorang wanita berjalan melalui tas yang tidak diklaim di area pengambilan bagasi Southwest Airlines di Salt Lake City

Perhatian publik terfokus pada kesalahan teknis Southwest Airlines yang berbiaya rendah © Rick Bowmer / AP

Dalam pembaruan terbarunya di bulan September, Ocado mengatakan mengharapkan pertumbuhan pelanggan yang kuat dan pertumbuhan penjualan sekitar 5 persen untuk kuartal keempat. Ini akan serupa dengan pertumbuhan yang dicapai Tesco dan J Sainsbury minggu lalu, setelah pembeli Inggris berbelanja secara royal pada Natal pertama mereka dalam dua tahun agar tidak terganggu oleh Covid-19.

Maskapai penerbangan AS melaporkan pendapatan kuartal keempat dan setahun penuh karena perhatian publik terfokus pada gangguan teknis pada maskapai berbiaya rendah Southwest Airlines dan regulator penerbangan terbesar di negara itu yang menyebabkan krisis profil tinggi. Tetapi bagi sebagian besar maskapai penerbangan, berita tersebut kemungkinan besar akan cerah, karena (meskipun minat terhadap jet pribadi meningkat pasca-Covid) permintaan untuk penerbangan komersial meningkatkan keuntungan.

United Airlines akan melaporkan kembali pada hari Rabu. Harapkan CEO Scott Kirby memiliki beberapa kata pedas untuk Administrasi Penerbangan Federal AS, yang mengandangkan pesawat selama dua jam pada hari Rabu ketika file database yang rusak menyebabkan sistem keselamatan utama gagal. Selama musim panas, katanya, badan tersebut membutuhkan lebih banyak pengontrol lalu lintas udara.