Beragamnya Caleg Di Dalam Pileg 2019

Tahun ini yaitu tahun 2018, merupakan tahun politik dikarenakan tahun 2019 akan di adakan pesta demokrasi terbesar di Indonesia dan bahkan di nanti – nanti oleh masyarakat Indonesia, bahkan di dunia. Karena kita, yaitu Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ke tiga di dunia dan juga kita sudah berhasil sebanyak tiga kali di dalam melakukan pemilu yang aman, damai dan tenang. Suatu apresiasi, dikarenakan kita juga adalah negara berkembang. Sebagian dari negara asing menganggap bahwa kita telah betul – betul melaksanakan demokrasi dan menjunjung asas demokrasi.

Tapi apakah negara kita benar – benar menjalankan asas demokrasi atau kah hanya bagian kulit luar demokrasi saja yang kita jalan kan ?

Hal ini patut dipertanyakan kepada kita sebagai warga negara Indonesia dan juga perlu di koreksi lagi sebagai evaluasi apakah demokrasi yang kita jalani ini semakin baik atau justru semakin buruk. Masalah ini harus diperjelas lagi terutama di dalam pemilihan anggota legislatif yaitu DPR dan DPRD. Kita tentu setiap tahun melihat ada – ada saja kelakuan dari anggota DPR dan DPRD ini, yaaa bisa dikatakan selalu mempunyai sensasi yang berbeda – beda.

Pada tahun mendatang yaitu 2019, sungguh banyak sekali keunikan – keunikan yang akan terjadi dan juga merupakan suatu demam yang melanda di negeri ini. Yang dimana calon anggota legislatif sekarang bukan saja dari para akademisi ataupun dari tokoh – tokoh ormas dan parpol. Tahun ini justru sangat dimeriahkan oleh artis – artis, atlet dan bahkan menteri yang sedang aktif pun ikut mewarnai pileg 2019 nanti.

Banyak contoh yang bisa disebutkan seperti Anang Hermansyah, Krisdayanti, Ian Kasela, Taufik Hidayat, Ahmad Dani, Manohara, Arzeti, Ricky Subagja, Chris John,dan masih banyak lagi. Melihat deretan nama ini saja kita sudah berpikir bahwa artis sekarang sudah berlomba – lomba demi mendapatkan kursi legislatif di negeri ini.

Memang harus di apresiasi dimana minat mereka untuk terjun ke politik adalah niat bagus, tapi disamping itu apakah dampaknya ?

Masyarakat melihat bahwa badan legislatif sekarang justru cenderung tempat mengeruk keuntungan yang dimana para anggota periode sebelumnya dari badan ini, sering ditangkap karena berbagai kasus penyelewengan dana ataupun berkasus karena ucapannya yang dianggap tidak mencerminkan seorang wakil rakyat. Apalagi dengan banyaknya artis atau atlet yang ikut, citra badan legislatif ini semakin buruk. Diperparah lagi mereka juga berebut nyaleg di berbagai daerah yang sudah jelas bukan tempat tanah kelahirannya atau kampungnya.

Tapi terdapat beberapa calon yang nyaleg karena ditawari oleh partai politik dan menjanjikan dana untuk promosi mereka. Karena untuk nyaleg sendiri dibutuhkan dana yang sangat besar, bisa dikatakan jika mereka bekerja dengan jujur di badan legislatif ini jika terpilih, gaji mereka pun tidak akan cukup untuk mengganti semua uangnya yang telah dia pakai selama masa promosinya. Oleh karena itu, hal ini menjadi momentum oleh partai politik untuk menggaet para artis ataupun atlet untuk membiayai mereka dengan tujuan memperoleh suara yang lebih banyak agar partainya dapat menguasasi kursi lebih banyak di badan legislatif tersebut.

Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga dengan niat mereka untuk ikut terjun di dalam pemerintahan tetapi kita juga harus waspada dan selalu mengawasi mereka jika mereka sudah melenceng dari yang seharusnya. Dan jika kita juga sebagai warga negara juga harus aktif didalam menjalankan serta mematuhi segala kebijakan yang ada di Indonesia. Generasi muda juga harus aktif dan lebih peduli terhadap bangsa ini, karena mereka adalah calon pemimpin bangsa. Kalo bukan kita lalu siapa lagi ? Jayalah Indonesia ku !!! (NCW)

TINGGALKAN BALASAN